6 Manfaat Kurma Jika Dikonsumsi Untuk Ibu Hamil

Kurma merupakan salah satu jenis buah dengan serat dan karbohidrat yang tinggi dan rasanya manis. Kurma sendiri Kini sangat mudah dijumpai meski tidak sedang bulan Ramadan. Baik di supermarket ataupun toko bahan pangan pasti mudah ditemukan yang namanya kurma. Manfaat kurma untuk tubuh salah satunya sangat bagus jika dikonsumsi rutin oleh para ibu hamil.

Jika ibu yang sedang hamil makan kurma tidak hanya memperoleh kesehatan tubuh tapi juga punya manfaat untuk kelancaran kehamilan hingga melahirkan. Berikut ini beberapa manfaat kurma yang bisa didapatkan oleh ibu hamil dengan mengkonsumsinya secara rutin.

  • Mencegah sembelit, ibu yang sedang hamil biasanya rentan mengalami sembelit. Nah kurma sendiri punya serat yang tinggi, sehingga cocok sekali dikonsumsi oleh ibu yang sedang mengandung untuk melancarkan pencernaannya. Kurma ini lebih cepat mengenyangkan dan juga punya kadar kolesterol yang rendah. Jadi sangat cocok dikonsumsi ibu hamil dan menjaga berat badannya tidak naik asal porsi makan kurmanya tidak berlebihan.
  • Mencegah Anemia, manfaat kurma untuk ibu hamil salah satunya adalah karena punya kandungan zat besi. Zat besi ini sendiri mampu mencegah wanita hamil mengalami anemia. Ini dikarenakan zat besi sendiri punya tugas untuk mempertahankan hemoglobin yang ada di tubuh sehingga sistem imun tubuh ibu serta bayinya juga semakin tinggi.
  • Baik untuk perkembangan tulang bayi, manfaat kurma untuk wanita melahirkan tentu saja karena punya kandungan vitamin K yang bagus untuk bayi. Bayi yang baru lahir punya kandungan vitamin K yang rendah di dalam tubuhnya. Vitamin ini sendiri dan proses pembentukan dan perkembangan tulang. Jadi dengan adanya vitamin K yang dikonsumsi cukup oleh ibu maka dapat memperlancar ASI dan memberikan vitamin tersebut ke bayinya.
  • Menjaga kestabilan tekanan darah, ibu yang sedang mengandung juga bisa mendapatkan manfaat kurma yaitu untuk menjaga tekanan darahnya tetap stabil. Ibu hamil mempunyai tekanan darah tinggi tentu saja akan punya kondisi yang cukup berbahaya ketika melahirkan nanti. Salah satunya yaitu pencegahan untuk bayi lahir dalam kondisi prematur, lalu kemudian bagi yang ingin melahirkan secara normal maka kestabilan darah bisa menghindari operasi caesar. Maka dengan rutin mengkonsumsi kurma dengan takaran yang tepat, pencegahan tekanan darah tinggi bisa diatasi.
  • Mencegah bayi lahir cacat, buah kurma sendiri punya kandungan asam folat yang sangat baik untuk ibu dan bayi. Asam folat ini meminimalisir tingkat risiko bayi cacat lahir. Cacat tersebut umumnya terjadi pada otak dan juga sumsum tulang belakang Yang tentu keadaan ini dihadirkan oleh pasangan suami-istri.
  • Menstabilkan keseimbangan air-garam, kandungan mineral pada kurma juga bagus untuk ibu hamil karena bisa menjaga keseimbangan air-garam. Kandungan ini juga bisa menjaga tekanan darah ibu dan menghindari ibu mengalami kram otot. Kandungan mineral yang ada di kurma sangat bagus untuk membantu pembentukan gigi serta tulang bayi.

 

Itu tadi beberapa manfaat kurma yang Tentu saja sangat baik bagi wanita hamil dan juga bayinya. Namun untuk konsumsi kurma ini perlu diperhatikan Jangan sampai berlebihan karena bisa memicu bahaya untuk ibu hamil sendiri. Konsumsi kurma yang berlebihan bisa menyebabkan berat badan ibu hamil bertambah drastis dan juga meningkatkan kadar gula darah. Jadi tetap perhatikan konsumsi kurma khususnya untuk ibu hamilĀ  yaitu hanya makan 3 sampai 6 butir saja per hari. Karena porsi tersebut sudah mampu membantu kebutuhan karbohidrat dan kalori pada tubuh dan sebenarnya tidak ada takaran ideal untuk makan kurma hingga saat ini.

 

2 thoughts on “6 Manfaat Kurma Jika Dikonsumsi Untuk Ibu Hamil

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *