7 Tips Untuk mangatasi karakter siswa yang beragam Agar Proses Belajar Berhasil

Untuk mencapai keberhasilan dalam mendidik siswa baik akademik maupun non akademik, sebagai pendidik kita harus memiliki strategi dalam mengatasi keberagaman di sekolah . Karena hal itu merupakan bagian dari strategi agar kita berhasil sesuai dengan tujuan.

Tentu tidak bisa dipungkiri karakter masing masing siswa itu berbeda satu sama lain, kenapa demikian? itu bisa disebabkan oleh latar belakang keluarga, tempat tinggal siswa sendiri, dan juga lingkungan dari siswa tersebutlah yang membentuk prilaku sehari hari.Nah dengan demikian sebagai seorang pengajar ada yang harus diperhatikan Tips mengatasi karakter siswa yang beragam yakni

 

Kepribadian Siswa

Pribadi masing masing siswa tentu berbeda, untuk itu seorang pengajar wajib memahami untuk mengetahui karakteristik siswa. Dalam hal ini memang tidaklah mudah butuh waktu untuk bisa mengenal kepribadian siswa, entah itu melalui saat berintaraksi belajar mengajar, ataupun dalam hal lain yakni saat ada kegiatan sekolah yang di ikuti. Beberapa data atau rekam informasi dari orang tua, atau teman sejawatnya tidaklah cukup, namun seorang guru secara nurani tentu akan memahami saat berinteraksi dengan siswa dengan sendirinya tau karakter siswa yang beragam .

Dengan begitu akan ada solusi ketika menemui masalah dalam belajar, dengan mempertimbangkan kepribadian siswa sehingga dapat mencapai tujuan yang baik.

Buat Suasana dikelas yang menyenangkan

Memang tidak semua guru memiliki strategi yang sama dalam mengelola kelas, namun guru yang kreatif , dan inovatif tentu akan mempunyai banyak cara agar siswa krasan dan senang di dalam kelas, tentu saat menerima pelajaran. Dan yang terpenting bisa menguasai kelas sehingga tujuan pembelajaran bisa tercapai. Pengajar bisa menggunakan banyak strategi, pandai pandai menciptakan suasana kelas yang nyaman, dan terpenting anak tidak cepat bosan.

Ciptakan Pembelajaran layaknya fragmen yang menarik

JIka sudah mengetahui bahwa siswa yang belajar itu beragam , agar pembelajaran berhasil tentu seorang pengajar harus beusaha memberikan suasana yang nyaman, dengan memberikan kesempatan mereka untuk belajar sendiri sesuai dengan cara mereka sendiri.

Hal ini dengan tujuan agar siswa berhasil dalam mencapai tujuan sebagaimana yang diharapkan, Disini guru harus menerapkan strategi supaya siswa bisa menunjukan kemampuan yang dimilikinya.

Menjadikan pembelajaran layaknya fragmen fragmen kecil , contohnya dalam pembelajaran tidak berfikus pada tujuan utama saja, disalamnya kasih ceramah, kasih permainan, kasih mengerjakan soal soal dalam bentuk kelompok, mandiri dan buat belajar menjadi menyenangkan.

Perlakukan siswa dalam belajar secara adil

Sebagai seorang guru dalam mengajar kita tidak boleh membeda mbedakan antara siswa yang satu dengan yang lain, pengajar harus bisa bersikap adil sehingga akan tercipta rasa yang sama. Tidak ada istilah dia anaknya siapa, rumahnya dimana, namun lebih ke tujuan utama yakni memberikan hal yang terbaik kepada semua siswa tanpa memandang satu sama lain dalam hal perlakuan.

Metode Pembelajaran yang Tepat

Dalam mengajar seorang guru harus memiliki metode pembelajaran yang tepat demi keberhasilan belajar. Hal ini wajib dipahami oleh setiap pengajar. terlebih kemampuan siswa dalam memahami pelajaran itu berbeda, hal ini disebabkan karena cara berfikir masing masing siswa juga berbeda. Untuk Itu guru harus bisa mencari cara yang tepat untuk keberhasilan belajar.

Komunikasi yang baik dengan siswa

INteraksi dengan siswa yang beragam diperlukannya komunikasi yang baik, agar pengajar bisa mengawasi siswa satu dan yang lainnya. Dengan demikian akan terjalin hubungan seperti orang tua terhadap anaknya. Anadanya komunikasi yang baik tentu akan mempermudah saat menyelesaikan masalah dalam belajar. Dan tentunya siswa tidak canggung ketika mengalami ksulitan dalam belajar.

Kondisikan Belajar Yang Nyaman

Belajar yang nyaman akan membuat pengajar dan siswa menjadi semakin bersemangat dalam melakukan proses belajar. Dan saat menyampaikan materi akan mudah diterima oleh siswa dengan baik. Tentu hal ini butuh untuk dikondisikan agar tercipta suasana yang nyaman.Guru bisa membuat suasana menjadi nyaman dengan membuat ruang kelas menarik, dan memastikan strategi pembelajaran yang menarik pula.

Nah demikian 7 tips untuk mengatasi karakter siswa yang beragam , agar tercapainya tujuan pembelajaran yang baik, tentu bukan nilai saja tujuan utamanya, melainkan terbentuknya akhlak yang baik sebagaimana harapan bersama. Semoga tulisan ini bermanfaat bagi semua terutama untuk pengajar.

 

 

 

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!