Persiapan Sebelum Menanam Aglonema, Ini Tipsnya!

Hai Bunda, menanam aglonema sebenarnya bisa kita samakan loh dengan tanaman hias lainnya. Hanya saja agar hasilnya lebih maksimal dan bisa tumbuh subur ada beberapa persiapan sebelum menanam aglonema yang harus kamu perhatikan.

Menanam aglonema bisa dari bonggol, tunasnya, maupun dari anakan aglonema itu sendiri. Nah biasanya nih Bunda aglonema yang baru ditanam memerlukan penyesuaian atau adaptasi dengan lingkungan atau media tanam mereka yang baru. Dan biasanya waktu adaptasi seperti ini aka nada banyak kemungkinan, entah itu aglonema tidak bisa tumbuh, malah busuk bonggolnya, lonyot daun pancingnya dan pada akhirnya mati.

Oleh karena itu saya akan membantu Bunda untuk menyiapkan hal apa saja yang diperlukan saat menanam aglonema di media tanam yang baru, berikut ulasannya:

Tips Mempersiapkan Aglonema Sebelum di Tanam

menanam aglonema
Persiapan Sebelum Menanam Aglonema, Ini Tipsnya!

Meskipun aglonema merupakan jenis tanaman hias yang mudah tumbuh dimana saja tetapi ada banyak penyakit dan kondisi yang harus kamu perhatikan agar aglonema yang kamu tanam terjauhkan dari penyakit dan bisa tumbuh subur.

Salah satunya adalah dengan mempersiapkan aglonema sebelum menanamnya. Berikut ini tips saat mempersiapkan aglonema sebelum kita tanam:

  • Mencari Bonggol yang Sehat

Pertama yang harus kita perhatikan saat menanam aglonema adalah kita harus mencari bonggol yang sehat. Menanam bonggol atau teknik stek sangat mudah, selain batang yang sehat pastikan terbebas dari berbagai luka atau batang yang busuk.

  • Memakai Pisau yang Steril

Gunakan pisau khusus yang tajam ketika memotong bonggol aglonema. Selanjutnya setelah pemotongan kamu juga harus membersihkan batang dan juga bonggol dari media tanam yang ikut serta. Gunakan air bersih yang mengalir untuk membersihkannya.

  • Merendam Bonggol

Setelah pemotongan dan pembersihan, lanjutkan dengan proses perendaman bonggol. Perendamannya kamu bisa menggunakan vitamin B1 dan juga bakteri fungisida. Atau kamu juga bisa menggunakan sebuah perangsang akar berupa Neo Starter.

Perendaman bisa kamu lakukan di dua liter air yang kamu tambahkan satu tutup vitamin B1 dan 3 gram fungisida. Kamu bisa menggunakan antracol untuk fungisidanya. Kalau untuk Neo Starter kamu bisa menggunakan 3 tetes Neo Starter pada satu liter air. Kemudian untuk lama perendaman paling tidak 1 jam sebelum penanaman.

  • Oles Dengan Kambium RJ 37

Setelah perendaman, keringkan bonggol tersebut dan oleskan saleb cambium dari RJ 37. Ratakan olesannya ke sekeliling bonggol dan meninggalkan bagian bekas potongan.

  • Oles Perangsang Akar

Kemudian pada bekas potongan kamu bisa menggunakan perangsang akar yang berupa salep. Salah satunya kamu bisa menggunakan hormone tumbuh dari Rootvick atau kamu juga bisa menggunakan produk root up yang bisa kamu temukan di toko pupuk dan tanaman hias.

Jika proses di atas sudah kamu lakukan lanjut dengan proses menanam aglonema. Gunakan media tanam yang poros tetapi penuh dengan nutrisi. Kamu juga bisa menggunakan floral foam untuk meletakkan bonggol tanpa akar sebelum di tanam.

Usahakan meminimalisir pergerakan agar akar segera bisa tumbuh. Kamu juga bisa menaruhnya di sungkupan agar proses pertumbuhan tunas bisa lebih cepat. Dan jagalah kelembabannya, jangan sampai terlalu basah dan juga terlalu kering agar pertumbuhannya bisa lebih maksimal.

Nah itulah tadi beberapa tips sebelum menanam aglonema baik itu bonggol, potong pucuk, tunas baru, dan sebagainya. Perhatikan nutrisi yang kamu berikan, jangan tergesa-gesa memberikan pupuk karena aglonema ini masih dalam tahap pertumbuhan awal. Selamat mencoba Bunda, coba saja dulu menanam bonggol, dari 5 bonggol yang kamu tanam kemungkinan tiga akan tumbuh dengan baik. Ataupun kalau sudah mahir kelima-limanya akan mudah bertumbuh dengan cepat.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!