Belanja Material di Toko Bangunan Online Ala Milenial, Ini Tipsnya!

Toko bangunan online adalah salah satu bukti perkembangan teknologi digital yang sangat menguntungkan bagi siapa saja, khususnya milenial. Kenapa? Karena sudah banyak yang tau generasi sekarang menyukai hal yang serba praktis meskipun tidak mengenyampingkan nilai estetik dan kegunaannya. Termasuk usaha mereka dalam membangun rumah sendiri.

Yaapp sudah saatnya generasi milenial mewujudkan rumah impian mereka. Sesuai dengan karakter mereka yaa dan banyak juga survei menyatakan mereka menyukai rumah minimalis sederhana tetapi tetap fungsional. Untuk mewujudkannya tentu banyak hal yang harus mereka pertimbangkan dari mulai budget, desain, lokasi, dan waktu yang mereka perlukan.

Disinilah toko bangunan online bisa mereka manfaatkan, baik itu untuk checking harga, mengetahui trend material saat ini, dan pastinya mempermudah mereka memenuhi kebutuhan material. Nah untuk membantu kalian mewujudkan rumah minimalis ala milenial, disini saya akan berikan beberapa inspirasi dan tips yang pastinya kalian butuhkan.

Trend Inspirasi dan Gaya Desain Rumah Milenial

Karakteristik generasi milenial yang paling terlihat adalah mereka suka eksis, simpel, sederhana, praktis dan fungsional. Nah hal ini bisa kita lihat dari beberapa rumah minimalis sederhana yang mereka bangun, dari rumah yang sudah ada tersebut kalian bisa jadikan inspirasi desain rumah kalian nantinya. Berikut ini beberapa trend yang berkembang di kalangan millennial ketika membuat rumah.

·       Punya Ruang Terbuka

Generasi milenial merupakan generasi yang suka berkumpul, makanya kenapa rumah mereka harus punya ruangan terbuka untuk menampung banyak teman mereka. Selain itu ruangan yang terbuka juga dinilai lebih efisien dan memudahkan sirkulasi udara serta mobilitas di dalam rumah itu sendiri.

·       Rumah Minimalis Sederhana

Yang kedua mereka suka yang punya kesan praktis dan berfungsi maksimal. Sehingga rumah yang mereka buat akan berukuran minimalis tapi terlihat lapang dan tetap sederhana. Meskipun begitu mereka tetap akan memaksimalkan fungsinya, baik dari segi desain dan teknologi yang ada di dalamnya.

·       Smart House

Bersambung dari trend sebelumnya millennial juga suka loh smart house system. Yang mana mereka akan berusaha menggunakan kecanggihan teknologi untuk mempermdah hidup mereka. Karena tidak bisa kita pungkiri, generasi ini punya kesibukan tingkat tinggi dan mobilitas yang tinggi pula. Sehingga kalau bisa punya smart house dengan efesiensi tinggi kenapa engga?

·       Punya Konsep Penghijauan

Selain itu rumah yang mereka punya juga harus ada sentuhan penghijauannya. Tujuannya agar mereka stress release di rumah setelah seharian bekerja di luar ruangan. Atau bisa juga konsep ini menjagi spot yang menenangkan untuk bersantai di waktu istirahat.

·       Menjauh Dari Tengah Kota

Milenial juga cenderung lebih banyak yang suka hunian yang jauh dari tengah kota, khususnya rumah yaa. Beda lagi dengan apartemen yang pasti mereka akan pilih yang ada di tengah kota. Karena sejatinya mereka juga makhluk yang butuh keseimbangan hidup, dan di rumahlah mereka bisa berkumpul dengan keluarga dan jauh dari keramaian.

·       Punya Orientasi Ukuran dan Lebih Urban

Menyambung dari point sebelumnya, meskipun jauh dari tengah kota mereka juga tidak mau kalau tinggal berdesakan. Jadi rumah mereka tetap akan bergaya minimalis, di tepian kota, dan dengan ukuran halaman yang cukup untuk mereka berkegiatan sosial. Dan jangan lupa mereka juga menganut prinsip hemat energi, efisien dan yang pasti murah juga.

·       Memilih Material dan Fitur yang Alami

Generasi ini juga lebih cenderung memilih material yang mempunyai warna earth tone atau warna alami. Entah warna kayu, industrial type, dan berbagai hal yang terlihat unfinished. Oleh karena itu dengan berburu material di toko bangunan online akan sangat memberi mereka kemudahan dalam memilih.

·       Keramik Kembali Ngetrend

Millennial juga lebih menyukai keramik-keramik subway baik untuk lantai atau tembok mereka. Atau bahkan banyak dari mereka juga menyukai lantai motif cor-coran. Biarpun rumah mereka suka yang minimalis tetapi untuk bagian interior, furnishing, dan kelengkapan lainnya mereka menyukai yang modern dengan teknologi smart living tentunya.

·       Dapur Mewah

Mewah disini dalam artian peralatan dapur dan teknologi yang digunakan yaa. Dimana sudah pasti menggunakan teknologi paling canggih bahkan melebihi peralatan yang ada di restaurant. Alasannya karena mereka ingin menciptakan suasana paling nyaman untuk mereka dan orang terdekat mereka. Termasuk mengembangkan skill memasak mereka di dapur.

·       Menggunakan Fitur Rumah Ramah Lingkungan

Banyak penelitian menunjukkan bahwa mereka rata-rata bisa menghemat hingga puluhan juta karena menggunakan fitur rumah yang ramah lingkungan. Misalnya memilih cat tembok yang bebas racun, listrik hemat energi dan sebagainya.

·       Perawatannya Murah

Rumah milenial juga terkenal mudah perawatannya karena desainnya yang memang berpatokan pada waktu, energi dan biaya. Sehingga sudah jaminan pasti perawatannya memudahkan mereka.

·       Konsep Memaksimalkan energi

Dan tak lupa mereka juga berusaha untuk memaksimalkan energi di sekitar mereka. Diantaranya rumah mereka menggunakan panel surya, menciptakan area tanam sendiri untuk sayuran di rumah dan lain sebagainya.

Tips Bangun Rumah Minimalis Ala Milenial Low Budget

Setelah berbicara soal trend rumah millennial di 2023, nah berikut ini beberapa tips yang bisa saya berikan untuk kalian yang akan membangun rumah sendiri.

·       Menyiapkan Tabungan Rumah

Secara umum gaji generasi milenial rata-rata adalah lebih dari 5 jutaan dan bisa lebih dari itu tergantung pekerjaan. Dengan gaji tersebut tentu saja kamu harus punya rancangan keuangan yang sistematis agar bisa menabung dengan jumlah yang besar. Karena tidak bisa kita pungkiri harga rumah bisa mencapai ratusan juta paling murah.

Ada baiknya memang selain dari gaji pokok kamu juga punya gaji tambahan dari pekerjaan freelance. Misalnya jadi influencer, join affiliate berbagai aplikasi dan sebagainya untuk bisa menambah tabungan secara cepat.

·       Buatlah Konsep Intinya

Pertama kalau kamu mau bangun rumah maka banyak-banyak baca menyimak desain rumah minimalis dengan konsepnya, baca artikel interior desain, pokoknya kumpulkan banyak desain. Kemudian sortir mana desain atau konsep yang kamu mau ada di rumahmu. Setelah itu bawalah ke arsitek agar mereka bisa membuatkan gambaran yang sesuai.

Fokuslah pada hal-hal yang pokok, seperti konsep ruang keluarga, ruang tidur, kamar mandi dan dapur. Terapkan konsep minimalis yang kamu inginkan untuk hasil yang lebih maksimal.

·       Bertahap dan Tidak Memaksakan

Di toko bangunan online ada banyak material yang bisa kamu pilih dengan beragam harga dan konsep. Nah dalam pembangunan rumah sebaiknya lakukan pembelian bertahap saja untuk meringankan. Apalagi jika itu menyangkut interior dan furnishing, sesuaikan dengan budget saja agar rumah impian tetap maksimal.

·       Beli Material Bertahap

Ada baiknya juga pembeliah material juga kamu lakukan secara bertahap. Baik itu membeli pasir, semen, batu bata, besi, dan sebagainya. Pembelian jauh-jauh hari akan lebih memudahkan daripada harus dalam satu waktu. Oleh karena itu nanti cari toko bangunan online yang bisa bayar terlebih dahulu meskipun pengerjaan masih lama.

·       Memilih Furniture dan Interior Multifungsi

Kamu juga harus menerapkan prinsip multifungsi, jika lahan bangunan minimalis maka untuk storage kamu bisa memanfaatkan berbagai lokasi. Misalnya di sela-sela tangga ataupun di bawah tangga.

Untuk hal ini sebaiknya diskusikan betul dengan arsitek dan pihak kontruksi bangunan agar lebih maksimal hasilnya.

·       Belanja di Toko Bangunan Online

Agar lebih mudah memang kamu harus belanja di toko bangunan online yang terpercaya. Dimana kamu juga bisa langsung membandingkan beberapa harga pada pilihan yang ada. Cek merek dan spesifikasi agar bisa membuat rancangan budget yang sesuai. Dan enaknya lagi kalau belanja secara online adalah barang sudah bisa langsung di antar sampai tujuan sehingga lebih efisien.

Tips Belanja Material di Toko Bangunan Online

Nah setelah kamu tau desain rumah dan budget yang kamu butuhkan untuk membangun rumah yang nyaman, sekarang kamu harus pintar-pintar belanja material. Di toko bangunan online sebenarnya telah menjual hamper semua kebutuhan pembangunan rumah. Tapi kamu harus tetap belanja dengan sistematis, jangan sampai belanja material secara online membuat kamu lebih boros.

·       Cek Track Record Toko Bangunan

Pertama kamu harus memastikan kalau toko  bangunan online yang kamu pilih bisa dipercaya. Dalam artian mereka menjual berbagai material yang berkualitas dan terbukti dengan proyek yang sudah mereka dapatkan.

Toko bangunan yang bagus bisa kamu nilai dari segi kelengkapan barang, pelayanan dari Customer Service, platformnya mudah di akses atau tidak, dan memberikan penjelasan detail soal kuantitas barang yang mereka jual.

·       Keamanan Bertransaksi

Yang kedua pertimbangkan juga keamanan transaksi yang kalian lakukan, mengingat ini adalah uang besar yang kamu transaksikan. Pastikan kamu memahami alur pembayaran yang diberlakukan di toko tersebut. Karena bisa jadi mereka menggunakan rekening bersama atau penampungan untuk menampung uang yang kalian bayarkan. Baru setelah itu disalurkan ke penjual dan penjual mengirimkan barang yang sudah kamu pesan.

·       Cek Jaminan Kualitas Barang

Karena kita melakukan pembelian secara virtual tentu kita harus lebih berhati-hati. Jangan sampai barang yang kamu dapatkan kualitasnya di bawah tidak sesuai dengan pilihanmu. Kemudian cari juga toko yang memberikan garansi uang kembali apabila barang yang kamu pesan tidak sesuai dengan pilihanmu.

·       Cek Fleksibilitas dari Kuantitas Barang

Sebelum membeli pastikan dulu apakah toko tersebut punya persyaratan harus membeli dalam jumlah banyak baru bisa check out. Atau bisa beli dengan kuantitas yang kamu butuhkan. Karena kalau kamu butuh tidak terlalu banyak tetapi diharuskan membeli banyak maka kamu rugi.

Oleh karena itu cari toko bangunan online yang mempunyai kebijakan fleksibel terhadap kuantitas barang yang dibeli.

·       Cocokkan Harga Offline dan Online

Jangan lupa untuk selalu membandingkan harga material 2023 yaa baik yang offline maupun online. Pilih harga yang paling masuk akal sesuai dengan kualitas dan kuantitas material yang kamu beli.

Dengan mengetahui harga material sebelum membeli maka kamu akan bisa membuat anggaran pembangunan rumah minimalis sederhana yang kamu impikan.

Itulah tadi seputar pembangunan rumah minimalis ala milenial yang bisa kamu terapkan. Kamu juga bisa mempertimbangkan dari sekian banyak trend hunian milenial 2023 dan menyesuaikannya dengan anggaran yang kamu punya. Dan agar lebih mudah kamu bisa belanja material di toko bangunan online dengan harga yang kompetitif dan barang yang lengkap.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!