Contoh Prota Promes Kelas 5 Kurikulum 2013 Tahun 2022/2023

Prota Promes kelas 5 Kurikulum 2013 merupakan Program Tahunan dan Program Semester yang wajib untuk tercapai dalam satu semester. Program tersebut meliputi penguasaan pengetahuan, sikap, maupun keterampilan yang harus dikuasi oleh siswa kelas 5.

Prota promes berlaku untuk seluruh jenjang Pendidikan, sehingga setiap Bapak/Ibu guru wajib membuat susunan administrasi ini sebagai bahan ajar SD/MI kurikulum 2013. Agar kamu bisa lebih mudah membuatnya, kita kenali dulu apa sih itu Prota Promes dan fungsi pembentukkannya. Setelah itu kita akan berikan kepada kalian langkah-langkah pembuatannya dan contoh Prota Promes 2022/2023.

Apa Itu Prota Promes?

Prota atau Program Tahunan dan Promes atau Program Semester adalah susunan administrasi pembelajaran yang bisa kamu jadikan dasar dalam penyusunan perangkat administrasi lain yang dibutuhkan.

Secara umum, Prota Promes adalah gambaran umum yang aka Bapak/Ibu guru jalankan selama satu semester maupun selama satu tahun ajaran.

  • Prota

Prota merupakan sebuah susunan alokasi waktu pembelajaran yang akan berlangsung selama satu tahun guna mencapai Standar Kompetensi (SK) dan Kompetensi Dasar (KD) yang sudah ditetapkan. Pengalokasian waktu ini penting agar semua SK dan KD bisa didapatkan oleh peserta didik secara keseluruhan.

Prota bisa kamu susun setelah kamu mendapatkan jumlah jam mengajar pada mata pelajaran tertentu. Dari jam mengajar yang kamu punya, kamu harus mengalokasikan waktu lewat prota. Hal ini biasanya harus kamu lakukan di awal tahun ajaran baru.

Tolak ukur keberhasilan Prota yang kamu buat akan mempengaruhi perangkat administrasi pembelajaran lainnya. Diantaranya Promes, Silabus, RPP dan lain sebagainya.

  • Promes

Sedangkan Promes merupakan sebuah bentik penjabaran dari Program Tahunan yang telaj kamu buat. Promes ini nanti akan berisi gambaran pembelajaran dan pencapaian yang akan kamu capai selama satu semester. Harapannya dengan dibuat Promes maka kamu akan menjadi lebih mudah dalam menyelesaikan mata pelajaran selama satu semester tersebut.

Fungsi Pembentukan Prota Promes

Program tahunan dan program semester kelas 1-5 SD/MI yang dibuat oleh tenaga pendidik pada dasarnya mempunyai fungsi sebagai berikut, diantaranya:

  • Fungsi Program Tahunan (Prota)

Adapun fungsi Prota yang harus kamu ketahui sebelum nanti membuatnya untuk kebutuhan administrasi kelas:

  1. Membantu mengorganisir jalannya proses pembelajaran agar lebih optimal.
  2. Sebagai pedoman yang bisa kamu jadikan bahan untuk menyusun Promes.
  3. Bisa kamu gunakan sebagai pedoman dalam penyusunan kalender pendidikan.
  4. Sebagai acuan yang berguna untuk mengoptimalkan waktu efektif pembelajaran yang kamu punya atau tersedia.

 

  • Fungsi Program Semester (Promes)

Selain Prota, kamu juga wajib mengetahui tentang fungsi Promes sebelum kamu menyusunnya:

  1. Dapat memudahkan Bapak/Ibu guru dalam memberikan pembelajaran yang efektif selama satu semester.
  2. Punya arah dan tujuan kegiatan pembelajaran yang jelas karena dari awal Bapak/Ibu guru sudah membuat programnya.
  3. Sebagai pola dasar untuk membuat tugas dan wewenang setiap pihak yang terkait dengan proses pembelajaran.
  4. Bisa menjadi tolak ukur keefektifan proses pembelajaran yang dilakukan oleh Bapak/Ibu guru.
  5. Merupakan sebuah bahan yang bisa kamu pakai untuk menyusun data dan akhirnya akan terbentuk keseimbangan dalam bekerja.
  6. Lebih menghemat waktu, biaya, tenaga, dan tools yang digunakan karena pembelajaran berlangsung lebih efektif dan lebih efisien.

Dengan fungsi-fungsi di atas harapannya Bapak/Ibu guru bisa membuat Prota Promes SD kelas 5 kurikulum 2013 dengan lebih maksimal. Namun jika Bapak/Ibu guru belum ada gambaran terkait perangkat administrasi ini berikut ini ada contoh Prota Promes SD Kurikulum 2013 yang bisa kamu contoh.

Prosedur Penyusunan Prota Promes Kurikulum 2013

Sebelum kita berikan contoh Prota Promes Kurikulum 2013, kita belajar dulu terkait langkah-langkah penyusunan Prota Promes yang benar. Berikut ini beberapa langkah yang harus kamu lakukan ketika menyusun Prota Promes Kurikulum 2013.

Langkah Menyusun Program Tahunan (Prota)

  • Lakukan analisis terhadap kalender pendidikan yang sudah ada, kemudian sesuaikan kebutuhan Bapak/Ibu guru. Bisa sekaligus dengan melihat ciri ataupun karakter unit satuan pendidikan kalian.
  • Berikan tanda atau pembeda untuk hari libur, kapan tahun ajaran baru dimulai, pecan atau minggu efektif pembelajaran, dan juga banyaknya jam efektif yang tersedia setiap minggunya. Contoh hari libur yang perlu kamu tandai diantaranya adalah libur akhir tahun ajaran, libur keagamaan, libur hari khusus dan libur untuk hari besar nasional.
  • Jangan lupa untuk selalu memperhatikan minggu efektif pembelajaran, guna bisa menyusun alokasi waktu yang tepat untuk setiap Kompetensi Dasar (KD).
  • Tetapkan alokasi waktu yang kamu perlukan di setiap mata pelajaran, KD, dan pokok bahasan pada pekan efektif. Nanti kamu juga harus menyesuaikan alikasi waktu dengan ruang lingkup materi, pentingnya materi, seberapa tingkat kesulitannya, dan sediakan waktu untuk review materi atau test pemahaman materi.

Langkah Menyusun Program Semester (Promes)

  • Pertama masukkan Kompetensi Dasar, topik bahasan, dan juga sub topik bahasan dalam format Promes yang sudah kamu sediakan.
  • Tentukan banyaknya jam yang ada di kolom minggu efektif dan berapa kali tatap muka di setiap minggunya. Lakukan langkah ini untuk setiap mata pelajaran yang ada yaa.
  • Tambahkan catatan untuk setiap bagian yang memerlukan keterangan lebih lanjut.

Ingat yaa pekan efektif merupakan hari dimana bisa Bapak/Ibu guru gunakan untuk melaksanakan proses pembelajaran secara efektif. Dimana itu bukan hari libur sehingga sekolah akan tetap masuk. Nah berikut ini cara untuk menentukan pekan efektif SD/MI.

  • Hitunglah banyaknya minggu atau pekan yang ada dalam satu tahun.
  • Kemudian hitung juga minggu tidak efektifnya.
  • Dari sana kamu akan memperoleh pekan efektif, yaitu dengan mengurani banyaknya minggu dalam satu tahun dengan banyaknya minggu yang tidak efektif dalam tahun tersebut.
  • Lalu hitunglah jumlah jam efektif pembelajaran, caranya dengan mengalikan pekan efektif dengan banyaknya jam pelajaran untuk per minggunya.

Dengan kamu mengetahui banyaknya jam efektif dan pekan efektif dalam satu tahun ajaran maka Bapak/Ibu guru akan jauh lebih mudah dalam pendistribusian materi pembelajaran baik dalam satu tahun ajaran ataupun per semesternya.

Contoh Prota Promes SD Kelas 5

Untuk SD/MI Kelas 5, Prota Promes mereka menggunakan acuan Kurikulum 2013. Nah selain kamu bisa menyusunnya sendiri kamu juga bisa menggunakan contoh Prota Promes berikut sebagai acuan yaa.

Kamu bisa menggunakan format Prota Promes di atas sebagai acuan yaa. Dan karena sekarang sudah akan memasuki Promes Genap maka tinggal kamu mengubah Kompetensi Dasar yang akan kamu berikan dan menyesuaikan pekan efektif yang ada. Atau kita juga punya contoh Prota Promes SD/MI Lengkap untuk tahun ajaran 2022/2023.

Nah itulah tadi formatnya, kamu bisa download Prota Promes SD/MI Kurikulum 2013 Tahun Ajaran 2022/2023 pada link yang sudah kami sertakan di atas. Tapi ingat kamu juga harus tetap menyesuaikan Prota dan Promes dengan keadaan yang ada di sekolah yaa.

Referensi :

  1. https://www.rumahbelajarsmart.com/2022/10/download-prota-promes-sd-tahun-2022-2023-full.html
  2. https://www.quipper.com/id/blog/info-guru/prota-promes/
  3. https://www.rumahbelajarsmart.com/2022/09/download-prota-promes-kelas-5-kurikulum-2013-tahun-pelajaran-2022-2023.html

 

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!