Cara Menanam Bonggol Aglonema Dengan Pasir Malang

Cara menanam bonggol aglonema apalagi yang tanpa akar pada dasarnya ada banyak macamnya. Ada mereka yang menanamnya di media tanam kokopit, ada yang menggunakan sekam busuk, ada yang pakai pasir malang, ada yang menggunakan sekam busuk campur sekam bakar, dan sebagainya. Semuanya punya kelebihan masing-masing, tetapi pada dasarnya semua bisa menumbuhkan akar. Hanya saja lama penumbuhan akar berbeda dan banyaknya akar yang tumbuh juga berbeda.

Kali ini kita akan belajar cara menanam bongol aglonema menggunakan media tanam satu bahan yaitu pasir malang. Media ini bisa kamu beli baik secara online di marketplace atau langsung ke toko yang menjual perlengkapan tanam menanam.

Asal Mula Pasir Malang

Sesuai dengan dugaanmu pasir malang memang merupakan pasir yang asalnya dari malang. Pasir ini merupakan sisa lahar gunung berapi, sehingga wajar apabila pasir ini kita kenal dengan pasir vulkanik.

Pasir malang mengandung beragam mineral penting, baik untuk porositas dan bisa membuat pH air menurun. Pada penelitian yang telah dilakukan pada pasir malang menunjukkan adanya kandungan karbon, magnesium, sodium, kalsium, besi, potassium dan sebagainya. Kandungan-kandungan tersebut sangat baik bagi tanaman termasuk aglonema yang sedang kamu rawat.

Apa Saja Jenis Pasir Malang?

Sebelum kita praktekkan secara langsung budidaya aglonema dengan pasir malang kita perlu terlebih dahulu tau apa saja jenis pasir malang yang ada di pasaran. Warna hitam adalah jenis pasir malang yang paling mudah kita jumpai di toko tanaman.

Selain warna hitam ada juga jenis pasir malang yang berwarna merah. Selain pada warna, pasir malang juga punya beberapa ukuran diameter. Ada yang kecil/halus dan ada yang besar/kasar, kamu nanti tinggal pilih sesuai dengan kebutuhanmu.

Sebelum kamu menggunakan pasir malang nantinya, ada baiknya memang cucilah terlebih dahulu. Gunanya untuk membersihkan pasir dari berbagai residu yang kurang menguntungkan bagi tanaman. Nah cucilah pasir malang dengan air bersih, kalau mau direndam dulu juga boleh dan bilas beberapa kali untuk memastikan pasir tersebut bersih dari kotoran.

Budidaya Aglonema Memakai Media Tanam Pasir Malang

Menggunakan pasir malang sebagai media kita budidaya aglonema sebenarnya cukup mudah yaa. Bahan yang kamu butuhkan juga sedikit, diantaranya pasir malang, wadah untuk proses penanaman, bonggol aglonema dan air.

Bonggol yang kamu gunakan pastikan sudah terbebas dari spot merah atau coklat, sudah kamu aplikasikan fungisida dan bakterisida dan merupakan bonggol yang sehat. Cara ini bisa kamu gunakan untuk bonggol aglonema yang tidak mempunyai akar yaa.

  • Masukkan pasir malang ke dalam wadah yang telah kamu siapkan setengah bagian.
  • Posisikan bonggol pada wadah tersebut sehingga bisa berdiri dengan tegak.
  • Kemudian tutupi dengan pasir malang kembali, usahakan bonggol tetap terlihat meskipun hanya sedikit.
  • Siram dengan air yang sudah kamu siapkan, wadah tidak perlu kamu lubangi. Untuk air cukup isikan setengah bagian wadah saja, tidak perlu sampai menenggelamkan pasir malang sepenuhnya.

Jika sudah letakkan wadah tersebut di tempat yang kering dan teduh yaa. Tunggu sampai dua bulan baru kamu bisa cek akar. Apabila ketika kamu cek air yang ada di wadah sudah habis kamu bisa menambahkan sedikit demi sedikit.

Jika akar putih sudah tumbuh dan sudah memanjang kamu bisa memindahkan aglonema ke media yang lebih banyak nutrisinya. Untuk aglonema yang masih baby usahakan berikan media yang lebih lembab. Yaitu dengan menambah konsistensi kokopit pada media tanam. Selain itu berikan pupuk khusus untuk aglonema baby agar tanaman hias tersebut bisa tumbuh daun baru dengan lebih cepat. Cara menanam bonggol aglonema dengan pasir malang memang cukup mudah, begitupun dengan media lain. So jangan berhenti bertanam aglonema, karena ini investasi yang sangat menyenangkan.

87 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!