Trik Bisnis Online Dengan Pemanfaatan Sosial Media

Trik Bisnis online .Melakukan bisnis secara online tentu bukan suatu hal yang baru, tentu saja alasannya karena mudah, praktis dan menjanjikan. Ada banyak platform yang digunakan untuk melakukan bisnis online salah satunya dengan memanfaatkan sosial media. Memaksimalkan sosial media untuk bisnis yang dilakukan secara online, sangat penting untuk membuat produk yang Anda jual laris manis. Ada banyak jenis sosmed yang bisa digunakan untuk jualan online, seperti Facebook, Instagram hingga Twitter. Lalu apa saja hal-hal yang bisa dilakukan agar mendapat keuntungan bisnis secara online lewat sosmed?

Trik Bisnis Online Dengan Pemanfaatan Sosial Media

  • Tahu target audiens, pertama sekali melakukan bisnis online Anda harus memahami siapa targetnya. Anda juga harus mengetahui target secara spesifik mulai dari usia, jenis kelamin, pekerjaan hingga lokasi geografis. Dengan mengetahui audiens yang lebih spesifik ini memudahkan anda ketika akan melakukan iklan produk di sosmed. Nantinya pengiklanan produk akan lebih spesifik hanya pada pasar yang akan anda targetkan saja. Ini membantu penjualan lebih maksimal lagi dengan ditambah bumbu seperti konten menarik di dalamnya.
  • Miliki akun bisnis, tentu orang-orang yang akan menjadi konsumen anda akan lebih tertarik jika penjual punya akun bisnis. Bisnis online terpercaya tentu akan membuat logo bisnis sendiri untuk foto profil pada setiap sosmed akun jualan. Deskripsi perusahaan juga penting untuk menambah kepercayaan para pelanggan. Berikan deskripsi secara singkat mengenai perusahaan bisnis tersebut pada bagian profil. Jika bisnis yang dibuat punya alamat kantor atau toko fisik maka tambahkan alamat tersebut di profil.
  • Buat konten kekinian, berjualan online khususnya di sosial media tentu anda harus bersaing membuat konten yang lebih menarik. Jika konten berupa video saja belum membuat bisnis Anda menguntungkan, bisa mencoba kontan secara live. Kini semakin banyak pebisnis yang memanfaatkan sosmed untuk melakukan konten live video. Bahkan tidak segan-segan menggunakan talent dari kalangan selebgram ataupun influencer yang memiliki banyak followers  untuk membuat kontennya semakin menarik saat siaran langsung.
  • Menggaet influencer, bisnis online mana yang tidak menggunakan influencer untuk menguntungkan penjualan produknya. Memang menggaet influencer adalah hal paling efektif untuk memperkenalkan produk Anda di pasaran. Bahkan Anda bisa memilih influencer sesuai dengan budget. Jangan lupa menyesuaikan influencer dengan jenis produk yang Anda jual. Di Indonesia sendiri banyak sekali influencer dengan bidang-bidang tertentu sesuai usia dan juga keahlian. Jadi pastikan anda sudah memilih influencer yang relevan dengan produk atau usaha yang dimiliki.
  • Maksimalkan fitur Ads, kunci dari bisnis online modal kecil ataupun besar tentu saja bisa dengan memanfaatkan ads yang ada di sosmed. Fitur ads ini mampu menjangkau lebih banyak lagi calon konsumen dengan sasaran yang tepat. Tinggal menginput calon konsumen yang ada pada kolom target audience saja maka anda sudah bisa menemukan banyak konsumen dengan target yang tepat. Namun tentu saja fitur ads ini tidak gratis, karena sama dengan fitur iklan lainnya tentu saja membutuhkan dana. Tetapi dana yang dikeluarkan bisa disesuaikan dengan budget. Jika memiliki budget kecil maka anda bisa pasang iklan dengan biaya yang rendah dan sebaliknya. Lakukan juga monitoring pada kinerja iklan apakah sudah maksimal atau belum untuk mengukur pendapatan yang bisa dihasilkan oleh iklan tersebut.

 

Demikian beberapa tips melakukan bisnis online dengan memaksimalkan sosial media lebih baik lagi. Targeting audiens yang tepat merupakan salah satu kunci untuk menjangkau lebih banyak konsumen dari seluruh lapisan masyarakat, tidak terkecuali luar negeri.

Comments 1

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!