Cara Menanam Aglonema Tanpa Akar Pakai Satu Media

Menanam aglonema tanpa akar ternyata bukan hal yang mustahil, bahkan bisa dengan cepat menumbuhkan tunas baru yang lebih dari satu. Kamu hanya membutuhkan waktu kurang lebih dua minggu untuk memunculkan tunas baru.

Nah kuncinya sebenarnya hanya di media tanam yang kamu gunakan loh. Tidak perlu banyak-banyak kamu hanya butuh satu media saja untuk bisa menumbuhkan tunas baru. Berdasarkan pengalaman saya dan beberapa referensi youtube, untuk menumbuhkan tunas baru kamu butuh media tanam berikut ini:

Media Tanam Untuk Aglonema Tanpa Akar

Secara umum, media tanam aglonema meliputi sekam fermentasi, sekam bakar, kokopit, andam, pasir malang, dan sebagainya. Dan terkadang meskipun sudah menggunakan media tanam yang sedemikian rupa tetap saja sulit untuk menumbuhkan tunas baru. Apalagi jika kamu menanamnya tanpa menggunakan akar, dimana akan ada dua kemungkinan yaitu tumbuhnya lama dan bisa juga lama-lama mati hehe.

Nah berikut ini ada media tanam yang bisa memunculkan tunas baru pada aglonema kamu yang tidak punya akar dan hanya membutuhkan waktu dua minggu saja loh. Memang media tanam ini jarang kita pergunakan untuk menanam aglonema tapi kamu patut untuk mencobanya.

Media Tanam Arang Dengan Teknik Hidroponik

Media tanam tersebut adalah arang yang telah terpotong persegi, tidak perlu besar-besar kamu cukup bikin seukuran dengan biji salak kemudian menanamnya memakai teknik hidroponik.

Dalam teknik hidroponik kita tau bahwa akar dari tumbuhan hias harus kita hilangkan, sehingga kamu bisa memotongnya baru setelah itu tanamlah menggunakan media arang tersebut. Agar bisa hidup dan cepat bertunas kamu membutuhkan perawatan yang sesuai.

Jika kamu membutuhkan satu bulan atau lebih untuk menumbuhkan tunas baru pada aglonema tanpa akar, maka dengan arang kamu hanya butuh kurang lebih dua minggu.

Arang ini juga bukan sembarang arang yaa, yang harus kamu gunakan adalah arang kayu. Pastikan kamu mencucinya dengan air yang dikocor pada arang tersebut untuk membebaskan arang dari kotoran sebelum kita gunakan sebagai media tanam. Nah berikut ini saran perawatan bagi aglonema tanpa akar yang baru ditanam.

  • Taruhlah di tempat yang bersih dan kering.
  • Jangan dipindah-pindah agar pertumbuhan akar aglonema lebih terfokus.
  • Jaga kelembabannya dengan selalu membasahi media tanam yang kamu gunakan. Bisa juga dengan kamu merendamnya pada air yang telah kamu berikan B1 atau atonik 6.0.
  • Tidak perlu untuk memberikan vitamin ataupun pupuk karena kamu baru menanamnya.
  • Cukup kamu olehkan root-up untuk mempercepat proses pertumbuhan akar aglonema pada sekitar batang aglonema. Tujuannya agar rangsangan dari root up bisa mempercepat pertumbuhan akar dari aglonema tanpa akar yang kamu tanam.

Nah bagaimana? Apakah kamu sudah pernah mencobanya? Jika belum cobalah di aglonema lokal yang banyak kamu punya dengan menggunakan metode ini. Menanam aglonema tanpa akar memang gampang-gampang susah tetapi kita harus terus mencoba dengan berbagai metode. Nanti barulah kita bisa menentukan mana yang bisa menghasilkan tunas baru lebih cepat dan lebih sehat, selamat mencoba.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!