4 Tips Tumbuhkan Sikap Tawadhu Pada anak

Memiliki anak yang berbudi pekerti memang hal yang susah susah gampang untuk dilakukan. Namun akan terasa mudah jika anda menerapkannya sejak dini. Salah satu sikap yang harus dipupuk sejak kecil ialah sikap tawadhu’.
Sebagai orang tua yang bertanggung jawab tentunya akan mendidik anaknya dengan sebaik mungkin. Sikap tawadhu dapat diajarkan dan diselipkan pada kegiatan sehiari-hari. Sikap rendah hati dan sederhana nantinyalah yang akan menjadikan anak memiliki sikap tawadhu’secara sempurna. Agar anak dapat memiliki sikap tawadhu’pada anak dalam kesehariannya, dapat dilakukan beberapa hal berikut ini:

Cara Tumbuhkan Sikap Tawadhu Pada anak

1. Memberitahu Bahaya Takabur

Cara menumbuhkan sikap tawadhu’yang pertama ialah dengan memberitahu pada anak tentang bahaya takabur. Sebagaimana diketahui bahwa sikap takabur merupakan kebalikan dari sikap tawadhu’.
Sudah kewajiban bagi orang tua untuk menyampaikan tentang sesuatu yang baik dan sesuatu yang buruk. Hal yang harus diwaspadai bagi sebagian besar orang tua ialah sikap negatif yang nantinya dapat merusak pribadi anak.

2. Mengembangkan jiwa sosial

Hal selanjutnya yang dapat dilakukan untuk menumbuhkan sikap tawadhu’pada anak ialah dengan mengembangkan sikap sosial yang dimiliki oleh anak.Dengan jiwa sosial yang tinggi, anak akan lebih bisa menghargai orang-orang di sekitarnya. Hingga pada akhirnya jiwa simpati dan empati akan muncul bersamaan dengan sikap tawadhu’.

3. Mengingatkan Bahwa Semua Hanya Titipan.

Cara selanjutnya yang dapat dilakukan untuk menumbuhkann sikap tawadhu’pada anak ialah dengan Mengingatkan bahwa kita lahir ke dunia tanpa membawa apa-apa. Apabila pada masanya nanti semua akan kembali pada Allah.
Tidak terkecuali dengan orang-orang terkasih, harta dan juga semua yang dimiliki di dunia yang begitu disayangi. Semua itu akan kembali pada Allah suatu hari nanti. Dan inilah yang dapat dijadikan dasar pengetahuan anak, sehingga sikap tawadhu’ dapat melekat pada diri anak.

4. Sering Mengajarkan Qonaah

Poin selanjutnya yang dapat dilakukan untuk menerapkan sikap tawadhu’ pada anak ialah dengan mengajari merasa cukup, atau sering disebut qonaah. Ketika anak memiliki rasa cukup pada hatinya, maka ia akan terlatih menjadi jiwa yang tawadhu’. Karena sikap tawadhu’ akan membuat anak berada pada jalan yang benar

Ringkasan mengenai pentingnya sikap tawadhu’ dan juga cara yang dapat dilakukan untuk menerapkan sikap tawadhu’ pada anak dapat anda lakukan selaku orang tua di rumah.
Selain mendapat pendidikan formal yang juga dapat mengembangkan sikap tawadhu’ anak akan lebih tawadhu’ saat melakukannya dan menerapkannya saat keseharian di rumah.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!