Kitab Nadhom Alala: Pengertian, Isi Kandungan, dan contoh soal

Kitab Nadhom Alala atau Kitab Alala Tanalul Ilma merupakan sebuah kita karya intelektual muslim yang diterbitkan pondok pesantren Lirboyo Kediri. Yang mana membahas tentang akhlak seseorang atau etika mereka dalam mencari ilmu.

Biasanya Kitab Nadhom Alala dipergunakan oleh Lembaga Pendidikan Islam atau pesantren. Dari sanalah para santri maupun santriwati akan belajar bagaimana adab menuntut ilmu yang baik dan benar. Khususnya di tingkat ibtidaiyyah pondok pesantren. Bukan hanya untuk dipelajari anak-anak tetapi juga remaja dan dewasa wajib mempelajari kitab ini.

Pada pembahasan kali ini kita akan membahas seputar pengertian dari Kitab Nadhom Alala berikut dengan isi kandungannya dan berapa jumlah syairnya.

Pengertian Kitab Nadhom Alala

Kitab Nadhom Alala adalah sebuah ringkasan yang berisi tentang akhlak dalam mencari ilmu yang bentuknya nadhom atau syair. Sumbernya diambil dari berbagai kitab diantaranya ada Ali bin Abi Thalib, Khalifah Umar bin Abdul Aziz, dan Imam Kholif.

Berdasarkan jurnal Method of Learning Perspective of Alala Tanalul ‘Ilma dari Imam al-Zarnuhi karangan Ahmad Busthomy MZ dan juga Andul Muhid, menyimpulkan bahwa banyak orang yang menuntut ilmu tetapi tidak mendapatkan manfaat baik itu pengalaman maupun penyebarannya. Sehingga hal ini menjadi sebuah kesalahan, karena kita mengabaikan syarat-syarat saat menuntut ilmu.

Nah harapannya dengan kitab nadhom Alala ini bisa kamu jadikan panduan untuk menuntut ilmu secara benar dan mendapatkan manfaat dari ilmu tersebut.

Isi Kandungan Kitab Nadhom Alala

Kitab Nadhom Alala terdiri dari 37 bait yang mana kamu akan belajar metode belajar yang benar, mengulik tujuan belajar, strategi belajar, prinsip-prinsip belajar dan sebagainya. Sehingga nantinya kamu bisa menjadi manusia yang bermoral religious dan berkarakter baik.

Nah kitab ini punya 1 jilid denga nisi 8 halaman. Nadhom ini menggunakan Bahasa Arab dan sudah diterjemahkan menggunakan Bahasa Jawa Salaf. Secara umum isi kandungan kitab nadhom Alala adalah sebagai berikut, dibagi berdasaran kesamaan pesan.

  • Syarat-Syarat Menuntut Ilmu dan Metodenya

Untuk nadhom pertama dan kedua dalam menuntut ilmu ada syarat yang haru kamu penuhi, dimana carilah ilmu yang bisa mengantarkan kamu sehingga lebih bertaqwa kepada Allah SWT. Adapun syarat yang kamu penuhi diantaranya adalah punya daya ingat tinggi, mencintai ilmu yang akan dipelajari, sabar, punya biaya, mendapatkan bimbingan dari guru, menyediakan waktu yang lama dan sebagainya.

  • Adab Mencari Teman dan Bermasyarakat

Selanjutnya metode mencari teman, dimana carilah teman perilaku dan budi pekertinya baik. Karena akhlak seseorang sesungguhnya juga bergantung pada siapa teman mereka. Intinya kalau kamu bertema dengan orang baik maka kamu akan ikut jadi baik secara perlahan begitupun sebaliknya.

  • Mengenal Keutamaan Ilmu, Kedudukan Guru, dan Orang-Orang yang Berilmu

Orang Islam bisa menjadi terhormat apabila ia berilmu. Karena dengan ilmu maka manusia tersebut akan mendapatkan ridho dari Allah SWT dan juga menghindarkan kamu dari berbagai hal menyimpang.

Nah karena kamu mendapatkan ilmu dari guru, maka wajib hukumbnya menghormati guru baik itu guru di sekolah atau pesantren dan guru yang ada di rumah atau orangtua.

  • Mengenal Keutamaan Fiqih dan Bahayanya Jika Kamu Ibadah Tanpa Ilmu

Seperti yang kita tau bahwa ilmu fiqih adalah keilmuan yang penting dan berkaitan dengan keabsahan kita dalam beribadah. Jika kamu bisa beribadah tetapi tidak mengerti hukum fiqihnya maka tentu akan lebih mudah tergoda oleh syetan dan ibadah pun menjadi tidak sah. Dengan kamu belajar ilmu fiqih maka kamu bisa melindungi diri dari tipu muslihat setan.

  • Mengajarkan Kerja Keras, Disiplin Waktu dan Keutamaan Bepergian

Kitab Nadhom Alala juga bida mengajarkan kamu kerja keras dalam menuntut ilmu, jatuh bangun harus kamu lewati. Perjuaangan tersebut juga tidak akan sia-sia di mata Allah SWT apalagi jika kamu demi menuntut ilmu akhirnya merantau dan menuju ke ahli ilmu tersebut.

  • Mengajarkan Jaga Lisan, Nafsu, Lebih Husnuzan, dan Lebih Pemaaf

Dari kitab ini pula kamu akan diajarkan untuk menjauhkan diri dari ghibah, ucapan yang batill, dusta, mengadu domba dan segala kata-kata kotor. Jika hal tidak baik ini kamu lakukan tentu saja akan timbul permusuhan dan membawa kamu ke neraka jahanam.

Jika kamu sudah menjaga lisan maka lanjut dengan menjaga nafsu dan berprasangka baik. Selain itu menghindarkan diri dari sifat pendendam dan lebih pemaaf kepada orang lain.

Pentingnya Anak Untuk Mempelajari Kitab Alala

Adapun keutamaannya bagi anak-anak ketika mempelajari kitab nadhom Alala baik itu di pesantren maupun di madrasah, diantaranya adalah:

  • Allah SWT menyukai orang yang berilmu dan berakhlak baik.
  • Ketika belajar menuntut ilmu dan mendapatkan masalah coba untuk selalu ingat Allah menyukai orang yang bersusah-susah dalam menuntut ilmu.
  • Menuntut ilmu harus disiplin, istiqomah, dan tidak boleh merasa lebih pintar dari penuntut ilmu yang lain.

Cara Belajar Kitab Alala

Dalam proses belajar kitab Alala kamu harus tau kalau kitab ini bisa didendangkan agar lebih mudah penghafalannya. Biasanya untuk belajar kitab ini para guru menggunakan empat model pembelajaran, diantaranya:

  • Mauidhoh, model pemaparan lisan.
  • Model pembiasaan sehari-hari.
  • Qudwah, model keteladanan.
  • Targhib wat tarhib, model hadiah dan hukuman.

Selain model pembelajaran di atas kamu juga bisa menggunakan variasi model yang lain untuk memudahkan proses penghafalan.

Itulah tadi seputar kitab nadhom Alala yang wajib kamu ketahui sebelum kamu mempelajarinya lebih lanjut. Kami juga menyediakan contoh soal kitab nadhom alala yang bisa kamu download disini beserta dengan download kitab Alala dan terjemahannya.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!