37 Daftar Novel Wattpad yang Sudah DITERBITKAN!

Ada banyak sekali daftar novel wattpad yang recommended untuk kamu baca di bulan Agustus ini loh. Selain membaca novel lewat buku fisik yang diterbitkan, di era digital sekarang ini ada banyak situs bahkan aplikasi yang memudahkan kalian untuk memenuhi kebutuhan hobi membaca kalian.

Dari mulai wattpad, ada lagi dreame, google books, noveltoon, inkitt, ipusnas, dan lain sebagainya. Nah kali ini kita akan bahas dari salah satu platform tersebut yaitu wattpad. Di tahun 2022 ini tentu sudah banyak novel yang terbit, tapi kalian pasti bingung harus duluan baca yang mana. Selain membacanya secara online kalian juga ada kesempatan untuk memiliki versi cetak dari masing-masing judul yang akan kita rekomendasikan.

37 Rekomendasi Novel yang Sudah Terbit di Wattpad

Mengisi waktu luang atau di sela-sela kesibukan dengan membaca novel merupakan hal yang mengasyikkan. Apalagi bagi mereka yang hobinya baca, tentu kita pasti terobsesi buat menyelesaikan buku atau novel yang kit abaca sesegera mungkin. Haha bahkan terkadang kita bisa lupa waktu kalau sudah memulainya dan akhirnya mengabaikan kesibukan penting lainnya.

Okee cukup basa-basinya, berikut ini kita akan daftar novel wattpad yang recommended untuk kamu baca buku fisiknya.

1. Bukan Cinderella by Dheti Azmi

daftar novel wattpad
37 Daftar Novel Wattpad yang Sudah DITERBITKAN!

Sudah paham kan yaa bagaimana kisah Cinderella biasanya bagaimana. Kisah dimana seorang cewek yang sepatu kacanya terlepas di sebuah pesta seorang pangeran. Nah kalau versi ini bukan di istana sepatunya lepas tapi malah tertukar di ruang OSIS. Kok bisa?

Ini cerita dari Amora yang punya sepatu baru tapi malah sepatunya tertukar dengan sepatu yang bukan ukurannya, lebih besar malah wkwk. Nah ternyata tertukarnya itu dengan ketua OSIS yang sifatnya angkuh plus menyebalkan.

Seru sih ceritanya, coba deh baca cerita Amora yang terpaksa berurusan dengan ketua OSIS yang selama ini dia hindari karena sifatnya. Pingin tau endingnya gimana? Yaudah baca aja kan daripada penasaran kan.

2. Unconsciously in Love by Kincirmainan

daftar novel wattpad
37 Daftar Novel Wattpad yang Sudah DITERBITKAN!

Cerita tentang Kekira yang berharap punya pasangan idol Kpop dan didengarkan oleh Tuhan. Tuhan menghadirkan Raksa yang mengatakan kalau dia akan menikahinya. Tapi ternyata takdir berkata lain Raksa si idol Kpop yang baru debut membatalkan pernikahan mereka saat sudah di depan altar. Kekira berusaha untuk tidak terlalu dalam patah hatinya, tapi kabar buruk datang lagi Raksa kecelakaan dan meninggal. Kabar tersebut membuat Kekira sedih berkali-kali lipat dan bisakah dia bangkit?

3. Mariposa by Luluk HF

daftar novel wattpad
37 Daftar Novel Wattpad yang Sudah DITERBITKAN!

Sudah pernah dengar tentang Mariposa? Yupss bukan hanya versi novel, di wattpad maupun di buku fisik biasa tapi Mariposa juga sudah ada filmnya loh. Tapi kalau kamu hobi baca, recommend sih novel ini dimana bercerita tentang Acha dan Iqbal. Acha yang ngejar-ngejar cowok cuek dan dingin seperti Iqbal di sekolah. Kira-kira berhasil gak ya Acha membuat Iqbal membuka hatinya dan bagaimana kisah mereka kalian bisa membacanya versi lengkapnya di novel Mariposa.

4. Assalamualaikum Calon Imam by Madani_

daftar novel wattpad
37 Daftar Novel Wattpad yang Sudah DITERBITKAN!

Cerita soal Nafisya yang sedang mencari calon imam, dimana proses tersebut bukanlah hal yang mudah. Sehingga Nafisya harus mempertimbangkan mulai dari sifatnya, sikapnya, maupun agamanya. Nah akahkah Nafisya mendapatkan imam yang terbaik untuknya?

5. Hi-Fi by Bayu Permana

daftar novel wattpad
37 Daftar Novel Wattpad yang Sudah DITERBITKAN!

Hi-Fi adalah novel wattpad yang bercerita tentang Dimana yang pernah berbagi password mini wifinya ke teman sekelasnya. Nah setiap dia menyalakan wifinya ada satu perangkat yang selalu tertaut dan ternyata itu punya Steffi. Steffi itu teman sekelas Dimas yang notabenenya juara kelas, pintar debat, tapi dia suka seenaknya. Karena masalah itu mereka sering adu mulut, ribut gak jelas, tapi itu membuat membuat mereka jadi dekat. Meskipun gak akur tetapi nyatanya mereka saling butuh loh.

6. Senior by Katakokoh

daftar novel wattpad
37 Daftar Novel Wattpad yang Sudah DITERBITKAN!

Kamu punya senior yang galak gak di sekolah? Bikin malas ke sekolah gak sih, karena seringkali kita jadi bulan-bulanan mereka. Nah ini yang Aluna rasakan dari seniornya Nakula sejak masa orientasi siswa. Dia galak banget, tapi galaknya ke Aluna membuat mereka jadi dekat dan mereka nyaman satu sama lain. Bahkan Nakula sampai bisa menunjukkan sisi gelapnya, yaa meskipun secara tidak sadar padahal selama ini sisi tersebut ia sembunyikan. Apa sih sisi gelapnya? Apa Aluna bisa menerimanya? Mending baca langsung deh kalau penasaran.

7. IPA & IPS by chachaii_

daftar novel wattpad
37 Daftar Novel Wattpad yang Sudah DITERBITKAN!

Mau di dunia nyata ataupun pernovelan ternyata anak IPA dan IPS tidak pernah akur. Mereka selalu bersaing dan menunjukkan siapa yang paling baik dan paling asyik di sekolah. Meskipun mereka selalu bersaing ternyata diantara mereka ada yang jatuh cinta loh. Antara Michelle dan Rifqi, meskipun mereka saling cinta tapi ada aja masalah setiap hari gara-gara persaingan antara IPA dan IPS. Akankah mereka bisa bertahan? Coba aja baca dulu yaa.

8. Claires by Valerie Patkar

daftar novel wattpad
37 Daftar Novel Wattpad yang Sudah DITERBITKAN!

Ini cerita tentang sepasang kekasih yang cintanya di uji. Pasangan Claire dan Kai adalah pasangan sempurna dan dijadikan couple goals oleh teman-temannya. Dari sana Ares iseng, ia ingin menguji kesetiaan dari keduanya dengan menggoda Claire. Eh malah si Ares yang jatuh hati, padahal dia tau kalau Claire tidak mungkin meninggalkan Kai dengan begitu saja. So apa yang harus dilakukan Ares? Berhenti atau kejar aja toh janur kuning belum melengkung?

9. Revan dan Reina by Christa Bella

daftar novel wattpad
37 Daftar Novel Wattpad yang Sudah DITERBITKAN!

Sebuah novel wattpad yang sudah diadaptasi menjadi sebuah film romantis. Dimana menceritakan soal Revan dan Reina yang sahabatan tapi punya rasa satu sama lain. Hubungan mereka gak mulus tentunya, karena mantan Reina yaitu si Fabian yang memutuskannya dan pergi ke luar negeri begitu saja.

Reina mulai menata hati lagi dan mulai mempertimbangkan Revan yang punya perasaan padanya. Akankah mereka jadian? Lalu bagaimana persahabatan mereka?

10. I am In Danger by Zaeem

daftar novel wattpad
37 Daftar Novel Wattpad yang Sudah DITERBITKAN!

Daftar novel wattpad berikutnya berjudul I am in Danger yang mengisahkan cewek dari keluarga kurang mampu yang mendapatkan beasiswa. Ocha ialah cewek yang mendapatkan beasiswa tersebut, ia masuk ke sekolah favorit yang ada di kotanya.

Awalnya hidupnya biasa saja, normal. Tapi semua itu berubah dengan datangnya Axel dan Sean yang sama sama menyukainya. Lalu Ocha harus pilih yang mana, apa bisa ia tetap fokus ke sekolah dan beasiswanya?

11. Nona Teh da Tuan Kopi by Crowdstroria

daftar novel wattpad
37 Daftar Novel Wattpad yang Sudah DITERBITKAN!

Menceritakan soal Nona Teh yang mengalami perceraian dan juga kegagalan dalam rumah tangga. Sakit dan trauma sudah pasti ia alami. Lalu ada Tuan Kopi yang merupakan seorang lajang dengan kondisi ekonomi yang mapan meskipun ia punya rahasaia besar yang tidak orang-orang tau.

Mereka beberapa kali ketemu, gak hanya sekali loh karena mereka bertemu sampai tiga kali. Dan tidak ada yang kebetulan apalagi ada garis takdir yang mengikuti mereka. Menjadikan mereka mempunyai rasa satu sama lain.

12. Matt and Mou by Wulanfadi

daftar novel wattpad
37 Daftar Novel Wattpad yang Sudah DITERBITKAN!

Novel wattpad yang satu ini cerita tentang persahabatan dari seorang cewek dan cowok. Berbeda dengan novel biasanya, mereka bersahabat tapi punya rahasia. Dimana Matt yang berubah jadi pendiam dan juga anti sosial setelah kepergian ayahnya. Sedangkan Mou yang selalu ceria tetapi siapa yang tau kalau ia sedang menutupi luka lama dari keluarganya di masa lalu.

13. Sin by Faradila

daftar novel wattpad
37 Daftar Novel Wattpad yang Sudah DITERBITKAN!

Semua cowok tertarik dengan Ametta Rinjani kecuali Raga Angkasa. Dia cenderung cuek dan gak peduli sama Ametta. Raga beranggapan kalau Ametta itu sumber masalah, tapi Ametta terus saja mengejarnya hingga Raga jatuh cinta. Namun ternyata ada penyebab yang mengakibatkan mereka tidak bisa melanjutkan hubungan mereka, apakah itu?

14. Geez and Ann by Rintik Sedu

daftar novel wattpad

Geez mempunyai hidup yang tertekan, ia tidak bisa menjalani hidup layaknya remaja seusianya. Hingga datang Ann yang membuatnya hari harinya menjadi lebih hidup. Begitu juga dengan Ann, adanya Geez membuat hari harinya menjadi lebih manis tidak seperti sebelumnya yang hanya fokus pada sekolahnya saja.

Namun sayangnya hubungan mereka yang sudah mendekat harus terpisah, karena Geez memutuskan untuk melanjutkan sekolahnya di luar negeri. Hmm lalu gimana nasib hubungan mereka selanjutnya yaa?

15. Friendzone by Alaira

daftar novel wattpad

Siapa sih yang suka ada di kondisi friendzone, tentunya siapapun gak ada yang suka. Apalagi jika perasaan tersebut bertepuk sebelah tangan atau malah jadi sebab pertemanan kalian rusak. Tapi kalau kamu pendam terus tentunya sesak di dada akhirnya Dira membuat keputusan untuk mengkode Ransi lewat sikapnya yang menunjukkan kalau ia menyukainya.

Tapi malah Ransi terlihat seperti mempermaikan perasaan Dira. Kadang buat bahagia, tapi Ransi juga berhasil buat Dira hancur. Lalu bagaimana hubungan mereka kelanjutannya, apakah berteman saja atau bagaimana?

16. The Bridesmaids Tale by Fala Amalina

daftar novel wattpad

Berawal dari Nadine yang meminta sahabatnya untuk menjadi bridesmaids di pernikahannya. Dimana mengharuskan mereka untuk membawa groomsman sekalian membuat Lana bingung harus membawa siapa. Padahal dia lagi jomblo dan tidak ingin jatuh cinta.

Namun ternyata takdir berkata lain, gerbang percintaannya mulai  terbuka dan ia memperoleh kekuatan dari seseorang yang tidak pernah ia bayangkan sebelumnya. Terus gimana kelanjutan ceritanya? Novel ini bergenre romansa dewasa jadi pasti seru.

17. Septihan by Poppi Pertiwi

daftar novel wattpad

Novel yang seru dan alur pembawaannya juga sangat menyenangkan. Bercerita tentang Septian dan Jihan yang ada di bangku SMA. Mereka punya karakter yang berbeda, Septian yang multitalent, pintar, cerdas dan jadi kebanggaan siapa saja. sedangkan Jihan cewek aktif, ekspresif, dan malas belajar.

Jihan jatuh cinta ke Septian, tapi sayangnya Septian belum berminat dengan dunia percintaan ia takut masa lalunya merusak kisah cintanya nanti. Meskipun Jihan sudah di tolak berkali kali oleh Septian nyatanya gadis ini tetap berusaha untuk mendapatkan hati Septian. Hingga suatu hari Jihan menyerah, tapi ternyata Septian baru membuka hatinya.

Ahh seru pokoknya, perlakukan Septian ke Jihan sangat spesial hingga hati Jihan yang menang dan mereka kembali bahagia. Tapi ada saja masalah yang datang, dari mulai orang ketiga, perjodohan, keluarga broken dan sebagainya. Recommended buat kamu baca berulang-ulang, pembawaannya yang santai membuat novel ini mudah kamu nikmati.

18. Dignitate by Hana Margaretha

daftar novel wattpad

Ada kisah tentang Alfi yang ganteng, bengis, belum pernah pacaran, jenius, disegani banyak orang, jagoan, dan bisa membuat cewek klepek klepek dengan mudah. Ucapannya yang pedas membuat orang di sekelilingnya enggan mendekatinya, hanya mengaguminya dari jauh.

Tapi nyatanya ada Alana yang dekat dengannya tapi ia gengsi untuk menyatakan perasaannya. Lalu gimana nasib percintaan Alfi apakah tetap gitu gitu aja atau malah ia berani menyatakan perasaannya?

19. My Ice Girl by Pit Sansi

daftar novel wattpad

Cerita tentang Malik yang mengejar cewek dingin bernama Dara. Ia sudah menyatakan perasaannya tapi ternyata di tolak oleh Dara. Malik tidak berhenti berjuang tapi malah ia mendapatkan sebuah fakta yang mengejutkan dan ia tidak menyukainya.

Lantas bagaimana keputusan Malik, apakah tetap lanjut mengejar Dara atau malah sebaliknya. Novel ini bergenre romansa dengan bumbu misteri. Kalian harus baca kalau penasaran dengan kelanjutan kisahnya.

20. Athlas by Kata Kokoh

daftar novel wattpad

Merupakan novel trilogy setelah novel Senior dan Inestable, menceritakan anak dari Nakula dan Aluna yang kembar tiga itu. Yang salah satunya adalah Athlas, dia sangat berbanding terbalik dengan orang tuanya yang pintar dan sangat mudah orang menyukai mereka. Athlas melenceng, ia payah dalam sekolahnya dan punya masalah dengan ayahnya. Lalu ada Laudian yang nyatanya sedang menyembunyikan sesuatu dari Athlas.

Novel ini bergenre romansa remaja dengan balutan cerita keluarga. Kamu bisa membaca novel sebelumnya juga untuk mendapatkan pandangan yang lebih menarik terkait novel ini.

21. Resign by Almira Bastari

daftar novel wattpad

Berkisah tentang empat anggota the cungpret yang ternyata lagi bersaing untuk resign. Gila gak tuh, orang lain mati matian mempertahankan pekerjaan ini malah bersain untuk resign. Ternyata alasannya terletak di bosnya yang rese, super galak, dan punya niat untuk menggagalkan rencana resign mereka. Novel bergenre metropop ini juga ada humornya jadi siap-siap buat tertawa guling guling saat membaca resign.

22. Lukacita by Valerie Patkar

daftar novel wattpad

Javier mempunyai perusahaan startup yang dibangunnya akibat kecewa karena gagal masuk ke PTN yang dia inginkan. Perusahaan itu jadi perantara ia bertemu dengan Utara seorang mantan atlet catur. Keudanya bertemu seiring dengan mimpi dan luka yang mereka dapatkan.

Utara yang punya kehidupan penuh dengan kegiatan catur hingga ia tidak bisa bermain dengan temannya. Namun nyatanya ia tidak bisa melanjutkan mimpinya, terlalu banyak luka dimimpinya tersebut. Sama dengan Javier, sifatnya yang suka seenaknya merupakan hasil dari kesepian dan rasa hampa yang ia rasakan.

23. A+ by Ananda Putri

daftar novel wattpad

SMA Bina Indonesia punya 5 siswa terbaik dan sebagai pemegang tahta tertinggi disana. Mereka berencana melakukan pemberontakan ke sekolahnya. Mereka itu Re Dirgantara, lalu Kenan Aditya, ada Adinda Aletheia, Aurora Calista dan juga Kalypso Dirgantari.

Mereka itu bersaing, tapi sudah tidak lagi karena rahasia besar sistem sekolah mereka terbongkar dan berakhir menghilangkan nyawa salah satu dari mereka. Mereka melakukan pemberontakan ke Bramantyo Sadewa, mantan Presiden Ikatan Alumni.

Ikuti jalan ceritanya yang penuh liku ada masalah keluarga, ada ambisi yang tak terbendung, masalah ekonomi, teman hingga perasaan cinta. Ingat yaa mereka berlima cerdas, sehingga membuat seru ceritanya.

24. Goodbye Daniel by Erisca Febriani

daftar novel wattpad

Ini adalah prekuel dan juga spin off dari novel Dear Nathan. Dimana cerita tentang Nathan yang kehilangan Daniel menjadikan hidupnya semakin hampa dan penuh dengan kata “seandainya”. Hidupnya menjadi penuh luka, Nathan selalu terkenang dengan Daniel dan orangtuanya yang pilih kasih menjadikan hidupnya semakin kesepian.

25. Leiden by Dwi Nur Rahmawati

daftar novel wattpad

Bercerita tentang hidup Skala yang memang suram dan semakin suram karena orang disekelilingnya berubah secara tiba-tiba. Kekasihnya membencinya tanpa alasan, sahabatnya pergi lalu bunuh diri, lalu ada Atlas yang tiba-tiba jadi orang penting dikehidupannya.

Perubahan yang tiba-tiba ini menyisakan tanya di kepalanya. Apa rencana Tuhan untuk hidupnya? Apa yang akan terjadi nanti?

26. Asmaraloka by Arata Kim

daftar novel wattpad

Orang di sekeliling Isa menganggap Isa itu lugu apalagi dalam hal cinta. Tapi ternyata gak banyak orang yang tau kalau Isa pernah pacaran ketika SMA selama 3 tahun backstreet lagi. Terus yang kedua Isa punya mantan namanya Ethan dan ternyata dia manajer baru di kantor Isa. Pingin berusaha professional tapi sering kerjain proyek bareng. Akhirnya perasaan Isa goyah dan terkuaklah alasan kenapa Ethan putus dengannya. Akahkan Isa memberikan Ethan kesempatan kedua? Di tambah fakta bahwa Ethan punya seorang anak, gimana jadinya?

27. Antares by Rweinda

daftar novel wattpad

Berkisah tentang Zea dan ketua geng motor Calderioz. Zea merupakan cewek cantik, lugu, polos, perhatian tapi punya sejuta rahasia yang sengaja ia tutup rapat. Lalu bertemu dengan ketua geng Calderioz, Antares. Apa yang sedang disembunyikan Zea? Dan bagaimana kelanjutan hubungan mereka?

28. Dosenku Suamiku by Rahmanida

daftar novel wattpad

Dira seorang mahasiswa yang harus merelakan HP kesayangannya jatuh dan rusak karena tidak sengaja menabrak dosennya Pak Rey. Lalu Dira meminta HP baru ke ayahnya dengan syarat ia mau dijodohkan dengan laki laki yang ayahnya pilihkan, konyol bukan? Laki laki itu adalah Pak Rey dosen dingin penyebab HPnya bisa rusak. Relakah Dira menikah dengannya?

29. Razella by Nia Wodiastuti

daftar novel wattpad

Zella rindu akan hangatnya sebuah keluarga. Tapi ia malah dipertemukan dengan laki-laki yang latar belakangnya sama dengannya. Laki-laki inilah yang nantinya menjadi alasan hidupnya lebih berwarna, mereka nyatanya saling membutuhkan. Novel tentang romansa yang penuh rahasia, masalah keluarga dan masalah kehidupan yang tidak ada habisnya.

30. Alvaska by Matcharay_

daftar novel wattpad

Bercerita tentang Alvaska yang merupakan kapten basket, dingin, cuek, jago beladiri, dan semua orang disekolahnya takut dengan dia. Sebagai ketua geng motor Alvazars ia juga terkenal tidak punya hati. Hidupnya tidak ada masalah selain keluarganya broken. Lalu mendapat kabar bahwa ia sakit, jantungnya tidak normal, dan dia berkata “mau mati”. Hingga datang seseorang yang mengajarkan ia tentang cinta tapi vonis penyakitnya tinggal dua bulan lagi. Akankah dia bertahan atau meninggalkan semuanya?

31. Lu-Gu by Mufi Kholiqok

daftar novel wattpad

Lu-Gu nyatanya tidak punya arti yang sederhana di hidup Eva, hidupnya runyam. Tapi itu tertutupi dengan sifatnya yang ceroboh. Hari pertamanya di sekolah baru saja dia berurusan dengan bad boy SMAnya yang bernama Alex. Tapi adanya Eva bisa mengembalikan warna hidup Alex yang hilang, Alex terbuai dengan Eva hingga secara tidak sadar ada puzzle rumit yang harus ia pecahkan.

32. Nallan by Adany Salshabilla

daftar novel wattpad

Novel ini hadir dengan plot twist yang tak terduga. Mulai dari Nalla yang harus tinggal dengan sahabat mamanya selama 2 tahun. Sampai akhirnya masalahnya dengan Alan menghampirinya dan mengharuskan mereka menikah mudah. Seru deh kisahnya, karena plot twistnya bikin geregetan.

33. Antariksa by Tresia

daftar novel wattpad

Antariksa menjadi ketua geng di sekolahnya, mempunyai sifat yang kejam, cuek, tidak punya hati dan jadi orang yang paling ditakuti disana. Lalu datanglah gadis yang terjebak di sekitar Antariksa, membuatnya luluh.

Gadis itu Aletta, ia dapat mengendalikan hati maupun akal antariksa. Mampukah mereka mempertahankan hubungan diantara keduanya? Dengan fakta kalau hadirnya Antariksa bisa mengancam keselamatan Aletta.

34. Hold Me by Dewie Sofia

daftar novel wattpad

Cerita tentang Sofia dan Adrian yang bertemu dan diantara keduanya timbul cinta. Namun perjalanan mereka tidak mulus, apalagi ketika sahabat Sofia datang, Dion marah ketika tau Sofia berhubungan dengan Adrian.

Hubungan mereka juga diwarnai dengan kebohongan, saling menyakiti yang membuat mereka terluka dan akhirnya mereka memilih menjauh. Akankah mereka bisa bersatu kembali?

35. Juandara by Cutputrikh

daftar novel wattpad

Mereka bilang Juan itu pembunuh bayaran, tidak punya perasaan, dijuluki monster. Andara Xaviera penasaran dengan Juan apalagi mendengar desas desus itu. Warga sekolah semuanya menganggap juan itu seram dan akhirnya Dara mendekati Juan. Bisakah Dara meluluhkan hati Juan?

36. Queen by Umi Wandira Gajah

daftar novel wattpad

Queen itu manja, childish, maunya banyak, mudah sakit, dan dia butuh perhatian yang ekstra terutama dari orangtuanya. Lalu hadirlah Romeo yang dititipkan ke Ayah Queen dan mendapatkan tugas untuk menjaga cewek itu biar tidak kesepian. Sesabar apakah Romeo dalam menghadapi Queen? Mampukah ia menghadapi sifat Queen?

37. My Autism Husband by Ardila Yulianisa

daftar novel wattpad

Bagaimana rasanya kamu dijodohkan dengan laki-laki yang menyandang autism? Zahra sedang mengalaminya sekarang. Awalnya biasa saja karena tampilan cowok itu terlihat tampan dan tinggi, nama dia Jeck. Pada satu waktu tiba-tiba Jeck bernyanyi Cicak Cicak di Dinding di depan Zahra sambil tepuk tangan. Saat itu Zahra juga punya pacar yang ia cintainya, lalu Zahra harus bagaimana?

Akankah Zahra belajar mempertahankan rumah tangganya dan mencintai Jeck? Atau mending dia bersama Gio saja pacarnya? Daripada penasaran kamu bisa baca novel ini sambil belajar bagaimana cara menangani mereka yang autism.

Itulah tadi daftar novel wattpad yang sudah terbit , kamu bisa mencarinya entah di Gramed dan berbagai toko buku online lainnya. Pilih dulu mana yang harus kamu incar dan segera menabunglah agar bisa checkout buku yang kamu suka.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!