6 Cara Merawat Laptop yang Baik dan Benar

Cara Merawat Laptop.Laptop merupakan salah satu alat yang digunakan untuk menemani aktivitas anda, terutama bagi para pekerja yang berhubungan dengan sistem online. Untuk itu, penting bagi anda untuk memahami betul cara merawat laptop yang benar. 

Perlu anda ketahui, bahwa merawat laptop tidak hanya dianjurkan bagi anda yang memiliki laptop tua atau laptop lama. Merawat laptop juga penting diperhatikan sejak anda memiliki laptop baru. 

Agar laptop anda menjadi laptop yang awet dan tahan lama, anda perlu memperhatikan cara merawat laptop berikut ini.

6 Cara merawat laptop yang Baik Dan Benar

1. Hindari Tempat Empuk

Cara merawat laptop yang pertama yaitu dengan menghindari penggunaan laptop di tempat yang empuk. Sirkulasi udara yang ada pada mesin anda tidak dapat berjalan secara lancar sehingga membuat laptop anda cepat panas. Menggunakan laptop di atas kasur atau tempat empuk lainnya mungkin tidak akan terasa sekarang, namun akan membuat laptop cepat rusak jika dibiasakan seperti ini terus. 

2. Letakkan di tempat Rata

Meletakkan laptop pada tempat yang rata akan membuat laptop anda awet dam tentunya terhindar dari kerusakan. Jangan sesekali menyepelekan tempat anda menggunakan laptop. Bahkan ada yang menggunakan laptop di tempat yang tidak rata misalnya diatas paha ketika di dalam mobil.

Guncangan pada mobil tentunya akan mempengaruhi posisi laptop. Gerakan tersebut akan membuat layar laptop sering bergoyang, sehingga dapat merusak kabel atau saluran pada bagian yang menuju ke layar laptop. Hindari penggunaan laptop pada bidang yang memang tidak rata. 

3. Simpan dengan Baik

Cara merawat laptop selanjutnya yaitu dengan menyimpannya dengan baik setelah digunakan. Menyimpan laptop dengan baik tentunya akan membuat laptop anda tetap awet. Cara merawat laptop dengan menyimpannya ini harus diperhatikan betul, karena dengan penyimpanan yang salah akan membuat laptop anda cepat mengalami kerusakan. 

Cara menyimpan laptop yang baik tentunya berada di atas tempat yang padat dan rata, misalnya di atas meja. Anda juga harus mematikan bahwa tempat menyimpan laptop telah jauh dari air atau benda cair lainnya yang dapat merusak laptop. 

4. Jangan Letakkan Benda Di Atasnya

Meletakkan benda di atas laptop ternyata juga dapat memberi pengaruh yang cukup besar. Menaruh benda di atas laptop misalnya buku, hp, cas laptop atau benda lainnya sangat tidak dianjurkan. Hal ini dikarenakan cara merawat laptop haruslah total, jika anda menaruh benda di atas laptop sudah pasti beban dari benda tersebut akan menekan bagian layar laptop.

5. Hindarkan Dari debu

Cara merawat laptop yang kelima yaitu dengan menghindarkannya dari debu. Debu halus yang ada pada laptop akan membuat laptop anda nampak kotor dan tidak terawat. Laptop yang terdapat debu halus di atasnya akan mudah sekali terjadi eror. 

Hal tersebut dikarenakan debu yang ada pada laptop suatu saat akan masuk ke dalam mesin laptop dan akan menumpuk. Tumpukan debu tersebutlah yang akan mengganggu sistem kerja laptop yang anda miliki. 

6. Gunakan tas khusus

Cara merawat laptop yang terakhir yaitu dengan menggunakan tas khusus. Gunakan tas yang memang memiliki tempat untuk laptop. Jika anda memutuskan menggunakan ransel, pilihlah ransel yang nyaman dan tentunya memiliki tempat laptop yang sesuai dengan ukuran laptop anda. 

Uraian mengenai 6 cara merawat laptop di atas dapat anda jadikan sebagai pedoman agar laptop kesayangan anda tetap awet. Usahakan agar anda selalu menggunakan laptop dengan bijaksana. Tentunnya menggunakan cara merawat laptop yang benar. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!