Perhatikan Perawatan Aglonema dengan Sabun Cuci Piring

Sabun cuci piring buat aglonema apa gak bahaya? Apa gak malah bikin aglonema kita mati? Hmm yaa tentu saja mati kalau kita siram aglonema kita pakai sabun cuci piring hehe. Namun saat kita bisa menggunakannya secara tepat tentu aglonema kita bisa sehat dan terhindar dari serbuan berbagai jamur dan bakteri yang merusak aglonema.

Nah kali ini kita akan belajar terkait manfaat sabun cuci piring bagi aglonema kita, kemudia bahaya penggunaannya, dan cara penggunaannya. Pastikan kamu menguasai ilmu perawatan aglonema berikut ini agar aglonema yang kamu rawat bisa terhindar dari berbagai penyakit, terlihat subur dan sehat serta punya daun yang cantik untuk kita pandang.

Manfaat Membersihkan Aglonema Dengan Sabun Cuci Piring

Sabun cuci piring? Iyaa sabun cuci piring yang merk itu loh ada Mama, Sunlight, dan sebagainya yang biasa kamu gunakan untuk mencuci sayur dan buah. Aglonema juga butuh kamu cuci loh daun hingga batangnya. Agar terbebas dari bakteri, jamur, dan debu. Kalau kamu masih ragu, cuss saya jelaskan apa saja manfaatnya.

  • Sebagai Pestisida Alternatif

Sabun cuci piring untuk aglonema bisa berfungsi sebagai pestisida. Hal tersebut karena di dalam sabun cuci piring atau SCP ada komposisi ekstrak jeruk, minim zat kimia berbahaya dan sebagainya. Yang mana sangat berperan dalam mematikan bakteri dan membersihkan daun aglonema dari berbagai kotoran.

Selain itu SCP juga berfungsi sebagai insektisida yang bisa kontak langsung dengan lingkungan tanpa melakukan kerusakan. Bagaimana bisa? Hal tersebut karena sabun cuci piring akan merusak membran sel dari sebuah serangga, merontokkan zat lilin yang melekat di tubuh serangga hingga serangga mati.

Nah biasanya jika kamu penggemar aglonema pasti akan menemukan yang namanya kutu daun, kutu sisik, kutu putih, wereng, ulat, dan sebagainya. Sabun cuci piring juga mengandung antibakteri, yang artinya bisa membantu kamu melindungi daun aglonema yang lonyot.

  • Bisa Merekatkan Pestisida

Aglonema juga butuh pestisida, dimana kita biasanya mengaplikasikannya dengan metode spray. Nah agar pestisida yang kamu semprotkan sesuai dan optimal di sasaran. Karena jika hanya kamu spray biasa pestisida tersebut akan mudah tertiup angina bahkan jatuh diluar pot. Sehingga efeknya kurang maksimal untuk aglonema kita yang terserang hama.

Selain itu di SCP kamu akan menemukan komposisi surfaktan yang bisa kita gunakan untuk mengurangi tegangan dipermukaan air. Komposisi tersebut juga bisa memecah butiran air menjadi lebih kecil. Alhasil semprotannya juga bisa lebih rata yaa di permukaan daunnya dan bisa mengikat pestisida dengan lebih maksimal.

  • Mengkilatkan Daun dan Membebaskannya dari Debu

Mencuci daun aglonema menggunakan SCP juga bisa menghindarkan aglonema dari debu-debu yang menempel di permukaan daun. Mencuci daun aglonema pada dasarnya memang lebih aman apabila kamu lakukan saat sedang repotting ataupun pergantian media. Setelah menyabun aglonema kamu bisa langsung mengguyurnya dengan air bersih hingga busa hilang.

Untuk konsentrasi SCP juga tidak perlu terlalu pekat, artinya cukup sedikit mengeluarkan buih sabun saja yaa. Daun yang bersih tentu bisa menerima nutrisi dengan lebih baik yaa apalagi jika nutrisi yang kamu berikan dengan metode spray. Serta kamu juga bisa mendapatkan daun yang terlihat lebih mengkilat dan terlihat lebih sehat.

Cara lainnya kamu bisa menggunakan kapas maupun tissue yang kamu basahi dengan larutan SCP. Tissue atau kapas yang basah tersebut bisa kamu gunakan untuk mengelap dan membersihkan aglonema supaya lebih mengkilap.

Berbagai Bahaya Sabun Cuci Piring Untuk Aglonema

Selain bisa membuat daun aglonema lebih sehat dan terhindar dari bakteri kamu juga harus tetap memperhatikan bahaya apa saja yang akan kamu dapatkan apabila mengaplikasikan SCP untuk aglonema. Tentunya akan kamu rasakan apabila kamu terlalu berlebihan dalam menggunakan konsentrasi SCP untuk aglonema.

  • Daun akan kering (terbakar, layu, menguning dan gosong) hingga aglonema mati.
  • Mikroorganisme yang hidup di media tanam bisa mati dan tentunya ini berakibat pada nutrisi yang bisa terserap oleh aglonema. Sehingga aglonema akan tumbuh kurang gemuk dan kurang subur.
  • Konsentrasi SCP yang berlebihan kamu berikan di aglonema bisa membuat tanaman aglonema mati loh.

Lebih aman kamu bisa menggunakan takaran 1% sampai 2% per larutan yang kamu gunakan. Jika kamu menggunakan tabung spray 2 liter maka berikan 2,5ml sabun cuci piring. Jika menurutmu terlalu banyak bisa kamu kurangi yaa. Apabila perlu ikuti aturan pakai yang ada di bungkus SCP khusus untuk mencuci buah maupun sayur. Dengan begitu penggunaannya akan lebih aman untuk tanaman hias kita yang ada di rumah. Ingat yaa daun yang bersih dan sehat tentunya akan lebih maksimal dalam menyerap setiap nutrisi yang kamu berikan untuk aglonemamu.

 

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!