20+ Cover Perangkat Pembelajaran Keren (JPG, PNG, DOC)

Cover perangkat pembelajaran merupakan sampul depan sebuah halaman laporan, dimana cover ini merupakan kelengkapan administrasi yang harus kamu buat. Setiap perangkat pembelajaran yang kamu buat tentu harus memuat cover yang unik dan keren. Kalau bisa setiap jenis perangkat menggunakan cover yang berbeda-beda. Kamu bisa membuatnya secara manual, atau mencari contoh cover perangkat pembelajaran yang tersedia secara online.

Cover perangkat pembelajaran ini biasanya untuk sampul atau cover RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran), Prota, Promes, Silabus, Rincian Pekan Efektif. Selain itu dibutuhkan untuk cover Kalender Pendidikan, Bahan Ajar, Kriteria Ketuntasan minimal, Rencana Penilaian, LKPD (Lembar Kerja Peserta Didik), Pemetaan KI dan KD.

Perangkat tersebut sangat penting, karena menyangkut dengan kelengkapan administrasi sekolah dan untuk kelancaran proses belajar mengajar juga. Sehingga perangkat bisa tersusun rapi di rak inventaris sekolahan.

Cover ini selain bisa untuk perangkat pembelajaran juga bisa kamu pakai untuk sampul atau coveran berbagai macam laporan yang kamu buat. Sebelum kita beralih pada contoh cover/sampul perangkat pembelajaran yang bisa kamu download, berikut ini beberapa hal yang harus kamu pahami.

Format Cover Perangkat Pembelajaran

Sebuah laporan perangkat pembelajaran bisa kamu katakan baik apabila sudah membaca isinya dengan seksama. Namun tentunya itu membutuhkan waktu yang cukup lama dan jika tidak diimbangi dengan cover yang keren tentu orang tidak tertarik membacanya.

Adapun berikut ini beberapa format bagian yang harus kamu perhatikan ketika membuat cover perangkat pembelajaran :

  • Judul perangkat pembelajaran

Judul perangkat pembelajaran harus kamu berikan pada cover. Usahakan kamu tulis secara lengkang sehingga informasi yang ingin kamu sampaikan kepada pembaca bisa tersampaikan. Tentunya judul haruslah menggambarkan keseluruhan isi dari perangkat yang kamu buat tersebut.

  • Logo sekolah

Logo yang kamu masukkan pada laporan perangkat pembelajaran adalah logo dari instansi pembelajaran yang kamu tempati. Untuk penempatan logo contoh cover perangkat pembelajaran kamu bisa letakkan di tengah. Gunakan ukuran yang presisi atau secara umum menggunakan ukuran 5×5 cm. Jangan sampai ukuran logo terlalu besar maupun terlalu kecil.

  • Identitas dan Alamat sekolah

Selanjutnya identitas dan alamat sekolah yang harus kamu cantumkan meliputi nama sekolah dan alamat dari sekolah masing-masing. Untuk peletakkan bisa kamu taruh di akhir atau di bagian bawah dengan rata tengah. Kamu bisa menggunakan huruf kapital untuk penulisannya, di bold dan diberikan warna yang sesuai dengan warna cover kamu.

  • Tahun pelajaran

Tahun pelajaran bisa kamu letakkan setelah identitas sekolah yang sudah kamu tulis. Gunakan tahun ajaran sesuai dengan tahun ajaran dimana kamu membuat perangkat pembelajaran ini.

  • Nama tenaga pendidik

Untuk identitas pendidik biasanya kamu perlu menampilkan nama dan nomor induk tenaga pendidik. Informasi identitas ini bisa kamu sesuaikan dengan format yang sudah disetujui sekolah masing-masing.

  • Layout

Kamu bisa menggunakan layout atau margin 4x3x3x3 cm. Aturlah sebelum kamu membuat keseluruhan isi dari format cover ini.

  • Menggunakan orientasi portrait

Cover biasanya memang menggunakan orientasi portrait, tapi bisa kamu sesuaikan dengan format isi di dalamnya.

Cover harus kamu buat sekeren mungkin tapi tetap mempunyai nilai formal, karena nantinya akan menjadi nilai tambah sekolah selaku lembaga yang membuat perangkat pembelajaran. Lalu kamu harus pakai aplikasi apa jika ingin membuat sampul kebutuhan administrasi sekolah?

Daftar Aplikasi Pembuat Cover Perangkat Pembelajaran Populer

Dalam membuat cover atau sampul untuk berbagai kebutuhan administrasi sekolah sangatlah wajib bagi kamu untuk membuatnya sekeren dan semenarik mungkin. Serta informatif dalam memberikan informasi tentang perangkat pembelajaran yang disajikan.

Jika kamu ingin membuat cover atau halaman sampul dengan desain sendiri maka ada banyak cara yang bisa kamu lakukan. Nah berikut ini berbagai cara yang bisa kamu jadikan pilihan saat akan membuat halaman sampul depan sebuah laporan pembelajaran.

  • Template Microsoft Word

Pertama kamu bisa mengunakan template yang tersedia di Microsoft word. Hal ini tentu sangat sering kita lakukan, karena simple dan disemua laptop pasti bisa membuat sampul ini. Bahkan kamu tidak membutuhkan internet untuk bisa mendapatkan templat Ms. Word.

Caranya, pertama buka aplikasi Ms. Word pilih New “Blank Document” =>insert =>Cover Page (ada dibagian “pages”) =>pilih template cover => edit tulisan sesuai dengan identitas document yang kamu buat => Klik “Simpan” jika editing sudah selesai.

  • Desain Manual di Microsoft Word

Dengan Ms. Word kamu juga bisa membuat desain sendiri, kamu bisa memanfaatkan berbagai fitur yang tersedia di aplikasi tersebut.

Caranya kamu perlu buka Ms. Word terlebih dahulu, kemudian tuliskan judul document dan keterangan lainnya. Jika sudah kamu bisa lanjut dengan desain menggunakan jenis atau gaya tulisan yang ada tab Home dan Font. Desain sebaik mungkin, gunakan warna dan ukuran tulisan yang sesuai.

Nah kamu juga bisa memasukkan gambar atau logo dengan menggunakan fitur insert dan pilih “Picture”. Sesuaikan ukuran gambar dengan halaman yang kamu gunakan. Mendesain secara manual seperti ini memang kamu butuh kreativitas yang cukup, bisa kamu dapatkan dari berbagai referensi yang tersedia.

  • Photoshop, Corel Draw, Canva dan Sebagainya

Selanjutnya kamu juga bisa membuat desain cover menggunakan aplikasi desain gratis yang tersedia. Pilih salah satu antara Photoshop, Canva, Corel Draw atau aplikasi lain yang kamu bisa.

Jika kamu menggunakan Canva kamu bisa mengikuti langkah-langkah ini. Pertama buatlah akun canva, jika memang sudah punya maka kamu tinggal login terlebih dahulu. Buka lembar kerja baru, sesuaikan ukuran kertas yang kamu gunakan, jika menggunakan kertas A4 maka sesuaikanlah ukurannya.

Kemudian pilihlah template cover yang kamu suka, di canva tersedia berbagai template yang bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhanmu. Aplikasi ini juga bisa kamu gunakan secara gratis ya, apabila kamu sudah memilih template tinggal kamu edit saja nanti bagian isinya.

  • Memanfaatkan Jasa Desain Grafis

Cara lain yang juga bisa kamu pilih adalah dengan memanfaatkan jasa desain grafis untuk membuat cover perangkat pembelajaran yang kamu inginkan. Sekarang ini sudah banyak jasa desain grafis yang bisa kamu temukan secara online, sehingga lebih memudahkan kamu. Tinggal kamu siapkan saja materi isinya, dan anggaran dana dari sekolahan. Enaknya kalau kamu menggunakan jasa desain tentu lebih cepat, bisa beberapa kali revisi sesuai harapanmu.

  • Download Template Gratis

Kamu juga bisa mendapatkan template cover ini dengan mendownloadnya dari berbagai situs website. Tinggal kamu connect ke internet, masukkan kata kunci cover perangkat pembelajaran entah itu RPP, Prota Promes, Silabus dan sebagainya. Nanti akan langsung muncul berbagai website yang menyediakan link gratis untuk download cover perangkat pembelajaran yang menarik.

Contoh Cover Untuk RPP, Silabus, Prota, Promes dan Perangkat Lain

Adapun berikut ini beberapa contoh cover menarik untuk administrasi sekolah yang bisa kamu download secara gratis :

Klik link di atas, kamu bisa mendapatkan lebih dari 20 jenis template cover dan bisa kamu gunakan untuk berbagai kebutuhan. Seperti cover makalah, perangkat pembelajaran, laporan praktikum, karya tulis ilmiah dan sebagainya. Setelah kamu download kamu bisa editing cover sesuai dengan bahan atau judul yang kamu sediakan, Oke Selamat Bekerja.

Referensi :

  1. https://www.rumahbelajarsmart.com/2022/07/9-desain-cover-menarik-untuk-perangkat-pembelajaran.html

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!