Cara Merawat Aglonema Kochin Rembulan

Hai pecinta tanaman hias, sudahkah kalian punya aglonema kochin rembulan? Aglonema kochin rembulan merupakan salah satu jenis kochin yang mempunyai kombinasi warna hijau tua dengan lapisan merah di tengahnya. Bentuk daunnya pun berbeda dengan jenis kochin lainnya yang cenderung oval, kochin rembulan mempunyai bentuk daun yang panjang, ramping, dengan ujung yang runcing dan lebih tinggi dari kebanyakan aglonema lain.

Untuk mempertahankan warna merah pada aglonema kochin rembulan tentu bukan perkara yang gampang. Ada serangkaian perawatan yang perlu kamu lakukan untuk mendapakan tanaman kochin yang sehat dengan warna yang menyala loh. Perawatan kochin tentu meliputi penyiraman, pemupukan, pemberian vitamin, asupan matahari dan sebagainya. Dengan perawatan yang tepat kamu akan bisa memperoleh aglonema kochin jenis apa saja menjadi lebih cantik dan sedap untuk dipandang.

Penanaman Aglonema Kochin Rembulan

Mereka yang menyukai aglonema terkhususnya aglonema kochin pasti senang untuk memperbanyaknya. Semakin banyak rumpun aglonema kochin rembulan tentu tampilannya juga akan semakin cantik dan mewah. Lalu bagaimana proses penanaman agloema kochin rembulan yang aman dan mudah?

  • Pilihlah Bibit yang Bagus

Pertama-tama temen-temen harus memilih bibit aglonema kochin rembulan yang sudah menjadi indukan. Terutama yang mempunyai lebih dari 5 daun, teknik ini dinamakan dengan potong pucuk. Kamu bisa menggunakan pisau atau gunting tanaman yang sudah steril. Jika memungkinkan sisakan satu atau dua daun pada indukannya. Tujuannya agar daun yang tumbuh tidak mengecil  dan berukuran sama seperti aglonema indukannya.

  • Menggunakan Media Tanam yang Tepat

Saat proses pembibitan usahakan kamu memakai media tanama yang tepat. Aglonema kochin sangat menyukai media tanam yang porous. Media tanaman yang porous terdiri dari sekam busuk atau hasil proses fermentasi, pupuk organik, pasir malang, pearlite, andam, sekam bakar, kokopit dan sebaainya.

Komposisi media taman yang sudah kami sebutkan akan menghasilkan unsur hara yang tepat. Diantaranya ada kandungan Nitrogen yang amat sangat untuk menjaga tanaman hias tetap sehat dengan warna yang memukau.

  • Proses Penanaman Aglonema Kochin Rembulan

Jika media tanam atau metan untuk aglonema kochin sudah siap maka selanjutnya kamu perlu memilih pot yang sebanding dengan ukuran akar dari tanaman kochin. Karena pot yang terlalu besar akan menyimpan air yang terlalu berlebihan untuk akar kochin. Oleh karena itu jika memang aglonema kochin kalian punya akar yang belum seberapa banyak, maka gunakan pot yang kecil misalnya ukuran 10. Sedangkan jika memang akarnya sudah tumbuh banyak maka kamu bisa menaikkan ukuran potnya sehingga tumbuh kembang kochin akan lebih maksimal.

Tips Merawat Aglonema Kochin Rembulan

Perawatan untuk aglonema kochin rembulan sebenarnya tidak jauh berbeda dengan aglonema-aglonema lainnya. Dimana tanaman hias tersebut butuh penyiraman yang rutin, pemupukan yang cukup dan mendapatkan sinar matahari yang cukup juga.

Berikut ini beberapa tips yang bisa kamu lakukan jika ingin mempunyai aglonema kochin rembulan berdaun lebat, akar utih dan gondrong, serta mudah untuk mengeluarkan tunas.

  • Penyiraman

Penyiraman aglonema kochin perlu untuk kamu lakukan  kurang lebih 3 hari sekali atau tergantung cuaca di daerahmu. Hanya saja maksimal penyiraman kamu lakukan seminggu sekali, jangan sampai lebih.

Aglonema itu bukannya tidak suka dengan air, pada dasarnya mereka suka air loh. Maka dari itu penyiraman harus kamu lakukan secara kocor. Tujuannya untuk mempebarui mineral air dan me-release residu sisa yang ada di media tanam. Dengan begitu akar bisa bernapas secara bebas dan pertumbuhannya pun akan semakin cepat. Kuncinya adalah gunakan media tanam yang porous sehingga media tanam tidak menyimpan air dalam waktu yang lama.

  • Pemupukan

Untuk pemupukan aglonema ini bisa kamu lakukan 2 minggu sekali atau sebulan sekali. Pupuk yang kamu berikan juga jangan berikan yang konsentrasinya tinggi, karena kebanyakan pupuk juga tidak bagus untuk aglonema.

Adapun pupuk dan vitamin aglonema yang bisa kamu berikan pada aglonema, cek disini. Kamu bisa memilih salah satu dari sekian banyak pupuk yang direkomendasikan untuk aglonema. Dan kamu juga bisa berganti-ganti pupuk, tujuannya agar nutrisi yang bisa didapatkan oleh aglonema juga lebih beragam.

  • Menjemur di Bawah Sinar Matahari

Aglonema jenis apapun juga membutuhkan sinar matahari pagi yang cukup. Penjemuran pun bisa kamu lakukan seminggu sekali dengan durasi waktu yang tidak seberapa lama. Karena biasanya jenis kochin kalau terkena sinar matahari yang terlalu lama akan jadi letoy. Jika pada aglonema kochin yang kamu punya letoy gara-gara sinar matahari, maka jangan panik. Cukup teduhkan aglonema kochin, maka selang beberapa waktu daunnya akan tegak kembali.

Selain itu usahakan menaruh aglonema juga tidak dibawah sinar matahari langsung, karena bisa membuat warna daunnya rusak dan terbakar. Oleh karena itu saya menyarankan alangkah baiknya untuk aglonema kamu simpan dibawah tempat yang berlapis paranet. Adanya paranet akan menghalangi sinar matahari yang berlebihan masuk ke lokasi tempat kamu merawat aglonema.

Jika aglonema yang kamu punya baik itu kochin rembulan atau jenis lainnya pada satu waktu terkena bakteri aliyas lonyot jangan panik yaa. Cukup kamu bersihkan atau potong daun yang lonyot dan berikan obat seperti Bactocyn, bubuk magic om Justin, antracol, anti-germent dan lain sebagainya. Selain itu sterilkan taman aglonema kalian dengan menggunakan bakterisida dan fungisida agar terbebas dari gangguan bakteri dan jamur.

Nah itulah tadi ulasana mengenai perawatan aglonema kochin rembulan yaa. Untuk harganya sendiri di tahun 2022 ini aglonema kochin rembulan bisa kamu beli di harga 160K hingga 200K tergantung size dan warnanya yaa teman-teman. Jika sudah kalian beli jangan lupa untuk memperbanyak agar kalian bisa menjualnya dan mendapatkan keuntungan lebih banyak.

Yuk lestarikan budidaya tanaman hias kochin rembulan selain cantik dan menarik dengan kita merawat berbagai tanaman hias aglonema juga bisa merefresh otak kita loh sehingga bisa lebih rileks disela-sela kesibukan yang padat.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!