5 Persiapan Penting Sebelum Belanja Online

 

Perkembangan teknologi telah menimbulkan banyak sekali perubahan baik perubahan positif maupun negatif. Salah satu dampak yang sangat marak saat ini yakni belanja online. Kita pasti sering memdengar istilah online shop, yaitu sejenis e-commerce yangmana didirkan oleh owner secara mandiri. Artinya, tak ada campur tangan pihak ketiga.

E-commerce semacam ini tentu memiliki dampak baik dan buruk. Contoh dampak baiknya yakni konsumen yang padat kegiatan tetap dapat berbelanja tanpa harus keluar dan meninggalkan kesibukan. Sedangkan damoak buruknya yakni pengusaha offline merasa terancam karena saat ini banyak yang lebih memilih online shop.

Lalu, kenapa belanja online lebih diminati? Tentu saja kalau dibandingkan dengan offline shop, belanja online ini dirasa jauh lebih efektif. Konsumen tak perlu mengirbankan waktu dan tenaganya untuk mendatangi toko. Selain itu, konsumen juga mendapatkan beragam promo spesial misalnya garansi, diskon, ongkos kirim, dan masih banyak lagi. Meskipun menguntungkan, kita tak boleh sembrono saat hendak melakukan perbelanjaan online. Artinya, kita harus mepersiapkan beberapa hal. Apakah itu? Berikut penjelasannya:

Persiapan Penting Sebelum Belanja Online

Tabungan atau saldo

Kita pasti sudah tak asing dengan suatu kalimat dalam jual beli, “ada uang maka ada barang”. Kalimat ini begitu jelas menggambarkan tentang keadaan suatu aktivutas jual beli. Artinya apa? Agar proses berhasil, kita harus memastikan bahwa tabungan atau saldo kita masih mencukupi untuk belanja suatu barang. Jika kita terlanjur memesan barang namun budget kosong, maka proses akan gagal dan bahkan dapat berakibat fatal yangmana bisa saja kita dianggap sebagai penipu.

Proses pembayaran

Ada banyak metode pembayaran yang ditawarkan oleh e-commerce di negara tercinta ini. Diantara metode tersebut antara lain COD, voucher, kartu ATM, kartu kredit, dan juga penbayaran elektronik misalnya iPaymu, KasPay, Doku. Konsumen bebas memilih metode oembayaran yang mereka suka. Namun, tentu tergantung metode yang disediakan oleh online shop tersebut.

Jika kita membayar dengan memanfaatkan kartu kredit, satu yang harus dilakukan yakni memastikan batasnya. Kenapa? Hal ini dimaksudjan agar kita berhasil melaksanakan proses transaksi tersebut. Sedangkan, jika ATM dipilih sebagai metode pembayarannya, pastikan kalau lokasi kita tak jauh dari ATM. Atau, kita dapat menggunakan mobile banking agar lebih praktis. Intinya, apapun metodenya, pastikan pilihan itu telah disediakan.

Daftar belanjaan

Tak dapat dipungkiri bahwa barang yang ada di online shop sangat menggoda mata dan hati. Bisa saja kita yang niatnya hanya ingin membeli tas, kemudian lewatlah produk jam tangan cantik, kita akan tergiur dan memasukkannya ke dalam chart. Padahal, kita tak begitu membutuhkannya. Maka, sebagai solusinya, lebih baik kita catat dulu apa saja yang harus kita beli agar kita tak terlewat batas. Uang kita juga tak akan terbuang percuma hanya untuk menuruti kesenangan mata belaka.

Perbandingan harga dan kualitas barang

Online shop berseliweran di media sosial. Bahkan, produk yang dijual juga banyak yang sama. Bagaimana dengan harganya? Setiap online shop memberikan penawaran harga yang berbeda. Disinilah, kita sebagai konsumen harus cerdas. Kita tak usah terburu-buru memesan dan melakukan pembayaran. Akan jauh lebih baik jika kita membandingkan kualotas produk dan harganya terlebih dahulu sebelum berjalan lebih jauh. Jika memungkinkan, kita bisa memilih online shop yang mana kualitas barangnya terpercaya dan harganya murah atau normal. Kita dapat melihat keseluruhan testi terkait produk dan harganya.

Bagaimana? Apakah sudah siap belanja online dan berburu produk yang berkualitas? Persiapkan hal di atas agar semua berjalan sesuai rencana. Happy shopping!

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!