6 Teknik Mengetik dengan Cepat yang Perlu Diketahui

Teknik Mengetik dengan cepat.Bekerja di depan laptop memang salah satu pekerjaan yang membutuhkan style khusus. Salah satunya adalah kemampuan mengetik. Sebagaimana diketahui, bahwa mengetik membutuhkan kemampuan khusus dalam mengendalikan jari tangan. 

Teknik mengetik dapat menjadi cara tersendiri bagi anda untuk menyalurkan hobi menulis yang anda miliki. Teknik mengetik dengan baik, tentunya dapat membantu anda untuk menghemat waktu. Anda dapat memanfaatkan waktu yang tersisa untuk pekerjaan lainnya. 

Mengetik dengan cepat ternyata memiliki teknik khusus, untuk lebih jelasnya simak uraian berikut:

6 Teknik mengetik dengan cepat yang Perlu Diketahui

1. Bekerja di Ruang Kerja

Teknik mengetik dengan cepat yang pertama yaitu dengan bekerja di ruang kerja. Suasana kerja juga mempengaruhi kegiatan mengetik yang anda lakukan. Coba bandingkan, ketika anda mengetik di kamar dengan mengetik di ruang keja. Sudah pasti anda akan nyaman dan memilih untuk mengetik di ruang kerja. Untuk itu, siapkan ruang kerja senyaman mungkin.

2. Perbaiki Cara Duduk

Posisi tubuh ketika mengetik juga menjadi rahasia dalam teknik mengetik dengan cepat. Postur tubuh yang mendukung yaitu dengan duduk tegap. Postur tubuh yang bagus tentunya dengan duduk disertai posisi punggung lurus. Apabila duduk di atas kursi, maka posisi kaki yang tepat yaitu telapaknya menempel tanah. 

Anda juga harus mempertahankan posisi duduk seperti ini, karena akan mempengaruhi bentuk tubuh anda untuk kedepannya. Postur tubuh yang salah dapat menyebabkan anda bungkuk dan tentunya sangat mengganggu penampilan bukan? Jadi pastikan tubuh anda selalu dalam keadaan tegap. Mungkin susah untuk permulaan, namun pada akhirnya akan terbiasa. 

3. Menggunakan 10 jari

Teknik yang sudah umum dan menjamur di masyarakat yaitu teknik 10 jari. Mungkin bagi pemula lebih memilih menggunakan 11 jari, atau antara jari telunjuk dengan telunjuk saja. Teknik mengetik dengan cepat menggunakan 10 jari, sebenarnya mudah jika sudah terbiasa. Jadi anda harus benar-benar memperhatikan dengan baik jari anda ketika sedang mengetik. 

4. Tangan Jangan ditempelkan

Tips mengetik dengan cepat yang keempat yaitu menghindari telapak atau pergelangan tangan menempel dengan meja atau keyboard. Usahakan telapak tangan anda selalu diangkat ketika sedang mengetik. Inilah yang akan membuat anda mengetik dengan cepat dan benar. 

5. Gunakan Keyboard yang Nyaman

Keyboard komputer memiliki jenis dan tipe yang berbeda. Bagi anda yang tidak suka suara bising, anda dapat mengetik dengan keyboard yang anti berisik, tentunya harga keyboard tersebut sedikit lebih mahal. 

6. Jangan Fokus Memandang Keyboard

Teknik mengetik dengan cepat yang selanjutnya yaitu dengan fokus pada layar atau hasil output sementara. Layar monitor akan mencerminkan apa yang anda ketik. Hindari melihat keyboard saat mengetik karena hal ini justru akan membuat anda semakin lama akibat terlalu terpaku dengan keyboard. 

Uraian mengenai 6 teknik mengetik dengan cepat di atas dapat anda terapkan dalam kegiatan sehari-hari anda. Jangan lupa agar selalu fokus ketika bekerja. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!