Rekomendasi Pupuk dan Vitamin Aglonema

Hai teman-teman tahukah kamu nutrisi untuk aglonema itu penting? Dimana terdiri dari pupuk dan vitamin aglonema. Pupuk dan vitamin aglonema atau tanaman hias juga sangat beragam sehingga pemakaiannya kamu bisa berganti-ganti setiap kali penyiraman.

Kunci bisa punya aglonema yang subur adalah mencukupi nutrisinya setiap waktu. Misalnya setiap kali kamu menyiram, kamu tidak lupa untuk memberikan pupuk dan vitamin. Jangan sampai kamu menyiram hanya dengan air karena saat penyiraman adalah waktu yang tepat dalam pemberian pupuk maupun vitamin.

Kali ini saya akan membahas pupuk dan vitamin apa saja yang saya gunakan untuk aglonema yang saya rawat di rumah. Sehingga bisa lebih sehat dan cepat bertunas serta menjadikan proses tanam-menanam aglonema menjadi aktivitas yang menyenangkan.

Macam-macam Pupuk dan Vitamin Aglonema

Dalam bertani aglonema ada banyak nutrisi yang perlu kita berikan pada tanaman hias kita agar mereka bisa tumbuh dan berkembang secara cepat. Selain media tanam yang kaya nutrisi kita juga harus menambahkan nutrisi dengan memberikan pupuk dan vitamin secara rutin.

Karena pupuk dan vitamin aglonema itu sangat banyak, maka saya sarankan untuk berganti-ganti dalam pemakaiannya sehingga tanaman aglonema bisa menerima nutrisi yang lebih beragam.

  • Vitamin B1

Vitamin B1 merupakan vitamin yang bisa kamu berikan pada aglonema 3 kali dalam seminggu atau bisa juga kalian berikan setiap hari hehe. Biasanya saya memberikannya tengah malam atau di pagi hari sebelum matahari terbit.

Manfaatnya banyak dari mulai sebagai stress release tanaman hias khususnya aglonema, membantu proses metabolisme pada tanaman, membantu tanaman adaptasi di media tanam, merangsang pertumbuhan aglonema. Selain itu juga membantu penyerapan unsur hara lebih maksimal dan pembentukan jaringan baru tanaman juga bisa berlangsung lebih cepat.

Cara penggunaannya pun mudah, kamu tinggal siapkan air dua literan dan tambahkan vitamin B1 sebanyak satu tutup dalam botol vitamin B1. Setelah itu kocok dulu sebelum kamu gunakan, spray-kan secara halus dan merata ke aglonema. Terutama bagian belakang daun yang dimana stomata daun berada.

  • NPK Cair

NPK cair pada dasarnya merupakan pupuk untuk segala macam tanaman termasuk aglonema. Karena NPK cair mengandung zat N atau Nitrogen yang memang efektif untuk menyuburkan buah, akar, dan bunga. Sehingga proses pertumbuhan akan semakin cepat. Biasanya dalam NPK cair juga terdapat ZPT dan Ga3 sebagai pelengkap nutrisi pertumbuhan.

Kandungan macronya ada N, P, dan K. Sedangkan micronya ada Mg, No, Ca, Fe, Ga3 (giberelin acid), dan sebagainya.

Nah kamu bisa menggunakannya untuk aglonema paling tidak 2 minggu sekali saat penyiraman. Untuk takarannya cukup 2-3 CC per liternya.

  • Growmore

Yang kedua apa pupuk growmore 32-10-10 yang mana mempunyai kandungan Nitrogen yang tinggi. Pupuk ini bagus untuk daun aglonema agar tumbuh lebih subur. Baik pada aglonema baby maupun pada aglonema dewasa karena mereka butuh nitrogen dalam jumlah yang besar.

Selain nitrogen kamu juga akan menemukan kandungan phosphor yang mana bagus untuk memicu pertumbuhan akar, tunas, dan Bungan pada tanaman kita. Sedangkan kandungan Kalium pada growmore akan membantu aglonema bisa tumbuh dengan lebih cepat.

Penggunaan growmore bisa kamu kombinasikan dengan vitamin B1 yaa. Dan bisa kamu berikan saat penyiraman, paling tidak 2 minggu sekali. Bergantian dengan nutrisi dari pupuk yang lain. Untuk takarannya kamu bisa menggunakan 2 gram growmore untuk 1 liter air.  Selain menyiramkannya ke media tanam kamu juga bisa sekaligus menyemprotkannya ke daun dan batang aglonema.

  • Dekartar Osmocote

Dekartar osmocote merupakan pupuk majemuk yang mana mempunyai keunggulan unsur hara mikro dan juga asam humat sehingga tanah akan subur. Kemudian bisa mengikat unsur hara yang ada di tanah dalam waktu yang lebih lama. Inilah yang dinamakan pupuk slow release, mempertahakan unsur hara pada tanah atau media tanam.

Nah karena ada berbagai macam osmocote yang didasarkan pada kebutuhan fase pertumbuhan, kamu harus bisa menentukan mana yang tepat untuk aglonema kamu. Kamu bisa memilih yang komposisi 13-13-13 untuk tanaman aglonema yang usianya 0-2 bulan, 17-11-10 untuk tanaman aglonema dewasa karena banyak kandungan nitrogennya. Selain itu ada komposisi 18-9-10 yang bisa kamu taburkan di sekitar media tanam.

Yang perlu kamu perhatikan adalah pupuk ini kami rekomendasikan kamu gunakan sering di musim kemarau. Dan menguranginya ketika musim penghujan, karena nitrogen yang tinggi bisa memicu jamur patogen. Jikalau kamu tetap ingin menggunakannya kamu bisa sering-sering memberikan fungisida pada media tanam untuk membasmi jamur yang tumbuh.

  • P13

Pupuk P13 merupakan pupuk racikan ala om Justin, kandungannya komplit dimana untuk aglonema dewasa bisa mempercepat tumbuhnya tunas baru, akar putih yang banyak, dan daun yang lebar serta besar. Terutama kandungan N, K, dan Phospor.

Kamu bisa memakainya 2 minggu sekali atau 10 hari sekali. Pupuk kaya nutrisi ini juga akan mempengaruhi warna daun aglonema menjadi lebih menarik, tajam, dan trahnya menjadi lebih bagus.

  • Gandasil D

Gandasil merupakan merek pupuk yang saya gunakan untuk aglonema saya. Sebenarnya gandasil ada dua macam yaitu gandasil D dan B. Bedanya yang D untuk daun sedangkan yang B merupakan pupuk buah. Kamu bisa menggunakannya pada saat aglonema ada di fase vegetative.

Kandungan utama dari gandasil D ini adalah N, F, dan Mg. Dengan komposisi Nitrogen yang paling banyak. Selain unsur makro tersebut ada juga unsur mikronya diantaranya ada Mangan, Boron, Tembaga, Cobalt, dan juga Zn.

Disamping zat-zat tersebut ada juga tambahan vitamin di dalamnya, diantaranya B1 (Aneurine), B2 (Lactoflavine), dan B3 (Nicotinic Acid Amide). Untuk B1 fungsinya adalah mengubah karbohidrat menjadi energi-energi penting yang dibutuhkan jaringan tanaman. Termasuk dalam mengatasi loyo pada tanaman aglonema.

Sedangkan untuk B2 akan membantu penyerapan unsur hara makro dan juga mikro pada tanaman aglonema. Sehingga tanaman mempunyai sistem imun yang lebih baik dalam mengatasi berbagai kondisi lingkungan. Kemudian untuk B3 gunanya adalah menjaga tanaman tetap dalam keadaan lembab sehingga kemungkinan hidup akan jauh lebih besar.

Saran Pemberian Pupuk dan Vitamin Aglonema

Untuk pemberian pupuk dan vitamin aglonema ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan. Gunanya akan nutrisi yang ada pada pupuk maupun vitamin tersebut bisa terserap secara maksimal dan membuat aglonema kita tumbuh lebih subur.

  • Berikan pupuk setiap kali kamu menyiram aglonema. Jika memang kamu menyiram aglonema 3 hari sekali maka berikan pupuk di putaran kedua. Maksudnya jika hari ini jadwal penyiraman maka baru penyiraman berikutnya kamu kasih pupuk.
  • Diantara banyak pupuk yang ada pemakaiannya bisa kamu selang seling.
  • Buatlah jadwal penyiraman dan pemupukan setiap bulannya. Agar kamu bisa tepat waktu dalam pemberian nutrisi baik dari air maupun dari pupuk dan vitamin aglonema yang kamu berikan.
  • Untuk pemberian vitamin B1 kamu bisa dua hari sekali. Kamu bisa memilih hanya penyemprotan saja tau menambahkannya pada pupuk yang akan kamu siramkan ke aglonema. Misalnya jika kamu ingin memakasi pupuk growmore kamu bisa menambahkan B1 satu tutup. Namun jika gandasil D maka sudah cukup itu saja karena di dalamnya sudah ada B1 dan vitamin lainnya.
  • Ada baiknya memakai dosis yang minim saja tetapi rutin yaa, daripada kamu sekali pakai tetapi dalam jumlah yang besar. Karena akan merusak pertumbuhan daun, akar dan batang. Pada pemakaian yang berlebihan daun aglonema bisa gosong sehingga kamu harus berhati-hati.

Itulah beberapa pupuk dan vitamin yang bisa kamu pilih untuk perawatan aglonema kamu di rumah. Selain pupuk dan vitamin aglonema sinar matahari yang cukup juga harus diterima oleh aglonema. Sehingga ada baiknya kamu menjemurnya di waktu pagi hari tepatnya di bawah jam 9 yaa. So jangan Cuma mengkoleksi aglonema tanpa belajar perawatannya yaa, kamu pasti bisa kok punya aglonema yang subur dan sehat.

2 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!