Manfaat B1 Untuk Aglonema dan Cara Pakainya

Hai teman-teman, masih semangat merawat Aglonema? Kudu semangat yaa, mudah kok perawatannya. Salah satunya dengan memberinya vitamin B1 secara rutin yaa, bisa kamu jadwalkan. Aglonema-aglonema yang rutin kita semprotkan B1 biasanya akan lebih cepat pertumbuhan daunnya dan akarnya. Kalau saya sih biasanya ketika jadwal penyiraman atau setiap kali akan memberikan anti-bakteri pada aglonema-aglonema saya.

Ada banyak hal yang menarik terkait B1 ini, mulai dari manfaat B1 untuk aglonema, kemampuannya dalam me-release stress pada aglonema, dan masih banyak lagi. Kesemuanya akan kita bahas satu per satu agar kita bisa sama-sama belajar dalam memberikan perawatan terbaik bagi aglonema kita.

Komposisi Vitamin B1 / Liquinox Start Untuk Aglonema

Liquinox start merupakan salah satu vitamin B yang banyak kita gunakan untuk aglonema. Selain Liquinox start ada juga yang lain seperti BioVinase Gold D, vitamin B1 + tiamin dan sebagainya.

Nah di vitamin B1 Liquinox Start sendiri ada banyak kandungan atau komposisi yang penting untuk kita ketahui. Diantaranya ada P2O5 2.0%, ada Fe atau iron 0.10% yang berfungsi sebagai Fe-EDTA, Vitamin B1 jenis thiamine mononitrate 0.10%, ada NAA 0.04% dan sebagainya.

Komposisi tersebut sangat bagus apabila kamu gunakan pada fase re-potting aglonema maupun pada fase pertumbuhan mereka. Vitamin B1 ini juga sangat bagus untuk melepaskan stress pada tanaman kita khususnya aglonema. Khususnya yang baru datang dari hasil pembelian online. Disamping itu Liquinox start juga sangat baik dalam memperbaiki kondisi media tanam aglonema kita yaitu dengan derajat keasaman yang tinggi 1.9

Fungsi B1 pada Aglonema

Sebelum kita lebih lanjut membahas manfaat B1 untuk aglonema, pertama-tama kita mulai dengan membahas fungsi B1 untuk aglonema kita di rumah. Pada dasarnya B1 sering kita kenal dengan thiamin atau thiamina, ia mempunyai nutrisi yang penting diantaranya berfungsi sebagai pengubah karbohidrat ke dalam energi yang ada pada jaringan aglonema.

Energi tersebut sangat penting saat aktivitas maupun saat metabolisme jaringan tanaman, jika tidak ada energi ini maka metabolisme dalam tubuh tumbuhan tidak bisa berlangsung. Baik itu pembelahan sel, proses pembentukan jaringan pada organ baru, dan pada akhirnya pertumbuhan akar aglonema akan terhambat. Serta memicu unsur hara pun tidak bisa terserap oleh tubuh tanaman.

Saat aglonema stress, lesu dan tidak segar maka sejatinya aglonema yang sedang kalian rawat kehabisan energi. Sehingga apabila tidak segera kita selamatkan bisa-bisa berujung kematian pada aglonema kita,

Alasan Aglonema Stress dan Perlu Segera Kita Atasi

Perawatan aglonema di rumah bukan merupakan hal yang susah yaa asalkan sirkulasi cahaya dan udara di rumah kita bisa berjalan secara lancar. Apabila sirkulasi yang ada di tempatmu kurang maksimal tentu aglonema yang kamu rawat bisa stress. Misalnya cahayanya kurang, lembab, metan yang kurang bagus atau tidak porous tentu akan membuat aglo kita stress. Selain itu ada beberapa sebab lain yang bisa menimbulkan stress pada aglonema, diantaranya:

  • Alamat pengiriman aglonema yang jauh.
  • Waktu pengiriman aglonema yang lama bisa sampai 1 minggu perjalanan.
  • Pengiriman aglonema tidak menggunakan media tanam yang mendukung.
  • Akar yang kurang sehat atau baru kamu potong.
  • Potong pucuk
  • Repotting
  • Pergantian media tanam
  • Adanya perubahan cuaca yang tidak biasa atau ekstrem
  • Intensitas cahaya yang terlalu berlebihan
  • Kehujanan terus menerus
  • Dan sebagainya

Kondisi seperti ini tentu akan membuat bukan hanya tanaman yang stress tetapi pemiliknya juga hehe. Apalagi jika yang terkena adalah koleksian kita yang mahal seperti Goliath, lotus delight, suksom jaipong yang besar dan yang mahal-mahal lainnya. Oleh karena itu kamu butuh B1 sebagai perelease stress pada aglonema.

Manfaat B1 Untuk Aglonema yang Kamu Aplikasikan Secara Rutin

Vitamin B1 merupakan vitamin yang akan membantu kamu dalam penangangan aglonema yang belum kuat atau baru mengalami kondisi seperti di atas. Bukan hanya sebagai per-release stress vitamin B1 juga mempunyai manfaat yang lain seperti:

  • Metabolisme yang berlangsung di jaringan aglonema akan sangat baik. Misalnya proses pengubahan karbohidrat menjadi energi untuk tanaman aglo.
  • Bisa bermanfaat sebagai pencegah, penurun stress pada aglonema yang kita koleksi.
  • Membantu aglonema yang baru kamu tanam mudah beradaptasi dengan media barunyda dan lingkungan barunya.
  • Bisa membantu tanaman tetap segar dan jauh dari layu walau habis melewati perjalanan yang jauh dan waktu yang lama. Selain itu tanaman akan bisa jauh lebih segar meskipun baru di tanam atau baru repotting dengan media baru.
  • Akar bisa tumbuh dengan lebih cepat.
  • Memicu penyerapan unsur hara lebih kontinyu
  • Jaringan baru tanaman agar tumbuh dengan lebih cepat.

Berbagai manfaat B1 untuk aglonema di atas saya harap bisa terasa pada aglonema rawatan kita di rumah. Pada intinya terbentuknya energi akan membuat proses metabolisme tumbuhan berlangsung lebih lancar. Dan tentu ketika kalian pupuk aglonema tersebut nutrisinya akan lebih maksimal terserapnya.

Darimana Kita Bisa Memperoleh B1?

Vitamin B1 selain secara instan bisa kita beli di toko tanaman, bisa juga dari sumber lain yang mengandung thiamin. Perlu kalian tahu bahwa vitamin B1 sumbernya bisa organik maupun zat sintesis. Nah kali ini kita akan membahas keduanya biar kita bisa lebih bijak mana B1 yang harus kita pilih.

  • Air Hasil Cucian Beras

Para ahli telah melakukan penelitian bahwasannya vitamin B1 bisa kalian temukan di air cucian beras. Hal tersebut karena pada beras terdapat kulit ari yang mengandung vitamin B1.

Nah apabila kalian sedang mencuci beras, hasil air bekas cucian tersebut akan mengandung vitamin B1. Kamu bisa menyiramkan air cucian tersebut ke aglonema yang kamu rawat. Tujuannya agar tanaman tersebut bisa lebih sehat dan jauh lebih indah.

Penyiraman air beras ke aglonema bisa kamu lakukan seminggu sekali atau 10 hari sekali. Kamu bisa menyiramkan 250 ml atau lebih air cucian beras ke aglonema.

  • Liquinox Start

Vitamin B1 juga ada yang dalam bentuk kemasan, seperti yang kita sebutkan diawal Liquinox Start. Kemasan B1 ini adalah zat atau sebuah hormone pertumbuhan yang ada vitamin B1 nya dan beberapa zat lain diantaranya P2O5, Fe dan sebagainya.

Formulasi atau komposisi Liquinox Start sangat bagus untuk aglonema dalam merelease stress dan membantu akar tumbuh lebih cepat. Cara pemakaiannya pun mudah kamu bisa menyemprotkannya ataupun menyiramkannya secara langsung ke media tanam aglonema. Untuk takarannya kamu cukup pakai satu sendok makan larutan Liquinox start untuk 4 liter air. Atau satu sendok teh untuk 2 liter air. Itu berlaku untuk takaran penyemprotan maupun penyiraman yaa. Kamu bisa mencampurkan vitamin B1 dengan pupuk, sehingga saat setelah kamu menyiramnya dengan air kamu bisa mengaplikasikan larutan tersebut di media tanam

Itulah tadi ulasan terkait vitamin B1 mulai dari komposisinya, fungsi, dan manfaatnya serta cara penggunaannya. Bila kamu belum pernah memberikan vitamin B1 pada aglonema kalian, segeralah order Liquinox Start secara online dan berikan secara rutin. Paling tidak seminggu sekali atau setiap kali kalian menyiram yaa. Kalau ada yang belum jelas, boleh banget yaa taruh pertanyaannya di kolom komentar agar nanti kita bisa saling belajar. Happy budidaya aglonema teman-teman.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!