Seri Panduan – Mengisi e-Kinerja di Platform Merdeka Mengajar Tahap Perencanaan

Sudahkan kamu mengerti bagaimana cara mengisi platform Merdeka mengajar tahap perencanaan? Jika dulunya pengelolaan kinerja guru kita menggunakan SKP (Sasaran Kerja Pegawai) yang dikerjakan secara manual baik oleh guru sendiri maupun dengan bantuan TU, sekarang era digital sudah berbeda.

Dengan berkembangnya platform Merdeka mengajar tentu membuat penilaian kinerja guru menjadi lebih praktis dan efisien. Platform ini bisa kamu akses lewat akun belajar.id yang kamu punya. Hadirnya platform ini juga bisa meringankan tugas guru dan membuat kinerja guru lebih terstruktur.

Mengenal Platform Merdeka Mengajar

Sebenarnya kamu pasti sudah tau, platform Merdeka mengajar ialah cara untuk menunjang Implementasi Kurikulum Merdeka. Sehingga guru lebih mudah mendapatkan referensi, inspirasi maupun pemahaman terkait Kurikulum Merdeka.

Platform ini sudah bisa kamu dapatkan gratis di Google Playstore dan diinstall pada perangkat Android Lollipop ke atas. Selain itu platform ini juga bisa kamu gunakan lewat web browser di laptop kalian di alamat https://guru.kemendikbud.go.id/. Nah untuk pengguna iOS, kamu bisa menggunakan web browser untuk mengakses platform ini.

PMM memang tidak wajib penggunaannya yaa, tetapi kembali lagi PMM merupakan pendukung Implementasi Kurikulum Merdeka. Kenapa? Karena dapat mempermudah proses belajar bersama di kelas sehingga lebih kreatif, bermakna dan bisa berpusat pada murid.

Untuk pengisiannya menurut saya cukup mudah yaa, hanya mengikuti langkah panduan yang tersedia di aplikasi. Tapi Kemendikbudristek juga menyelenggarakan pelatihan dan pendamping teknologi yang bisa membantu kalian menggunakan platform ini.

Aplikasi ini masih versi 1.0, sehingga terus mengalami pembaharuan. Nah nanti kalian bisa terus mendapatkan update PMM lewat https://bit.ly/platformmerdekamengajar atau bisa otomatis update lewat Google Playstore.

So, sebelum mengakses platform ini ada dua hal yaa yang perlu kamu perhatikan koneksi internet dan menggunakan aplikasi PMM versi terbaru. Barulah kalian bisa mengakses platform ini dengan stabil.

Tahapan Pengelolaan Kinerja Guru di PMM

Pengelolaan kinerja di PMM adalah alat pendukung yang memudahkan guru menentukan sasaran kinerja yang lebih kontekstual dengan kebutuhan satuan pendidikan dan pengambangan karirnya, demi peningkatan kualitas pembelajaran murid.

Adapun tahapan pengelolaan kinerja untuk guru terdiri dari tiga tahapan praktis, yaitu:

  • Perencanaan
  • Pelaksanaan
  • Penilaian

Nah saat ini kita ada di tahap perencanaan, dimana periodenya berlangsung dari 1 Januari – 30 Juni. Januari semester genap merupakan tahap perencanaan, Februari hingga Mei merupakan tahap pelaksanaan, Juni merupakan tahap penilaiaan dan mulai lagi tahap perencanaan di bulan Juli untuk semester ganjil.

Langkah-Langkah Tahap Perencanaan di PMM

Adapun berikut ini langkah-langkah mengisi platform Merdeka mengajar yang bisa kamu ikuti:

1. Klik MULAI Pengelolaan Kinerja

mengisi platform merdeka mengajar

2. Selanjutnya kamu akan melihat data diri baik itu nama, NIP, status kepegawaian, pangkat, golongan, jenjang jabatan, dan satuan pendidikan induk. Jika kamu merasa sudah sesuai seperti gambar di bawah ini maka kamu bisa klik Data Sudah Sesuai.

mengisi platform merdeka mengajar

Jika ada data diri yang belum sesuai maka kamu bisa melakukan pembaharuan data di Dapodik. Ingat yaa, update data atau edit data hanya bisa kamu lakukan sekali saja.

3. Jika data sudah sesuai, klik Ya, lanjut agar kamu bisa memulai perencanaan kinerja kamu.

mengisi platform merdeka mengajar

Pada tahap perencanaan, guru hanya perlu fokus meningkatkan kinerja pada salah satu indikator rekomendasi berdasarkan capaian rapor pendidikan yang telah terintegrasi di Platform Merdeka Mengajar.

Nah nanti jika tidak ada hasil capaian Rapor Pendidikan, kamu bisa berdiskusi ataupun meminta rekomendasi dari Kepala Sekolah. Di perencanaan kinerja kamu akan menemukan 5 tahapan/poin.

  • Praktik pembelajaran
  • Pengembangan kompetensi
  • Tugas tambahan
  • Perilaku kerja
  • Rangkuman atau kesimpulan

 

4. Pada tahap pertama di praktik pembelajaran kamu perlu memilih indikator rapor yang diprioritaskan untuk peningkatan kinerja. Rekomendasi perencanaanya bisa dasari dari hasil capaian Rapor pendidikan satuan pendidikan.

mengisi platform merdeka mengajar

Klik Rapor Pendidikan Satdik Anda guna melihat hasil capaian rapor.

  1. Klik Ke sistem Rapor Pendidikan agar kamu bisa melihat hasil capaian yang lebih komprehensif. Oleh karena itu masuklah ke platform Rapor Pendidikan

mengisi platform merdeka mengajar

6. Jika sudah sesuai dengan gambar di atas, untuk melanjutkan ke langkah pengisian perencanaan kinerja, kamu bisa klik Saya Mengerti.

7. Klik Lihat Indikator Lainnya, guna melihat rincian lain dari indikator yang direkomendasikan untuk perencanaan kinerjamu.

mengisi platform merdeka mengajar

8. Pilih salah satu dari indikator yang direkomendasikan atau kamu bisa memilih indikator lain jika kamu merasa kurang sesuai dengan rekomendasinya.

mengisi platform merdeka mengajar

9. Jika sudah sesuai, Klik Ke pengembangan Kompetensi yang ada di pojok kanan bawah. Nah sampai langkah ini kamu bisa menyimpan pengerjaan dengan klik Simpan Draf, dan dapat mengerjakan kembali di lain waktu.

10. Atau jika kamu ingin melanjutkan kamu bisa melanjutkan ke tahap kedua yaitu Pengembangan Kompetensi. Disini kamu harus mengisi Rencana Hasil Kinerja (RHK). Yang perlu kamu perhatikan adalah ada minimal poin untuk RHK kamu. Nah total poin yang perlu diajukan minimal 32 dan maksimalnya 128 untuk satu semester. Untuk bukti pendukung bisa berbeda-beda tergantung dari RHK pilihanmu.

mengisi platform merdeka mengajar

Pilih Rencana Hasil Kerja yang ingin kamu tingkatkan.

11. Pilihlah berapa Target Kuantitas yang ingin kamu capai.

12. Nah guna menambahkan RHK, kamu bisa langsung Klik Tambah dan buat Rencana Hasil Kerja lainnya.

13. Jika kamu ingin batal menambahkan RHK, maka kamu bisa klik Hapus untuk menghapus RHK. Penambahan RHK bisa kamu lakukan beberapa kali, tinggal menyesuaikan saja dengan kebutuhan.

mengisi platform merdeka mengajar

14. Jika pengisian RHK sudah sesuai, Klik Ke Tugas Tambahan untuk melanjutkan ke langkah berikutnya.

15. Masuk ke tahap ketiga, kalian bisa mengisi tugas tambahan. Disini silahkan pilih RHK untuk menjadi tugas tambahan.

mengisi platform merdeka mengajar

16. Klik Ke Perilaku Kerja untuk lanjut ke pengisian perilaku kinerja guru. Perilaku kerja merupakan Tindakan guru yang bisa dinilai guna meningkatkan kualitas pembelajaran. Di laman Perilaku Kerja pilihlah indikator yang akan diobservasi oleh Kepala Sekolah.

mengisi platform merdeka mengajar

Disana kamu akan menemukan 7 aspek yang bisa diobservasi oleh KS.

17. Pilihlah indikator perilaku.

18. Kemudian, klik Ke Rangkuman apabila sudah kamu isi semua.

19. Di laman Rangkuman, kamu bisa bisa melihat keseluruhan hasil pengisian perencanaan kinerja kamu. Pastikan kamu disini sudah memastikan pengisiannya sudah benar dan sesuai.

mengisi platform merdeka mengajar

Klik Lanjut ajukan, guna mengajukan perencanaan ke Kepala Sekolah.

Padah tahap ini perencanaan kinerja sudah di ajukan ke Kepala Sekolah. Nah tugas kamu selanjutnya adalah sering-sering periksa Beranda aplikasi PMM untuk melihat status Perencanaan Kinerja. Caranya dengan klik Cek Perencanaan Kinerja.

mengisi platform merdeka jakarta

Jika nantinya sudah mendapat persetujuan dari Kepala Sekolah, maka kamu tinggal menunggu tangga 1 Februari untuk mulai melaksanakan Perencanaan Kinerja yang sudah kamu buat. Pelaksanaan akan berlangsung dari 1 Februari hingga bulan Mei.

Ikuti langkah-langkah mengisi platform Merdeka mengajar di atas untuk tahap perencanaan atau download Panduan Teknis Fitur Pengelolaan Kinerja. Nantinya juga akan ada seri panduan menyepakati rencana kinerja yang dilakukan oleh Kepala Sekolah, so stay tuned!

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!