Cara Menghindari Kecelakaan Lalu Lintas, Cek Disini!

Asuransi kecelakaan pada dasarnya sangat penting loh bagi mereka yang pekerjaannya lebih banyak di jalan raya. Karena hal tersebut bagian dari antisipasi yang harus kita siapkan jauh-jauh hari. Sehingga dapat meringankan pembiayaan apabila benar-benar terjadi kecelakaan.

Namun tetap yaa bukan berarti kita mengabaikan keselamatan berkendara meskipun sudah punya asuransi kecelakaan. Yang ada kita harus memastikan setiap kita berkendara keselamatan adalah hal pertama yang harus kita utamakan. Jangan sampai kamu lalai dan menimbulkan kecelakaan yang membahayakan nyawa kamu dan orang lain. Apalagi jika kamu suka berkendara dengan kecepatan di atas rata-rata, tentunya kewaspadaan saat berkendara dua kali lipat harus kamu perhatikan.

Beberapa Tips Menghindari Kecelakaan di Jalan

Kecelakaan lalu lintas sebenarnya bisa kita cegah ataupun minimalisir dengan menggunakan beberapa cara. Hal ini merupakan langkah preventif yang harus kamu tempuh demi selamat selam perjalanan:

  • Selalu Pakai Helm dan Seatbelt

Dua benda ini sangat penting dan bisa  berperan dalam memberikan perlindungan untuk tubuh kita. Jangan menyepelekan meskipun kamu hanya berkendara dalam jarak dekat. Kamu wajib menggunakan helm maupun seatbelt.

Jika kamu menggunakan helm tentu saja kamu bisa memberikan perlindungan lebih di area kepala. Mengingat otak adalah organ penting yang harus kita perhatikan keselamatannya. Dan jika kamu mengendarai mobil sebaiknya memang memakai seatbelt untuk menghindari benturan ke setir atau bagian depan tempat duduk kita.

  • Jangan Main HP Saat Berkendara

Ada banyak kasus kecelakaan karena pengendara yang mengendarai kendaraannya dengan bermain HP. Jikalau penting sebaiknya memang kamu menepi saja agar tidak mengganggu konsentrasi kamu saat berkendara. Baru nanti jika kamu sudah sampai tujuan atau menepi kamu bisa merespon notifikasi yang masuk ponsel kamu.

  • Selalu Memeriksa Kendaraan Sebelum Berangkat

Ketika kamu berangkat ada baiknya sebelum itu lakukan pemeriksaan kendaraan terlebih dahulu. Untuk setiap harinya kamu bisa memanasinya setiap pagi hari. Kemudian dalam lingkup yang lama sebaiknya rutinkan service ke bengkel guna pengecekan komponen maupun ganti atau sekedar jadwal ganti oli.

Hal ini tentu saja untuk menghindari kendaraan mogok di tengah jalan, dan akhirnya memicu terjadi kecelakaan yang tidak diinginkan.

  • Mengontrol Kecepatan Kendaraan

Saat berada di jalan raya sebaiknya memang gunakan kecepatan rata-rata saja, karena ketika kamu menggunakan kecepatan tinggi bisa menggangu pengguna jalan lain. Nah kamu bisa sesuaikan dengan undang-undang Permenhub No 11 tahun 2015 di pasal 3 menyatakan bahwa kecepatan paling rendah adalah 60 km/jam. Dan untuk kecepatan tinggi maksimal adalah 100 km/jam. Standard ini bisa berbeda tergantung dimana kamu berkendara apakah di area kecamatan, kabupaten, maupun perkotaan itu sendiri.

  • Tidak Membawa Banyak Barang

Ketika kamu berkendara sebaiknya memang tidak membawa banyak barang, bawa seperlunya saja. Karena jika kamu terlalu banyak membawa barang maka bahan bakar pun bisa menjadi lebih cepat habis.

Selain itu jika di mobil yang kamu pakai punyai roof racks maka sebaiknya jangan berkendara dengan kecepatan tinggi agar tidak membahayakan.

  • Kamu Harus Bisa Terlihat Oleh Pengendara Lain

Jika kamu berkendara sebaiknya memang pastikan bahwa kamu bisa terlihat oleh pengendara lain terutama saat malam hari. Lampu yang terlalu redup bisa membuat orang tidak melihat kamu sedang melaju sehingga daripada membahayakan sebaiknya ganti lampu kendaraan kamu agar bisa terlihat orang lain.

  • Berkendara Saat Sehat

Kondisi badan juga harus kamu pastikan dalam kondisi sehat dan prima serta terhindar dari posisi mengantuk. Sehingga bisa lebih berkonsentrasi ketika berada di jalanan baik yang sepi maupun ramai.

  • Selalu Jaga Jarak

Saat berkendara kamu juga harus menjaga jarak antara pengendara, karena jarak yang terlalu dekat bisa membahayakan keselamatan kamu dalam berkendara.

  • Jika Tidak Fit Maka Jangan Berkendara Malam Hari

Jangan memaksakan untuk berkendara di malam hari ketika kondisi kamu kurang sehat. Karena malam hari itu jarak pandang pendek dan kalau kamu sakit konsentrasi pun menurun sehingga membahayakan.

  • Mentaati Peraturan Dalam Berkendara

Saat berkendara baik dengan motor maupun mobil kamu harus mentaati peraturan dan rambu lalu lintas.

  • Buat Asuransi Kecelakaan

Asuransi kecelakaan adalah pilihan yang tepat untuk melindungi diri dari kemungkinan celaka di jalan. Dengan asuransi ini maka saat berkendara kamu pun lebih nyaman dan kamu bisa terhindar dari biaya pengobatan yang besar bila terjadi kecelakaan.

Demikian beberapa  cara melindungi diri dari kecelakaan lalu lintas. Ingat yaa kamu harus berkendara dengan hati-hati dan berlakukan safety riding. Jika kamu punya asuransi kecelakaan diri maka kamu bisa berkendara dengan lebih aman dan lebih tenang juga loh.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!