9 Macam Kecerdasan Anak Dan Cara Tepat untuk Mengoptimalkannya

 

Kecerdasan anak dan cara mengoptimalnya .Untuk menilai kecerdasan anak, umumnya kita hanya mengandalkan skor standar semacam tes IQ. Padahal, jika skor itu yangbdijadikan patokan makan akan ada label anak bodoh dan anak cerdas. Sedangkan faktanya, semua anak itu cerdas meski dengan kecerdasan yang berbeda. Artinya, jenis kecerdasan itu beragam.

Menurut Dr Howard dalam teorinya tentang kecerdasan majemuk, kecerdasan dibagi menjadi 8 jenis. Tiap anak dapat menguasai seluruh jenis kecerdasan tersebut. Tapi, ada juga anak yang cuma condong di satu-dua kecerdasan tertentu. Orangtua tak boleh memaksa si anak menguasai semua bidang. Yang bisa dilakukan adalah membantu anak dalam pengoptimalan semua potensinya di tiap jenis kecerdasan.

Sebagai gambarannya, anda bisa membaca detail penjelasan di bawah terkait jenis kecerdasan dan juga cara terbaik untuk mengembangkannya.

9 Macam Kecerdasan Anak Dan Cara Tepat untuk Mengoptimalkannya

Kecerdasan linguistik

Kecerdasan ini berhubungan dengan baik buruknya kemampuan berbahasa si anak entah berupa tulisan ataupun oral (berbicara). Untuk mengenali kecerdasan ini, anda bisa menganati dari segi hobi membacanya, apakah kemampuan mengejanya cepat dan baik, suka berbicara, suka menulis, ataupun mendengarkan cerita. Untuk mengupayakan optimalnya kecerdasan dalam bidang ini, anda dapat mengajak si kecil untuk aktif berbicara atau bercerita, membacakan anak sebuah dongeng, atau sekedar dialog berdua.

Kecerdasan matematis

Saat anak menyukai dengan sesuatu yang berbau angka, bisa dipastikan si anak bagus dalam bidang matematika atau logika, sains, ataupun lainnya terkait logika. Upaya untuk mengasahnya juga bergama, misalnya, memberikan anak alat berhitung, benda-benda lucu yang bisa dihitung, puzzle, balok dengan tulisan angka, ataupun timbangan mainan untuk belajar mengukur suatu berat benda.

Self smart (intrapersonal)

Tipe ini biasanya ditandai dengan adanya ambisi besar si anak dan tahu kelak ingin menjadi apa. Percaya dirinya juga sangat tinggi dan bagus. Namun, anak lebih memilih bermain sendiri. Meski demikian, anak dapat mengutarakan apa yang disarasakan dengan sangat baik. Jika tampak seperti ini, anda dapat berbicara dengan anak saat quality time dan memancingnya untuk selalu mengekspresikan perasaan dan pendapatnya.

Interpersonal

Tipe ini tentu berbeda dengan self smart atau intrapersonal yang mana anak cenderung suka bermain saat banyak temannya. Biasanya, anak ini lebih menonjol saat berkumpul temamnnya sehingga lebih sering memimpin lainnya. Selain itu, emoatinya tinggi dan paham akan perasaan teman lain.

Kecerdasan musikal

Ciri anak tipe ini yakni suka musik, bernyanyi, menari, dan memainkan alat musik. Orangtua bisa mendukungnya dengan memfasilitasi mainan berupa alat musik atau mengajak bernyanyi setiap harinya. Bila perlu, ajaklah nonton saat ada acara pertunjukan musik anak tertentu.

Kecerdasan spasial

Anak ini akan cenderung menyukai seni, menggambar, mewarnai, atau sekedar mencoret kertas sesukanya. Anda bisa memberikan perlengkapan yang mendukung minatnya seperti pensil warna dan lainnya. Jika memungkinkan, ajak juga ke museum seni untuk memperluas wawasan.

Kecerdasan kinetik

Si anak dengan kecerdasan ini sangat aktif dan beraktifitas dengan melibatkan semua anggota badannya seperti berolahraga dan lainnya. Maka, anda bisa mengajaknya untuk selalu aktif seperti membuat prakarya, lari pagi, dan lainnya yang menyangkut kegiatan fisik.

Kecerdasan naturalis

Seperti namanya, anak cenderyng menyukai kegiatan dan apapun berbau alam. Anak sabgat suka tanaman dan binatang. Maka, anda bisa memberinya akuarium, binatang pekiharaan, atau mengajaknya berkebun.

Kecerdasan moral

Kecerdasan ini sangat penting dalam kehidupan dan sebenarnya harus dikuasai setiap anak. Ajarkan anak untuk mengerti bahwa lingkungan juga mempunyai tuntutan, ajarkan mana yang buruk dan baik. Anak akan paham dan menerapkannya di kehidupan hingga kelak.

Nah, sebelum mengasah semua kecerdasan ini, apakah anda sudah bisa mengidentifikasi kecerdasan anak anda menonjol dalam bidang apa?

 

 

One Comment

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!