Pakai Hosting WordPress Segala, Worth It Gak Sih Website WordPress?

Jujur saja website saya banyak yang menggunakan platform wordpress ketimbang menggunakan blogger. Yaa sudah barang tentu butuh hosting wordpress untuk menjalankannya, jika website sudah besar tentu saja kapasitas hostingnya harus kita perbesar. Kenapa begitu?

Hmm daripada bingung, kali ini saya akan sharing ke kalian kenapa saya memakai wordpress untuk website ini. Apakah worth it? Atau malah enakan kembali ke blogger saja? Yuk mari kita bahasa alasan dibalik saya pakai wordpress untuk website saya.

Pengenalan WordPress Sebagai Platform Terbaik

Tahukah kamu wordpress merupakan salah satu tools website builder terbaik dengan 39,5% penggunanya dari sekian banyak tools yang ada. WordPress sendiri selain bisa kamu gunakan untuk personal blog, kamu juga bisa menggunakannya untuk keperluan website e-commerce, portal infromasi dan website portofolio.

WordPress sendiri bukan murni website builder yaa, dimana jika kamu ingin menggunakannya kamu masih harus install berbagai plugin untuk mendukung tampilan websitemu. Nah biasanya dalam penggunaannya kamu juga membutuhkan hosting wordpress, nama domain, sertifikat SSL dan lain sebagainya.

Ini cocok bagi mereka yang bagi user pemula dalam membangun website karena tidak membutuhkan konfigurasi teknis yang terlalu detail. Ingat yaa semakin bagus hosting wordpress yang kamu gunakan kamu juga semakin leluasa dalam mengelola tampilan maupun layanan website kamu.

Alasan Kenapa Memakai WordPress Untuk Website

Secara umum jika kita melihat wordpress secara fungsional maka ini sangat cocok bagi user yang menginginkan fleksibilitas dalam pengelolaan websitenya. Adanya banyak fitur dan fungsi yang beragam membuat platform ini bisa untuk berbagai proyek baik itu blog pribadi maupun website jualan yaa. Nah berikut ini alasan lengkap saya kenapa memakai wordpress.

  • Platform Gratis

WordPress merupakan platform gratis yang mana siapapun bisa menggunakannya dan ini merupakan jenis perangkat lunak open source sehingga source codenya tersedia bagi siapapun yang akan menggunakannya.

Jika kamu menggunakan platform ini kamu bisa melakukan modifikasi, melaporkan bug dan juga memperbaiki masalah yang terjadi di platform ini. Kamu pun bisa bergabung dengan komunitasnya untuk memaksimalkan penggunaan tools.

  • Installnya Mudah

Bagi saya yang punya banyak blog sudah barang pasti kalau saya cari platform yang bisa memudahkan saya dalam bekerja. Dengan memakai wordpress jujur saja saya menjadi lebih mudah dalam mengelola website bahkan untuk penginstalannya kurang lebih saya butuh waktu 10 menit saja.

Setelah install biasanya saya hanya melakukan pengaturan dasar seperti install tema, plugin yang dibutuhkan, setting dasar baik itu menu, widget, dan lain sebagainya.

Akan lebih mudah lagi jika saya menggunakan hosting wordpress dengan layanan yang lengkap. Tentu akan menambah kemudahan saya dalam mengatur website-website saya. Kamu bisa coba layanan hosting di www.domainesia.com/hosting/ guna mendapatkan pengalaman install wordpress ekstra cepat.

  • Serbaguna

Dengan wordpress kamu bisa menggunakannya untuk berbagai kebutuhan diantaranya adalah:

  1. Toko online lengkap dengan daftar itemnya.
  2. Untuk kebutuhan website bisnis.
  3. Kamu juga bisa menggunakannya untuk menyebarkan lowongan pekerjaan dan menampung lamaran pekerjaannya sekaligus lewat email websitemu.
  4. Website forum juga bisa menggunakan wordpress sehingga akan memudahkan komunitas dalam berdiskusi.
  5. Website portal informasi, dimana website ini nantinya bisa memilih tema yang berbagau portal berita sehingga akan lebih memudahkan dalam mengelola menunya.
  6. Personal blog
  7. Sebagai website portofolio yang berguna bagi kamu dalam melamar pekerjaan ataupun untuk kebutuhan promosi.
  8. Website edukasi juga bisa menggunakan wordpress, bahkan kamu bisa menyelenggarakan kursus dan kelas online secara mandiri.
  9. Dan lain sebagainya.

 

  • Saya Lebih Mudah Menyesuaikan Plugin dan Tema

Kemudian masalah kustomisasi, kostumisasi di wordpress itu sangat mudah karena disana ada 54.000 plugin dari direktori resmi. Selain itu kamu juga bisa pilih dari 11.000 tema yang ada di wordpress. Itupun belum termasuk yang dari developer lain, sehingga semakin banyak pilihan buat kalian.

Plugin sendiri merupakan sebuah ekstensi yang ada di wordpress guna meningkatkan fungsionalitas dan kemampuan dari website kita. Sedangkan tema akan berguna bagi kamu saat menyesuaikan tampilan yang ingin kamu buat.

Untuk memulainya kamu hanya perlu buka dashboard kemudian pilih mana yang ingin kamu atur dan activate. Jika ingin mengatur plugin yaa pilih plugin, jika pengaturan tema pilih appearance lalu themes. Langsung praktek saja sih agar lebih mudah.

  • Lebih SEO Friendly

Jika kamu sudah lama bergelut di website pasti kamu juga kenal dengan SEO atau singkatan dari Search Engine Optimization. Nah di wordpress kamu akan termudahkan karena ada plugin dan berbagai fitur yang bisa kamu pasang guna meningkatkan SEO website kamu.

SEO sendiri jika kamu abaikan bisa membuat trafik web menurun, akhirnya bisa juga berakibat pada penghasilan kamu setiap bulannya. Karena tujuan kita membuat blog tentu agar banyak pengunjung yang membaca artikel yang kita buat.

Untuk plugin SEO kamu bisa menggunakan Yoast SEO ataupun SEMrush, kebetulan website-website saya menggunakan salah satu dari plugin tersebut.

  • Keamanannya Terbaik

Selanjutnya dari segi keamanan wordpress juga bisa kita percaya, kamu bisa menggunakan beberapa plugin untuk memperkuat situsmu dari adanya pencuri yang akan merusak websitemu. Berikut ini beberapa plugin yang bisa kamu pilih untuk meningkatkan keamanan:

  1. Akismet merupakan sebuah plugin yang efektif untuk filter spam komentar.
  2. Sucuri Security merupakan plugin yang akan memberikan perlindungan untuk website kamu dari malware, firewall, dan berbagai daftar hitam yang harus kita pantau.
  3. All In One WP Security and Firewall guna melindungi situs dari berbagai serangan.

Oh yaa jangan lupa untuk selalu memperbarui wordpress untuk memperkuat keamanan website kamu dari berbagai spam atau serangan lainnya.

  • Memungkinkan Kita Upload Berbagai Jenis Media

Di wordpress kita bisa memakai berbagai media diantaranya .jpg, .png, .doc, .pdf, .gif, .mp3, .mp4, dan lain sebagainya. Oh yaa kamu juga bisa menyematkan video youtube yang kamu buat sehingga bisa memaksimalkan pengunjung untuk setiap platform yang kamu targetkan.

  • Bisa Sebagai Content Marketing yang Efektif

WordPress adalah platform yang tepat jika kamu ingin melakukan content marketing. Dimana kamu harus membuat content yang bermanfaat atau bernilai bagi customer kamu. Misalnya jika kamu mempunyai bisnis desain baju atau logo. Maka kamu bisa membuat artikel yang membahas seputar teknik desain, cara membuatnya, bagaimana proses printingnya, atau saat create logonya.

Kamu bisa menjelaskan informasi-informasi yang mereka butuhkan kemudian di akhir kamu bisa merekomendasikan sebuah laman yang mengarah ke jasa yang kamu tawarkan. Buatlah konten serupa sebanyak mungkin guna menjangkau semakin banyak pengunjung.

  • WordPress Merupakan Platform yang Berkembang

Seperti yang sudah kita bahas wordpress selalu mengalami pembaharuan. Dan penggunanya juga semakin tahun semakin banyak. Bahkan programmer yang berkontribusi di wordpress meningkat hingga lebih dari 300.000.

Alhasil ketika wordpress mengalami masalah atau ada hacker yang mengancam maka sudah ada ratusan ribu programmer handal yang siap memperbaiki celah keamanan. Lebih efektif kan daripada kamu bangun platform sendiri dan menyewa programmer sendiri.

  • Lebih Fleksibel

Selain mudah pengaturannya wordpress juga bisa bekerja di berbagai lingkungan yang basisnya PHP. Bahkan tidak bergantung pada hosting wordpress yang kamu gunakan. Kamu pun bisa mengintegrasikan bermacam-macam plugin, dimana plugin ini selalu seiring dengan pembaharuan yang ada di wordpress. Sehingga bisa meminimalisir bug yang terjadi.

  • Target Pelanggan Mudah Dijangkau

Jika kamu menggunakan wordpress dan menggunakan plugin SEO yang mendukung tentu akan membantu kamu lebih mudah menjangkau customer. Ini apabila kita perbandingkan dengan platform lain yang juga sama gratisnya.

Lalu, Bagaimana Jika Ingin Menggunakan WordPress?

Bagi kamu-kamu yang belum pernah menggunakan wordpress maka terlebih dahulu kamu bisa mengikuti langkah berikut ini:

  • Beli nama domain untuk brand kamu. Ada baiknya kamu menggunakan domain TLD untuk wordpress agar lebih terpercaya.
  • Jika sudah kamu juga jangan lupa membeli hosting wordpress yaa. Kamu bisa sesuaikan kapasitas yang kamu butuhkan. Jika kamu kesulitan kamu bisa hubungi tim support mereka lewat laman www.domainesia.com/hosting untuk mendapatkan panduan setting hostingnya.
  • Setelah setting hosting kamu bisa langsung instalasi wordpress. Isikan keterangan wordpress yang ingin kamu buat dan lanjut dengan memilih themes gratis yang ada di wordpress.
  • Jika theme sudah kamu pilih maka lanjutkan dengan menyesuaikan data dan informasi bisnis kamu. Atur profil beranda website kamu sesuai dengan yang kamu inginkan baik itu menunya, foto yang ingin kamu tambahkan, testimony dan lain sebagainya.
  • Sesudah customisasi tema maka lanjut dengan install plugin standard seperti editor klasik, widget klasik, yoast SEO, post view, dan lain sebagainya.
  • Untuk memaksimalkan pengunjung dan mengefektifkan artikel yang kamu buat jangan lupa untuk riset kata kunci sesuai dengan niche yang kamu inginkan.
  • Jika artikel sudah selesaikan kamu buat, jangan lupa saat upload lengkapi kebutuhan SEO-nya. Tujuannya agar lebih menyasar pada target pembaca yang kamu inginkan.
  • Ada baiknya ketika membuat artikel kamu menggunakan bahasa yang mudah dimengerti, menggunakan kalimat aktif agar lebih terlihat SEO, dan berikan informasi yang lengkap bagi pembaca.
  • Bila perlu buatlah konten lanjutan yang serupa dengan artikel yang kamu buat sebelumnya. Sehingga pembaca akan terus lanjut membaca konten yang kamu buat.
  • Setiap kamu membuat konten ada baiknya kamu selalu menyebarkannya ke berbagai platform sosial media. Terutama yang menurut kamu sesuai dengan target pasar yang kamu cari. Kamu juga bisa bergabung ke berbagai komunitas yang berhubungan dengan target pasar.
  • Buatlah google analytic untuk bisa memahami perkembangan website kamu lebih lanjut. Bahkan dari tools ini kamu akan tau trend yang sedang berkembang itu seperti apa.

Nah itulah tadi berbagai alasan saya kenapa memakai wordpress untuk website-website saya. Kalau menurut saya lebih banyak untungnya sih kalau pakai wordpress daripada platform yang lain. Terutama dari segi pengaturan yang jauh lebih mudah, sehingga bagi pengelola website yang banyak akan termudahkan. Dan mengalokasikan lebih banyak waktu untuk pengisian website dengan artikel yang valuable. Terus, saran saya juga pakai hosting yang punya layanan lengkap sehingga tidak mudah mengalami gangguan dan pilih yang sesuai dengan kebutuhan. Untuk lebih lanjut klik www.domainesia.com/hosting untuk mendapatkan penawaran hosting wordpress yang menarik dan tentunya murah dengan layanan yang lengkap.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!