Fresh Graduate ALERT! Tips Agar CV Lolos Screening HR

Contoh CV lamaran kerja yang baik dan benar ada banyak dan bisa kamu jadikan pertimbangan dalam Menyusun CV. Teruntuk kamu yang baru lulus atau fresh graduate tentu harus punya panduan dalam penyusunan CV. Agar saat screening dengan HR bisa langsung lolos dan menjadi salah satu kandidat pekerja yang akan diterima perusahaan.

Tidak bisa kita pungkiri persaingan saat melamar pekerjaan akan sangat ketat dan sebagai HR pasti akan berusaha untuk mengefektifkan dan mengefisienkan proses tersebut. Karena tidak mungkin mereka membaca keseluruhan isi dokumen yang kamu bawa. Dengan ribuan pelamar tentu hal itu adalah hal yang mustahil. HR hanya membutuhkan paling tidak 6 detik loh untuk melakukan screening awal CV kamu. Oleh karena itu kamu cuma punya waktu 6 detik maksimal menarik perhatian mereka untuk melihat Curriculum Vitae yang kamu bawa.

Nah kali ini kita akan berikan kalian tips penyusunan CV yang bisa menarik perhatian HR dan isi contoh CV fresh graduate yang benar agar kalian lolos tahap screening.

Tips Membuat Curriculum Vitae (CV) Lolos Screening

Meskipun kamu bersaing dengan ribuan pelamar pekerjaan yang lain kamu tetap harus optimis bisa lolos dan lanjut ke tahap penerimaan selanjutnya. Nah sebelum itu berikut ini beberapa tips yang bisa kamu ikuti ketika menyusun curriculum vitae.

  • Menyesuaikan Desain CV Dengan Posisi yang Dilamar

Pertama kamu sebagai fresh graduate harus pintar dalam memilih desain CV. Terlebih dahulu kamu harus cari contoh CV lamaran kerja yang baik dan benar di internet. Kemudian pilih desain yang tidak bertentangan dengan prinsip perusahaan. Maksudnya adalah kamu harus tau desain mana yang pas untuk lamaran perusahaan formal dan non formal.

Jika kamu melamar pekerjaan di sebuah perusahaan besar maka otomatis kamu harus menggunakan desain yang formal, templatenya bisa menggambarkan posisi yang kamu lamar dan sebagainya. Lain halnya jika kamu melamar di perusahaan non formal maka kamu bisa memakai layout yang berhubungan dengan perusahaan tersebut.

  • Mudah Dibaca

Untuk mempermudah HR membaca CV yang kamu bawa maka sebaiknya buatlah layout yang tidak berlebihan, simpel dan font normal. Jika nanti desain sudah jadi ada baiknya kamu cetak terlebih dahulu untuk melihat dimana kurangnya dan kesesuaian antara desain dengan posisi yang kamu lamar.

  • Berikan Tanda Bold di Bagian yang Kamu Rasa Penting

Ingat yaa untuk menarik perhatian HR kamu tidak boleh menyusun CV tanpa penekanan. Maksudnya kamu harus berikan tanda bold pada kemampuan atau keahlian yang kamu tawarkan. Diantaranya skill yang kamu punya untuk posisi yang kamu lamar, pengalaman kerja atau magang, dan sebagainya.

  • Sampaikan Pencapaian yang Sudah Dapatkan

Sebagai fresh graduate yang kompeten kamu juga harus sudah punya pencapaian. Adanya pencapaian yang kamu dapatkan bisa menjelaskan bagaimana karakter kamu sebagai pekerja. Hindari untuk menjelaskan bahwa kamu adalah orang yang ambisius, pekerja keras, bisa bekerja sesuai target dan hal lain yang berhubungan dengan klaim kesuksesan diri. Cukup hadirkan fakta lewat pencapaian yang sudah kamu lakukan.

  • Jangan Bertele Tele Kalau Membuat CV

Ingat tidak semua hal harus kamu sampaikan di dalam CV, kamu hanya punya waktu 6 detik untuk menarik perhatian mereka sehingga kamu harus membuat CV yang efektif. Cantumkan identitas diri, skill, pengalaman kerja atau magang, dan berbagai kemampuan pendukung lainnya.

Nah kamu bisa cari referensi contoh CV fresh graduate dari berbagai sumber sebelum mulai membuatnya. Jika sudah jadi nanti jangan lupa untuk dicetak terlebih dahulu untuk diperiksa lagi kata-katanya yang typo atau penggunaan kalimat yang kurang sesuai.

  • Cantumkan Kontak yang Aktif

Kemudian di dalam CV kamu juga harus mencantumkan kontak yang bisa dihubungi oleh HR. diantaranya nomor HP, email, maupun akun media sosial kamu. Untuk email sebaiknya gunakan email professional yaa, bukan email dari nama atau kata yang sulit dimengerti.

  • Cantumkan Informasi yang Jujur

Dalam memberikan informasi yang ada di CV kamu harus selalu jujur dan mengemasnya dengan branding diri yang apik. Berikan pengalaman kalian yang sesuai denga fakta dan jangan sampai kalian mengarang terkait kompetensi atau pengalaman kerja yang tidak benar. Jika sampai kamu lakukan dan ketauan saat screening tentu kamu bisa terancam gagal yaa.

  • Hindari Membuat CV Berlembar-Lembar

Ketika membuat CV ideal maka tidak sampai lebih dari dua lembar. Jika memang informasi yang kamu berikan itu penting semua maka kamu bisa pilih yang paling sesuai. Tidak harus semua pengalaman kerja atau magang kamu tulis semua. Cukup cantumkan yang sesuai dengan posisi yang akan kamu lamar saja. Toh juga HR tidak akan membaca secara keseluruhan, sehingga tetapkan point penting yang kamu mau HR membacanya.

Dan saat perusahaan meminta CV kamu, maka jangan sampai kamu memberikan fotokopiannya. Kamu harus berikan naskah yang asli agar bisa menarik perhatian dan menilai keseriusanmu dalam melamar pekerjaan.

Langkah-Langkah Membuat CV untuk Fresh Graduate

Tips di atas bisa kamu jadikan patokan yaa dalam membuat CV untuk melamar pekerjaan. Selanjutnya berikut ini beberapa langkah yang harus kamu pahami ketika menyusun CV fresh graduate:

  • Cantumkan informasi personal, diantaranya nama, nomor HP, email, sosial media termasuk akun Linkedin kalian.
  • Tulis singkat seputar kemampuan ataupun prestasi yang kalian dapatkan, maksimal 4 kalimat.
  • Cantumkan prestasi akademis, pengalaman magang yang sesuai dengan posisi yang kamu lamar.
  • Tuliskan pencapaian yang kamu dapatkan. Entah itu beasiswa, pertukaran pelajar, lulusan cumlaude dan berbagai kejuaraan lainnya.
  • Tulis juga riwayat pendidikan formal dan non formal. Untuk penulisan Riwayat Pendidikan bisa kamu mulai dari tingkat yang paling akhir yaa, cantumkan juga nilai akhir atau IPK kalian.
  • Tambahkan keahlian atau skill kalian, apabila perlu bisa kamu bold juga untuk menonjolkan kemampuanmu.
  • Untuk perusahaan atau instansi formal kamu tidak perlu menambahkan hobi yaa. Tapi kalau instansi kamu non formal maka cantumkan saja.
  • Kemudian karena kamu fresh graduate maka sebaiknya untuk pengalaman kerja cantumkan pengalaman organisasi, magang, pelatihan kerja, sertifikasi dan seminar yang pernah kamu ikuti.
  • Buat introduction CV singkat, padat dan jelas (maksimal 4 kalimat). Isinya tentang diri kalian, skill, dan masukkan kalimat yang ada hubungannya dengan kualifikasi posisi yang kamu lamar.

Ikuti langkah-langkah di atas pasti kamu bisa lolos screening HR. Susunlah sebaik mungkin dan hindari beberapa kesalahan berikut ini dalam menulis CV:

  • Menggunakan CV yang sama untuk beberapa perusahaan.
  • Membuat deskripsi yang berupa karangan.
  • Typo dalam penulisan CV.
  • Jangan panjang-panjang jika membuat CV, harus pendek dan bisa memuat semua potensimu.
  • Hindari informasi yang kurang penting dan tidak ada hubungannya dengan posisi yang kamu lamar.
  • Tidak menjual kemampuan atau potensimu dengan baik. Padahal secara pengalaman kamu punya.

Itulah tadi beberapa hal yang harus kamu pahami terkait pembuatan CV untuk melamar kerja bagi fresh graduate. Untuk lebih detail kamu juga bisa lihat referensi contoh CV lamaran kerja yang baik dan benar untuk fresh graduate. Dan untuk desain sebaiknya memang custom agar detailnya bisa sesuai dengan perusahaan yang akan kamu datangi.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!