Yuk, Pelajari Manfaat Air Putih untuk Kesehatan Tubuh!

Manfaat air Putih untuk Kesehatan .Sebagian orang masih menganggap bahwa minum air putih itu hal biasa dan kurang penting. Orang seperti ini umumnya belum mengetahui manfaat air putih. Perlu diingat bahwa ciri hidup sehat adalah dengan rajin mengkonsumsi atau minum air putih.

Pernah mendengar istilah dehidrasi, kan? Yang menjadi penyebab adalah karena kekurangan cairan. Dan cairan yang paling bagus dan ampuh untuk melawannya hanyalah air putih. Ternyata, air putih juga dibutuhkan oleh organ penting manusia. Kenapa? Karena air dapat membantu tiap organ tubuh untuk menjalankan fungsinya dengan baik.

8 Manfaat Air Putih untuk Kesehatan Tubuh

Memproduksi saliva

Air liur terdiri dari apa sih? Ini sangat nyata, Air merupakan komponen utama yabg ada di air liur. Dalam air liur terdapat beberapa kandungan seperti lendir, enzim, dan elektrolit. Kesehatan mulut juga bergantung pada Saliva ini. Apalagi, Saliva juga membantu dalam pemecahan makanan padat.

Tubuh Anda umumnya menghasilkan saliva ataubair liur yang cukup dengan asupan cairan yang teratur. Namun, produksi air liur Anda dapat menurun karena terapi atau pengobatan, bahkan usia. Dan, satu solusi terampuh adalah perbanyak konsumsi air dengan rutin.

Sebagai pengatur suhu tubuh

Tetap terhidrasi sangat penting untuk menjaga suhu tubuh Anda. Cairan akan berkurang dari tubuh melalui keluarnya keringat saat sedang beraktivitas fisik, apalagi jika dilakukan di lingkungan yang langsung terpapar sinar matahari. Jadi, ketika anda berkeringat banyak, saatnya anda mengembalikannya lagi. Caranya? Ya, minum air putih dan rasakan energi anda kembali pulih.

Sebagai pelumas sendi

Tulang rawan yang terdapat dalam tubuh, sebagian besar komponennya adalah air. Nha, tulang sejenis ini adalah bantalan tepatnya di persendian. Bayangkan apa yang akan terjadi saat cauran dalam tubuh menipis dan bahkan hampir habis, pastinya semua sendi dalam tubuh akan terasa begitu nyeri. Kenapa? Ini karena si tulang rawan tidak bisa menjaga keseimbangannya akibat kekurangan cairan.

Menjaga konsentrasi

Fungsi otak dapat dengan mudah terganggu apabila tubuh kita kurang cairan. Ya, anda akan kesulitan untuk konsentrasi dan fokus saat anda sedang kehausan atau butuh air. Jika demikian, semua aktivitas pun akat ikut terkena efeknya. Ini adalah salah satu alasannya bahwa minum air putih merupakan suatu saran terbaik.

Meningkatkan stamina

Ketika tubuh lelah, apa yang kita cari pertama kali? Minuman. Ya, kita pasti butuh minum. Dan, minuman terbaik adalah air putih. Jadi, makanan bukanlah satu-satunya sumber energi karena air juga memiliki fungsi yang sama. Ketika air sudah dikonsumsi dengan baik, anda akan bebas lagi dalam bergerak.

Penyerapan nutrisi

Ternyata, air juga bisa menyerap nutrisi dengan baik. Ya, air dapat membantu adanya penyerapan semua nutrisi makanan yang sedang dikonsumsi ke seluruh tubuh. Pada saat pemecahan makanan berlangsung, air akan beraksi untuk melakukan pemisahan mineral, vitamin, dan beberapa nutrisi makanan lainnya. Setelah itu, air akan mengirimkannya ke tubuh secara keseluruhan.

Sebagai pencegah sembelit

Memakan makanan berserat bukanlah satu-satunya cara untuk mencegah sembelit. Penting juga bagi anda untuk menjaga asupan air agar gerakan usus Anda mengandung cukup air.

Jika Anda tidak mengonsumsi cukup air, magnesium, dan serat, kemungkinan besar, anda akan sering mengalami sembelit. Jika Anda sudah mengalami sembelit, Anda lebih baik minum air berkarbonasi serta air putih yang mana dapat membantu meringankan gejala Anda.

Memperbaik tampilan fisik

Minum banyak air selama aktivitas fisik sangat penting. Seorang Atlet dapat mengeluarkan keringat sekitar 6 hingga 10 persen dari berat badan selama aktivitas fisik. Hidrasi juga mempengaruhi kekuatan, tenaga, dan daya tahan Anda.

Jika anda suka terjun dalam bidang olahraga atau sesuatu yang melibatkan seluruh fisik anda, maka jangan pernah lupakan air. Jika berolahraga dalam musim panas sedangkan tubuh anda kekurangan air, lebih baik jangan atau efek seirus akan menimpa tubuh anda. Dan, contoh terumum adalah dehidrasi. Jika dehidrasi yang anda alami begitu akut akibatnya bisa fatal.

Itulah manfaat air putih untuk kesehatan tubuh. Mari terapkan hidup sehat dengan selalu mengkonsumsi air berkhasiat ini!

One Comment

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!