Cara Buat Media Tanam Aglonema Siap Pakai, Simpel!

Media tanam aglonema siap pakai atau metan aglonema bisa dengan mudah kamu buat loh dengan bahan-bahan yang simpel. Daripada kamu nganggur di rumah, kamu bisa coba kegiatan baru sepeti merawat tanaman aglonema. Itung-itung me-refresh otak kita dengan tanaman dan juga investasi masa depan yang menguntungkan tentunya.

Media tanam aglonema bisa kamu buat dari bahan-bahan yang bisa kamu temukan dengan mudah di sekitar rumahmu loh. Bahkan bisa jadi kamu tidak perlu membelinya kalau kamu bisa mendapatkannya secara gratis.

Sembari kita akan mengenalkan kepada kalian metan atau media tanam aglonema kita juga akan belajar membuatnya yaa. Yuk simak terus artikel kali ini agar kamu bisa membuat media tanam yang cocok untuk aglonema yang kamu punya di rumah.

Bahan Media Tanam Aglonema Siap Pakai dan Cara Penggunaannya

Media tanam aglonema siap pakai terdiri dari berbagai bahan yang sudah melewati proses fermentasi atau pembusukan baik secara alami maupun dengan bantuan bakteri pembusuk.

Media tanam aglonema sebenarnya ada banyak, tidak harus kamu pakai semua yaa. Kamu bisa memadukan hanya 3 bahan, 4 bahan atau lengkap. Ini bisa tergantung dari ketersediaan bahan yang ada di dekatmu.

Nah sebagai penggemar aglonema membuat media tanam mandiri di rumah tentu akan sangat membantu dan tentunya bisa lebih menghemat pengeluaran. Sehingga alokasi dana untuk membelia media tanam aglonema siap pakai bisa dialokasikan untuk beli aglonema yang belum kamu punya. Berikut ini beberapa media tanam aglonema yang bisa kamu padukan atau pakai untuk merawat aglonema.

  • Sekam Padi Fermentasi

Pertama yang perlu kamu siapkan untuk media tanam adalah sekam padi yang terlah mengalami fermentasi. Seperti yang saya katakana tadi fermentasi atau pembusikan sekam padi bisa terjadi secara alami ataupun dengan bantuan bakteri pembusuk. Seperti EM4 dan juga Molase.

Nah cara buatnya mudah, sekam padi yang telah kamu ambil dari penggilingan padi rendam terlebih dahulu dengan menggunakan air bersih selama semalaman. Atau bisa juga dengan meggunakan air panas. Perendaman sekam padi bertujuan untuk melenturkan sekam dan memudahkan proses pembusukan atau fermentasi.

Jika kamu menggunakan EM 4 dan molase untuk proses pembusukannya, maka ingat takarannya. Untuk 7 liter air kamu bisa gunakan 3 tutup botol EM4 dan 3 sendok makan molase. Molase adalah tetes tebu murni, kamu bisa membelinya secara online apabila di tempatmu tidak ada. Molase juga bisa kamu ganti dengan gula di dapur yaa, takarannya pun sama 3 sendok makan untuk 7 liter air. Untuk pengaplikasiannya juga mudah. Tinggal kamu siapkan sekam 8 : 1 : 1, gunakan pot ukuran berapapun untuk menghasilkan perbandingan tersebut. Jika kamu bingung, simpelnya gini 8 bagian sekam padi pada pot ukuran berapun bisa kamu padukan dengan bahan lain 1 bagian.

Jika sudah maka langsung taruh larutan yang sudah kamu buat tadi di sprayer, lalu semprotkan sprayer tersebut ke sekam yang telah kamu siapkan secara merata. Untuk penyemprotan hanya sampai campuran sekam tersebut basah tetapi tidak sampai ada genangan larutan EM4 yaa.

Nah kenapa harus pakai sekam padi? Tujuannya untuk menghasilkan media tanam yang porous untuk aglonema kita yang cantik-cantik. Ingat yaa aglonema itu bukannya tidak suka air saat penyiraman tetapi mereka suka media yang sedikit menyimpan air untuk aglonema dewasa. Dan untuk aglonema baby mereka suka media yang lembab.

  • Sekam Padi Bakar

Bahan selanjutnya ada sekam padi yang telah melalui proses pembakaran maupun telah disangrai. Sekam bakar pada dasarnya bisa mengikat unsur hara yang kamu berikan untuk aglonema baik itu kimia maupun biologi. Selain itu penggunaan sekam bakar juga bisa meningkatkan porositas media tanam. Sekam bakar juga bisa memperbaiki derajat atau tingkat keasaman media tanam yang mana jika dibiarkan akan memicu tumbuhnya bakteri dan jamur. Dengan sekam bakar mereka akan mengikat dan menekan bakteri patogen yang ada di media tanam.

Nah sekam bakar yang harus kamu gunakan adalah satu bagian pot. Kamu bisa langsung memakainya ya tanpa difermentasi atau mencampurkannya di sekam yang akan difermentasi juga tidak masalah.

  • Cocopeat

Media tanam yang satu ini penting loh bagi aglonema kalian, kenapa? Karena media ini merupakan media dari bahan serbuk sabut buat kelapa. Dimana mempunyai kemampuan untuk menyerap air serta menyimpan air dengan baik.

Apabila kamu ingin menggunakannya untuk campuran media tanam aglonema ada baiknya kita fermentasi terlebih dahulu. Tujuannya untuk memperkaya unsur hara yang ada di cocopeat. Sebagai campuran kamu bisa menambahkan satu bagian pot untuk 8 takaran sekam padi.

  • Pakis Cacah

Selanjutnya ada pakis cacah, kamu bisa menggunakan antara yang cacahannya lembut dengan yang agak kasar yaa. Sifat dari cacahan pakis ini adalah porous, punya efek aerasi dan drainase yang cukup baik, punya tekstur lunak sehingga bisa menjadi tempat akar untuk berikatan.

Jangan lupa yaa sebelum menggunakan cacahan pakis untuk media tanam aglonema kamu harus mensterilisasinya terlebih dahulu. Tujuannya untuk menghindarkannya dari tumbuhnya jamur ataupun bakteri. Caranya bisa dengan kamu cuci bersih lalu kamu jemur di bawah sinar matahari. Kamu juga bisa mengikutkannya di proses fermentasi untuk tambahan unsur harus yang lebih beragam lagi.

  • Pupuk Organik atau Kompos

Untuk pupuk organik atau kompos kamu juga bisa langsung membelinya di toko tanaman atau membuatnya sendiri. Pupuk organic tentunya berasal dari bahan limbah organic diantaranya seperti jerami, sekam padi, dedaunan, rumput maupun sampah rumah tangga.

Tujuan pemakaiannya adalah untuk menyuburkan media tanam dan memenuhi kebutuhan unsur hara baik secara fisik, kimiawi maupun biologi yaa. Selain itu juga bisa mengefisienkan proses absorbsi Nitrogen yang penting bagi aglonema.

Jangan lupa pilih yang sudah lapuk sempurna, tandanya adalah warnanya hitam kecoklatan, bau tanah humus, mempunyai temperatu ruang, kadar air rendah dan sebagainya.

  • Pasir Malang

Pasir malang merupakan media tanam yang porous sehingga bagus untuk campuran aglonema. Meskipun sedikit unsur haranya tetapi berguna untuk tumbuh kembang akar. Pasir malang merupakan pasir yang asalnya dari letusan gunung berapi sehingga tentu berbeda dengan pasir yang kamu gunakan untu bahan banguna yaa.

Pastikan untuk memilih diameter pasir malang yang tidak terlalu kecil dan terlalu besar yaa. Pilih yang diameternya lebih besar daripada tanah.

  • Cacahan Kaliandra

Cacahan kaliandra merupakan humus yang berasal dari dedaunan jenis tanaman kaliandra. Media tanam ini sangat banyak nutrisinya dan sebagai pelengkap unsur hara yang ada di media tanam.

Jangan lupa sebelum menggunakan cacahan kaliandra kalian harus melewati proses fermentasi terlebih dahulu. Setelah fermentasi selama kurang lebih satu bulan kamu bisa menggunakannya. Namun sebelumnya pastikan kamu sudah menyemprotkan fungisida dan bakterisida untuk memelihara media tanam ini dari jamur dan bakteri.

  • Andam

Media tanam andam merupakan media tanam yang berasal dari dedaunan terutama daun bamboo. Mempunyai nutrisi dan unsur hara yang bisa menyehatkan aglonema sehingga wajib ada di campuran media tanam aglonema. Andam juga termasuk pada media tanam yang kelembabannya tinggi tetapi juga porous.

  • Pearlite dan Pumis

Agar media tanam yang kamu buat semakin porous kamu bisa menambahkan batuan perlit dan juga pumis yaa. Merupakan batuan vulkanik yang bagus apabila kamu pakai untuk tanaman aglonema. Kandungan mineralnya bagus untuk tumbuh kembang aglonema yang kamu rawat.

Untuk sekam padi, sekam bakar, pakis, cocopeat, pupuk organic, andam, kaliandra, dan sebagainya selain bebatuan bisa kamu fermentasi terlebih dahulu selama satu bulan menggunakan EM 4 dan molase. Setelah satu bulan bukalah wadah media tanam tersebut jika sudah berbau humus maka media tersebut sudah siap kamu gunakan. Jika belum tunggu seminggu lagi dan bukalah jika sudah berubah baunya menjadi bau humus maka sudah bisa kamu pakai.

Media tanam aglonema siap pakai selain buatan sendiri kamu juga bisa membelinya yaa. Sekarang mudah kok cara untuk mendapatkannya, kamu bisa membelinya secara online di Aglonema Murah Sidoarjo. Bukan hanya media tanam aglonema siap pakai saja yang mereka jual tetapi juga banyak tanaman aglonema harga ekonomis yang bisa kamu beli dan pilih pilih disana.

One Comment

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!