Perangkat Mengajar Kurikulum Merdeka Semester 2 TP 2023/2024: Pengertian, Tujuan, Jenis dan Contohnya

Indonesia merupakan negara berkembang yang keseluruhan aspek pendukungnya masih menyita banyak perhatian. Termasuk aspek pendidikan, pemerintah khususnya Kemenristekdikti terus berupaya dan memperbaiki sistem pendidikan yang berlaku di negara ini. Dari mulai pembaruan perangkat mengajar, pelatihan tenaga pendidik, penguatan pendidikan karakter P5 dan sebagainya.

Memasuki semester 2 di Tahun Pelajaran 2023/2024 ini, tenaga pendidikan atau Bapak/Ibu guru sudah saatnya mempersiapkan perangkat mengajar. Dimana perangkat ajar ini nanti dibutuhkan saat proses belajar mengajar di semester 2 nanti yang akan dimulai pada 2 Januari 2024 mendatang.

Pengertian Perangkat Mengajar Kurikulum Merdeka

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menyebutkan bahwa, perangkat mengajar adalah macam-macam materi belajar yang digunakan oleh guru untuk menunjang aktivitas belajar dan mengajar di sekolah.

Perangkat ajar ini meliputi mekanisme dan tujuan pembelajaran yang telah disusun berdasarkan fase dan domain yang telah ditentukan sebelumnya.

Tujuan Pembuatan Perangkat Mengajar KuMer

KuMer atau Kurikulum Merdeka membutuhkan perangkat mengajar yang cukup kompleks. Dimana bentuk kurikulumnya mempunyai model belajar intrakurikuler yang bermacam-macam, sehingga penerapan isinya bisa lebih optimal. Perangkat ajar ini, isinya biasa dipakai tenaga pendidik untuk mencari inspirasi materi ataupun referensi. Dengan menyesuaikan pada kebutuhan dan karakter siswa di sekolah masing-masing.

Adapun tujuan dari pembuatan perangkat mengajar yaitu sebagai pedoman bagi tenaga pendidik atau Bapak/Ibu guru dalam menjalankan semua proses belajar mengajar. Setiap model perangkat ajar telah dilengkapi dengan alur dan capaian belajar. Sehingga akan lebih memudahkan guru dalam menentukan bagaimana cara belajar yang sesuai dengan siswa, hal ini tentu saja akan selaras dengan prinsip Kurikulum Merdeka. Dan juga mempunyai alur penulisan yang berkesesuaian dengan Panduan Belajar dan Asesmen.

Dengan tujuan tersebut, harapannya siswa mempunyai kesempatan yang cukup untuk memahami konsep belajarnya. Sehingga kemampuan siswa pun akan lebih terasah dan optimal serta berkesesuaian dengan minat para siswa di sekolah.

Jenis-Jenis Perangkat Mengajar SD Semester 2 Tahun Pelajaran 2023/2024

Adapun berikut ini berbagai jenis perangkat mengajar SD/MI semester 2 Tahun Pelajaran 2023/2024 yang menggunakan Kurikulum Merdeka Belajar:

  • Buku Teks

Buku teks atau buku pelajaran merupakan jenis perangkat mengajar yang pasti ada di setiap bidang mata pelajaran. Dimana buku ini adalah sumber informasi yang sudah disusun secara terstruktur. Nah buku teks akan dibagi lagi menjadi dua yaitu buku utama dan pendamping.

Buku teks utama merupakan buku pelajaran yang bisa kamu gunakan saat proses belajar mengajar. Biasanya buku ini diberikan pemerintah tanpa adanya pungutan biaya kepada siswa. Disamping buku utama, ada buku teks pendamping, yang mana bisa digunakan untuk siswa belajar dan biasanya untuk mendapatkannya ada biaya tambahan yang harus dibayarkan.

  • Modul Ajar

Dalam perangkat ini juga ada modul ajar yang dipakai oleh tenaga pendidik untuk kegiatan belajar mengajar. Adanya modul ajar tentu mempermudah tenaga pendidik untuk mencapai tujuan profil belajar yang sesuai dengan Pancasila dan Capaian Pembelajaran (CP).

Modul ajar juga bisa dikatakan sebagai gambaran dari ATP atau Alur Tujuan Pembelajaran yang penyusunannya sesuai dengan perkembangan siswa. Tenaga pendidik juga mempunyai kewenangan dalam mengembangkan modul ajar. Diantaranya menentukan dan mengembangkan modul dari pemerintah sesuai dengan perangkat ajar yang dibutuhkan siswa. Dan para guru juga bisa membuat perangkat ajar sendiri yang sesuai dengan karakter siswa di sekolah.

  • Modul Proyek P5

Modul proyek P5 bisa kamu gunakan untuk membantu pelaksanaan proyek penguatan Profil Pelajar Pancasila. Dimana didalamnya memuat rencana belajar dengan konsep berbasis proyek. Modul ini harus kamu buat sesuai dengan tahapan ataupun fase pengembangan yang sedang dihadapi siswa. Nah dalam pengembangannya harus mempertimbangkan topik maupun tema proyek yang hendak dikerjakan dan berdasarkan pengembangan jangka panjang.

Dalam modul proyek P5 kamu juga perlu memperhatikan elemen, sub elemen, dan dimensi dari Profil Pelajar Pancasila. Sebagai tenaga pendidik kamu mempunyai kewenangan untuk memilih ataupun melakukan perubahan modul proyek yang disediakan pemerintah. Biasanya memang perlu kamu sesuaikan dengan karakter siswa yang ada di sekolah. Atau kamu juga bisa membuat modul proyek sendiri sesuai dengan kebutuhan siswa.

Kemudian dalam pelaksanaannya, sekolah dan guru bisa menggunakan berbagai strategi demi mencapai indikator implementasi yang diharapkan. Atau sesuai dengan prinsip belajar maupun asesmen yang sedang dijalankan.

Download Contoh Perangkat Mengajar SD Kurikulum Merdeka

Berikut ini susunan atau struktur perangkat mengajar SD Kurikulum Merdeka yang bisa kamu buat di semester 2 nanti:

  • Nama perangkat mengajar
  • Asal daerah sekolah
  • Kelas
  • Alokasi waktu yang kamu butuhkan
  • Banyaknya jumlah siswa
  • Kategori Profil Pelajar Pancasila
  • Model pembelajaran yang akan kamu gunakan
  • Mata pelajaran
  • Tujuan pembelajaran Kurikulum Merdeka
  • Mendeskripsikan kegiatan yang akan dibuat
  • Berbagai materi ajar, alat dan bahan yang dibutuhkan
  • Sarana dan prasarana

Berdasarkan susunan perangkat di atas, berikut ini ada beberapa perangkat mengajar Kurikulum Merdeka SD/MI yang bisa kamu download secara gratis.

Download perangkat mengajar untuk semua MAPEL Kelas 1 Kurikulum Merdeka TP 2023/2024

 

 

Download perangkat mengajar untuk semua MAPEL Kelas 2 Kurikulum Merdeka TP 2023/2024

 

 

Download perangkat mengajar untuk semua MAPEL Kelas 3 Kurikulum 2013 TP 2023/2024

 

Download perangkat mengajar untuk semua MAPEL Kelas 4 Kurikulum Merdeka TP 2023/2024

 

Download perangkat mengajar untuk semua MAPEL Kelas 5 Kurikulum Merdeka TP 2023/2024

 

Download perangkat mengajar untuk semua MAPEL Kelas 6 Kurikulum 2013 TP 2023/2024

 

Hari libur akan usai sebentar lagi, segera persiapkan berbagai perangkat mengajar di atas untuk menyambut KBM SD/MI Semester 2 TP 2023/2024. Dengan mempersiapkan perangkat lebih awal tentu akan mempermudah tenaga pendidik dalam menjalankan pekerjaannya dalam mentransfer ilmu kepada para siswa. Jadi tunggu apalagi, segera download dan edit sesuai dengan sekolah masing-masing.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!