5 Gejala dan Metode Menurunkan Kolestrol

 

Metode menurunkan kolestrol .Menurunkan kolestrol merupakan tindakan yang gampang-gampang susah. Kolestrol merupakan lemak yang banyak manfaatnya bagi tubuh, Namun apabila terlalu tinggi juga tidak baik untuk kesehatan karena kolestrol akan menumpuk di pembuluh darah dan tentu akan menyumbat aliran darah.

Anda harus tau bahwa kolestrol adalah zat yang secara alami diproduksi organ hati. Namun juga dapat di temukan di makanan yang dari hewan diantaranya daging dan juga susu.

Kolestrol dibutuhkan tubuh untuk memperbaiki sel sel tubuh yang rusak tetapi jika kadarnya terlalu tinggi akan bahaya loh bagi kesehatan anda. Sehingga tentunya anda butuh langkah tepat untuk menurunkan kolestrol tersebut.

Banyak obat yang digunakan untuk menyembuhkan kolestrol. Namun disadari apa tidak bahwa idul fitri banyak makanan lezat yang dikonsumsi sehingga tidak sadar akan menimbulkan gangguan pada kesehatan atau meningginya kadar kolestrol dalam tubuh sehingga terjadi seperti diabetes,hipertensi dan stroke.

5 Gejala dan Metode Menurunkan Kolestrol

Gejala Tinggi Kolestrol

Tingginya kadar kolestrol dalam tubuh sebenarnya akan sulit kita ketahui jika kita tidak pergi ke fasilitas kesehatan yang menyediakan tes kadar kolestrol. Apabila sudah anda ketahui maka carilah metode untuk menurunkan kolestrol tersebut agar tidak terus naik dan menyebabkan gangguan kesehatan lebih serius.

Orang yang mempunyai kolestrol tinggi ditandai dengan tubuh yang sakit padahal tidak melakukan aktifitas yang berat. Kemudian kepala yang pusing atau berat dan pada beberapa orang yang mengalami kolestrol tinggi otot tubuhnya akan kaku. Hal ini jika kita biarkan berlarut-larut maka akan mengganggu aktifitas keseharian kita dan mood dalam fase tersebut juga akan jelek.

Metode Ampuh Menurunkan Kolestrol

Jika anda sudah pergi ke fasilitas kesehatan untuk memeriksakan kadar kolestrol yang ada pada tubuh dan mendapati kadarnya melebihi ambang normal. Maka ada baiknya anda segera melakukan tindakan tepat menurunkan kolestrol. Menurunkan kolestrol bias anda tempuh dengan berbagai metode, baik metode yang alami maupun dengan mengkonsumsi obat-obatan tertentu yang sudah disarakan oleh dokter.

Nah kali ini kami akan membantu anda untuk mengulas metode yang memang ampuh bisa anda gunakan untuk menurunkan kolestrol.

  • Melakukan Aktifitas Fisik atau Olahraga

Di dalam tubuh yang mempunyai kadar kolestrol di atas normal maka HDL atau High Density Lipoprotein-nya sedang rendah. Sehingga dengan aktifitas fisik harapannya bisa untuk menaikkan kadar HDL ini dan pada akhirnya bisa mendetoks kolestrol yang bahaya bagi tubuh. Dan hanya meninggalkan kolestrol yang baik bagi tubuh saja.

  • Melakukan Diet yang Terstruktur

Nah menurunkan kolestrol juga bisa anda lakukan dengan mengendalikan apa yang anda makan. Bisa juga anda tempuh dengan rutin berpuasa.

Selain itu lakukan diet sehat yang terstruktur. Maksudnya adalah menghindari berbagai makanan yang digoreng, kemudian memperbanyak makanan yang seratnya tinggi bisa dari buah ataupun sayur dan sebagainya. Selanjutnya untuk makanan yang perlu anda hindari adalah berbagai jeroan, kemudian kuning telur, jangan konsumsi susu full cream dan sebagainya. Dan konsumsi kacang-kacangan yang sehat ya.

Rekomendasi pemrosesan makanan yang patut anda tempuh adalah dengan di rebus ataupun dikukus yaa.

  • Menggunakan Cara Instan Dengan Konsumsi Obat

Cara cepat menurunkan kolestrol bisa anda lakukan dengan cara mengkonsumsi obat yang direkomendasikan oleh dokter anda. Obat kolestrol sebenarnya ada banyak diantaranya golongan statin (misalnya Atorvastatin). Obat tersebut bisa juga dikombinasikan dengan obat yang lain apabila kadar trigliseridanya tinggi seperti Fenofibrate, lalu omega 3,dan juga vitamin B3.

  • Usahakan Anda Tidak Merokok

Salah satunya bisa membuat kolestrol dalam tubuh sulit untuk terkendali adalah merokok. Sehingga jika anda perokok berat ada baiknya memulai dengan berhenti merokok dan mengganti dengan aktifitas baik lain yang lebih sehat.

  • Mengkondisikan Berat Badan Tetap Ideal

Nah jika anda ingin menurunkan kolestrol ada baiknya memang coba untuk mengembalikan berat badan di angka ideal. Karena jika berat badanmu terus naik akibat konsumsi makanan yang tidak sehat maka kolestrol juga akan tidak terkontrol dan sulit untuk diturunkan. Sehingga langkah tepat adalah lakukan diet secara sehat dan jika perlu konsultasikan dengan dokter gizi anda untuk menu dietnya.

Itulah tadi berbagai metode yang bisa anda lakukan agar anda sukses menurunkan kolestrol. Karena kolestrol yang tinggi kita tau akan bisa memicu banyak penyakit dan bisa juga mempercepat kematian loh. Sehingga kalaupun dalam keseharian anda ingin ngemil ada baiknya makanlah yang tinggi seratnya.

 

Comments 1

  • […] Kolesterol adalah salah satu jenis lemak yang terdapat dalam tubuh manusia. Akan menyebabkan aliran darah tidak lancar atau bisa juga menyumbat aliran darah, jika jumlahnya berlebih. Kandungan kolesterol dihasilkan dari organ hati, selain itu dapat juga ditemukan pada makanan yang dihasilkan dari berbagai hewan, contohnya pada bagian susu dan daging. Makanan yang banyak mengandung kolesterol tersebut sebaiknya jangan sampai berlebihan dalam mengonsumsinya karena sangat berbahaya untuk kesehatan tubuh. […]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!