7 Daftar Makanan Favorit Ketika Musim Hujan

Makanan favorit siapa saja saat musim hujan tiba pastilah yang berkuah dan hangat ketika disantap. Dari sekian banyak makanan Indonesia yang berkuah tentunya ada yang paling favorit dan banyak dikonsumsi oleh masyarakat di sekitar kita.

Makanan favorit musim hujan ada dari mulai camilan hingga makanan berat yang lezat. Namun berikut ini beberapa daftar makanan yang memang banyak orang menyukai ketika musim dingin atau musin hujan di daerahnya.

Ragam Makanan yang Pas Saat Musim Hujan

Makanan pada dasarnya bisa membuat suhu tubuh kita menjadi lebih stabil. Hal tersebut karena adanya rempah tertentu di dalam makanan tersebut dan kuah yang hangat, yang mana bisa membuat tubuh menjadi lebih nyaman dan terhindar dari daya tahan tubuh yang turun.

Menjelang musim hujan seperti ini, baiknya kita sudah harus mempersiapkan tubuh kita dengan mengkonsumsi makanan yang sehat dan bisa membuat tubuh nyaman. Berikut beberapa pilihan makanan yang bisa kamu pilih ketika menghadapi musim hujan.

·        Soto

Di Indonesia kita bisa menemukan berbagai resep atau racikan bumbu soto. Sehingga kalian bisa menyesuaikan resp yang kalian sukai. Untuk topingnya kalian juga bisa menambahkan tauge, bihun, irisan daun bawang, bawang goring, koya dan sebagainya. Sebagai lauk kalian bisa memilih tambahan ayam, daging sapi, ati ampela sapi dan sebagainya. Soto mempunyai rasa gurih, lezat, dengan perasan jeruk nipis. Dan lebih enak lagi ketika akan kamu makan kuah sotonya dalam kondisi hangat. Serta setiap makan kamu juga bisa sambil makan kerupuk yaa agar kombinasinya semakin lengkap.

·        Tekwan

Pernahkah ibumu di rumah memasak tekwan, jika belum maka kalian bisa mencobanya. Tekwan akan banyak kamu jumpai sebagai makanan khas Palembang. Makanan berkuah seperti bakso satu ini juga bisa jadi makanan yang pas ketika musim penghujan.

Bedanya dengan bakso kebanyakan adalah tekwan berbahan dasar daging ikan dengan campuran tepung sagu, kemudian berpadu dengan kuah udang. Sebagai toping kamu bisa menambahkan sohun, lalu jamur kuping dan juga bengkoang.

·        Mie Kuah

Mie juga bisa menjadi salah satu menu andalan ketika musim penghujan dan kamu butuh asupan selain nasi. Mie ini bisa kalian kreasikan sendiri, namun secara umum bumbu yang biasa kalian butuhkan adalah bawang merah dan bawah putih serta garam. Sisanya kalian bisa menyesuaikan selesai entah itu menambah lada dan cabe, saos, kecap dan sebagainya. Untuk isiannya selain mie kalian bisa menambahkan telur, sayuran, daging sapi atau ayam, jamur, sosis, bakso dan sebagainya.

·        Sop Kambing

Selanjutnya ada menu sop kambing yang juga menjadi makanan favorit ketika musim penghujan. Sesuai dengan namanya isian dari makanan ini adalah daging kambing, sayur tomat, seledri, kemudian menggunakan kuah kuning. Kuahnya bisa kalian bikin seperti racikan sop dengan tambahan jahe, kemiri dan daun jeruk. Setelah kamu mengkonsumsi ini, saya pastikan tubuh akan menjadi lebih hangat dan berenergi. Hal tersebut karena ada rempah seperti jahe dan paduan lainnya dan tersaji secara hangat. Kamu bisa menambahkan nasi agar lebih kenyang ketika memakannya.

·        Sup Ayam

Selain menu di atas juga ada menu sup ayam yang bisa kalian tambahkan yaa ke daftar menu musim penghujan kalian. Membuatnya pun sangat mudah, apalagi jika kalian sudah punya kaldu yang mana akan membuah kuah sup menjadi lebih gurih. Saat membuah sup ayam kalian bisa menambahkan sayur seperti wortel dan daun bawang agar bertambah kelezatannya.

Nah usahakan ayam yang kamu beli adalah ayam kampong sehingga kandungan nutrisi akan jauh lebih baik. Baik itu kelengkapan vitamin yang ada di dalamnya, protein, mineral dan sebagainya.

·        Bakso

Untuk makanan satu ini selain membuat sendiri kalian juga pastinya sudah punya langganan sendiri dong yang jual bakso. Nah kalian bisa mengkonsumsinya ketika hujan turun, karena rasanya pasti jauh lebih lezat dan pas dengan cuaca yang ada.

·        Sayur Berkuah

Selain beberapa makanan yang ada di atas, kalian juga tetap bisa memasak makanan berkuah lainnya. Yang mana enak, bisa menghangatkan tubuh dan sehat tentunya. Diantaranya ada sayur sop, asem, rawon, dan sebagainya. Anda bisa mendapatkan info makanan yang lebih banyak di kota kuliner 

Nah itulah tadi ragam makanan favorit yang bisa kalian masak ketika musim penghujan. Untuk resepnya kita akan berikan berikan kepada kalian di lain waktu atau kalian bisa mengikuti resep warisan orangtua kalian untuk rasa yang lebih otentik. So tetap jaga kesehatan meskipun hujan dengan memakan makanan yang sehat dan bisa membuat hangat tubuh.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!