Mengenal 6 Manfaat Semangka Untuk Kesehatan Tubuh

Apakah semangka termasuk buah favorit anda? Tahukah anda manfaat semangka yang sesungguhnya untuk kesehatan? Well, Semangka adalah buah pilihan terbaik sebagai camilan saat datangnya musim panas. Buah menyegarkan ini rendah kalori. Buah berkhasiat ini memberikan anda hidrasi dan berbagai nutrisi penting, seperti mineral, vitamin, dan juga antioksidan.

Seperti halnya buah melon dan jugabmentimun, semangka pun merupakan sejenis Cucurbitaceae. Ada lima jenis semangka yang umumnya diketahui masyarakar yakni semangka berbiji, tanpa biji, mini, kuning, dan oranye. Dan, apapun jenisnya, semangka tetap mempunyai puluhan manfaat. Berikut adalah manfaatnya:

 

Mengenal 6 Manfaat Semangka Untuk Kesehatan Tubuh

Mendukung Diuretik & Ginjal

Semangka adalah diuretik alami yang membantu meningkatkan aliran urin, namun tidak membebani ginjal (tidak seperti alkohol dan kafein). Semangka membantu hati memproses amonia (limbah dari pencernaan protein) yang meredakan ketegangan pada ginjal sekaligus membuang kelebihan cairan.

Melawan Peradangan

Radang merupakan bentuk penyakit umum yang mana sering diderita banyak orang. Banyak penyakit serius yang juga menyebabkan munculnya peradangan. Contohnya adalah jantung, kanker, dan fibromyalgia. Cara terbaik untuk mengatasi Peradangan adalah beruoaya mencegahnya, ya teoatnya pencegahan. Dan, satu cara sederhana untuk melawan peradangan semacam ini adalah dengan mengkonsumsi semangka. Anda bisa menambahkan semangka ke dalam makanan sehari-hari Anda. Cara ini tentu membantu Anda.

Meredakan Asma

Semangka memiliki sumber vitamin C yang baik yang bertanggung jawab untuk mengurangi efek asma. Artinya, Anda dapat melawan parahnya efek asma hanya dengan satu potong atau satu gelas jus semangka setiap hari. Selain itu, penderita asma adalah kebanyakan orang yang kekurangan vitamin C sehingga cenderung mengalami lebih banyak gejala asma. Maka, semangka adalah rekomendasi yang bagus untuk semua kalangan yang sedang berjuang melawan penyakit menyebalkan tersebut. Secara umum, semangka memiliki sekitar 40% vitamin C yang baik untuk penderita asma.

Bagus Untuk Fungsi Saraf

Semangka kaya akan sumber potasium yang dapat mengatur fungsi saraf. Dalam istilah yang lebih sederhana, kandungan ini memfasilitasi impuls dan pesan listrik. Perlu Anda ingat bahwa jika dalam tubuh manusia jumlah kaliumnya sedikit maka dapat menyebabkan mati rasa dan kesemutan. Jadi jika Anda menderita kram di kaki Anda, kemungkinan besar ini dikarenakan rendahnya kalium dalam tubuh Anda. Yang perlu Anda lakukan hanyalah minum rutin segelas jus semangka. Level kalium anda akan berangsur normal. Ya, inilah manfaat semangka.

Diet Alami

Jika Anda bertanya-tanya bagaimana cara menurunkan berat badan secara alami, jangan lupakan semangka. Selalu tambahkan buah sehat ini ke dalam menu diet untuk menurunkan berat badan Anda. Ingat, buah ini sebagian besar terdiri dari air sehingga saat anda nemakannya, anda akan merasa kenyang. Dengan begitu, nafsu makan atau keinginan untuk ngemil akan tertahan. Jadi, anda tak perlu khawatir lagi apalagi dengan menjalankan diet yang menyiksa karena garus menahan lapar. Kalau ada yang sehat, kenapa tidak?

Pencegagan Kardiovaskular

Likopen adalah zat yang ditemukan dalam semangka yang mana memberikan warna kemerahan pada buah tersebut. Meskipun tomat juga memiliki zat ini, tetapi tahukah Anda bahwa zat ini lebih banyak ditemukan dalam semangka daripada dalam tomat? Nah, likopen bisa mengurangi kolesterol. Dan, zat ini juga akan mengurangi risiko terkena penyakit apapun terkait kesehatan jantung. Yang perlu Anda lakukan adalah mengonsumsi sepotong semangka tiap harinya atau bisa saja segelas jus. Tunggu saja, buah ini yang akan bekerja dan anda akan merasakan hasilnya.

Sungguh luar biasa, selama ini memang banyak yang mengkonsumsinya namun kurang memahami betapa manfaat semangka begitu dahsyat. Setelah mengetahui semua ini, semua orang pasti akan jauh lebih memfavoritkan si buah air ini.

One thought on “Mengenal 6 Manfaat Semangka Untuk Kesehatan Tubuh

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *