10 Peran Guru Dalam Dunia Pendidikan , Ada tugas Mulia yang Tidak Mudah

Peran Guru Dalam Dunia Pendidikan.Guru adalah tenaga pendidik yang memiliki kemampuan mengajar dan mendidik siswa secara profesional membagikan ilmu yang dimiliki, memberikan pemahaman dan juga memberikan penilaian serta bisa mengevaluasi peserta didiknya agar mengetahui paham apa tidak dari materi yang di ajarkan di dalam kelas.

Guru juga bisa didefinisikan sebagai orang yang sudh mengapdikan dirinya untuk mengajarkan ilmu, mengarahkan dn juga mendidik muridnya agar bisa memahami ilmu yang sudh di ajarkannya. Dalam hal ini tentu guru mengajar secara formal disekolah, guru bisa juga mengajar tidak hanya secara formal namun juga bisa melalui lainya bisa mengajarkan ilmu yang mereka punya, dimana guru merupakan orang yang patut untuk diteladani oleh setiap muridnya.

Disini penulis akan membahas pengertian guru menurut para ahli

1, Menurut Dri Atmaka 2004 guru adalah pendidikan yang memiliki tugas untuk bisa bertanggujawab memberikan kemudahan pada siswa jika mengalami kesulitan saat mengerjakan soal dimana guru memberikan bantuan kepada siswanya baik fisik maupun spiritual

2. Husnul Chotimah 2008, dimana guru adalah seorang pendidik yang memfasilitasi proses berpindahnya ilmu pengetahuan dari sumber belajar ke siswa

3. Mulyasa , Menurut beliau guru adalah seseorang yang mempunyai kualifikasi akademik dan juga berkopentensi sebagai agen pembelajaran, yang tentunya sehat jasmani dan rohani sehingga bisa mewujudkan tujuan pemdidikan nasional

4. Drs M Uzer Usman 1996 memberikan penjelasan bahwa guru adalah setiap orang yang berhak untuk bertugas mengajar dalam pendidikan dan mengajar secara formal

5. UU No. 14 Tahun 2005
Menurut UU No 14 Tahun 2005 dijelaskan bahwa guru atau dosen merupakan tenaga pendidik yang bertugas mendidik dan juga mengajar serta mengarahkan dan membimbing siswa dan juga mengevaluasi agar tahu tingkat keberhasilan dalam mengajar

Adapun tugas dan tanggungjawab sebagai guru adalah sebagai berikut

1. Mengajar dan mentransfer ilmu pada peserta didik

Guru bertanggujawab atas proses belajar mengajar, dalam hal ini guru bertanggujawab mengajarkan ilmu kepada murid, sehingga siswa memahami materi dan arti penting disiplin ilmu

2. Mendidik Para siswa

Mendidik siswa memang tidak sama saat guru mentransfer ilmu pengetahuan. Dimana kegiatan mendidik adalah mengubah tingkah laku murid menjadi lebih baik. Proses mendidik siswa akan lebih sulit dilakukan daripada mengajarkan ilmu pengetahuan. Guru harus memiliki strategi dalam mendidik siswa, artinya jika cara kesatu tidak berhasil bisa menggunakan cara yang lain agar tujuan pengajaran bisa tercapai. Guru harus bisa memberikan contoh yang baik untuk murid muridnya hal ini dikarenakan guru adalah cermin dan diharapkan guru bisa memberikan cermin yang bagus memberikan karakter yang baik sesuai norma dan nilai yang berlaku dalam masyarakat.

3. Memberikan Pelatihan pada peserta didik

Guru memiliki tugas yakni melatih para siswanya untuk memiliki ketrampilan dan juga cakap dalam berkarya. Jika disekolah umum peran guru adalah melatih murid agar mempunyai ketrampilan dan kecakapan dasar.

4. Membimbing dan Juga Mengarahkan

Guru memiliki tugas mulia tambahan yakni membimbing dan mengarahkan siswa menjadi lebih baik, Para peserta didik saat mengalami kebingungan dalam proses belajar maka gurulah yang akan membimbing mereka sehingga diposisi yang tepat.
Sebagaimana tujuan pendidikan yakni bertanggujawab atas peserta didik jika mengalami kesulitan dalam belajar.

5. Memberika motivasi pada siswa

Peran guru yang kelima adalam memberikan motivasi pada siswa agar belajar lagi menjadi lebih baik, dan tetap semangat dalam menyelesaikan tugas belajar. Terus membangun diri aktif dalam segala bidang. Disini peran guru sangatlah menentukan , dengan begitu guru akan menemukan kepuasan karena sudah bisa membimbing siswa hingga batas akhir muncul kratifitas dan semangat dalam belajar dalam kelas.

 

Ketahui 7 Peran Guru Dalam Pendidikan

Guru adalah motivator yang berperan penting untuk perubahan siswa, nah setelah memahami beberapa tugas guru dan juga tanggujawab guru, maka kali ini akan kita bahasa Peran Guru Dalam Dunia Pendidikan antara lain :

1. Guru sebagai pengajar

Guru sebagai pengajar disini adalah guru memberikan tranfer ilmu kepada siswa berupa ilmu pengetahuan. Tujuan ini tentunya sesuai dengan fungsi atau peran guru sebagaimana mestinya, yaitu menunjukkan siswa pada tujuan pembelajaran yang akan dilaksanakan.

2. Guru sebagai pembimbing

Disini guru berkewajiban membimbing dan mengarahkan siswa agar berpengetahuan dan membimbing juga bisa di artikan mengarahkan pada jalur yang benar sebagamana tujuan pendidikan

3. Guru Sebagai motivator

Dalam hal ini seorang guru seharusnya memiliki kemampuan mengarahkan dan memotivasi serta memberi semangat positif pada anak didiknya

4. Guru sebagai Pendidik

Guru selain sebagai pengajar yang terpenting adalah mendidik siswa siswi untuk menjadi siswa yang diharapkan, dengan mengajar saja tidak cukup, dikatakan mendidik artinya lebih jauh untuk membentuk pondasi akhlak yang baik, bukan hanya keberhasilan prestasi yang jadi prioritas utama , namun juga keberhasilan membentuk siswa siswi yang memiliki budi pekerti yang luhur, disinilah peran guru sebagai pendidik.

5. Guru sebagai teladan

Guru bertanggungjawab memberikan contoh yang baik kepada siswa siswinya, dalam hal ini apa yang dilakukan guru juga bisa jadi cerminan untuk anak didiknya

6. Guru sebagai evaluator

Guru adalah orang yang melakukkan evaluasi terhadap siswa siswi adalah guru. Tujuannya adalah agar guru bisa mengetahui tingkat keberhasilan dan langkah apa yang harus ditempuh untuk menyikapi setiap fase dalam proses belajar yang dilakukan disekolah.

 

Baca juga :   14 Peran Guru Dalam Pembelajaran siswa aktif

7. Guru merupakan Inspirator

Guru adalah bagian dari orang yang menginspirasi bagi para siswanya, sehingga akan membuka gerbang cita cita setinggi langit , semua bisa didapatkan saat mendapatkan inspirasi dari guru. Sehingga diperan ini guru merupakan seseorang yang sangat penting.

8. Guru bisa jadi manajer

Guru juga memiliki peran sebagai manajer yang maknanya dalam menjalankan tugas sehari hari, guru disini bisa mengarahkan siswa dalam proses belajar mengajar, baik dalam merencanakan, melaksanakan dan juga mengawasi semua kegiatan yang dilakukan oleh siswa, sehingga guru bisa mengantisipasi jika siswa lengah tidak mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru atau saat siswa tidak memahami langkah apa yang akan dilakukan selanjutya. Dengan demikian sebagai guru yang berperan sebagai manajer maka harus bertanggungjawab untuk mengatur semua tugas dan mendidik anak di dalam kelas.

9. Guru sebagai instruktur bagi siswa

Peran guru yang utama adalah sebagai intruktur di depan kelas, saat proses belajar sehingga situasi belajar menjadi kondusif, siswa siswi bisa fokus terhadap materi yang diajarkan. Tidak ada istilah siswa ramai dalam kelas karena tidak mendengarkan saat guru menderangkan sebaliknya siswa akan benar benar memperhatikan secara detail, dengan output siswa mampu menerangkan kembali pelajaran apa yang sudah diterima dalam kelas.

10 Guru sebagai Teman

Peran guru yang terakhir ialah sebagai teman. Mungkin terdengar tabu, namun hal ini sangat penting. Mengapa demikian? Sebagaimana yang banyak orang ketahui, bahwa siswa sudah pasti akan lebih terbuka dan juga menyatu pada mereka yang dianggap satu frekuensi.

Dari sinilah perlu adanya pendekatan khusus antara guru dan juga siswa. Ketika seorang guru membatasi adanya hubungan guru ya guru, siswa ya siswa maka di situlah jurang pemisah terbuka lebar. Akibatnya banyak siswa yang enggan untuk saling terbuka dengan guru, sehingga seorang guru akan semakin sulit untuk menyampaikan pembelajaran sesuai dengan karakter siswa.

Namun sebagai guru juga tidak baik jika terlalu berbaur dengan siswa, akibatnya membuat siswa tidak memiliki rasa hormat lagi pada guru. Oleh sebab itu, jadilah guru yang memang dianggap teman sewajarnya saja tidak berlebihan dan juga tidak terlalu membatasi. Tetapi lebih kepada membersamai dalam mencapai tujuan pembelajaran.

Nah bahasan di atas adalah 7 Peran Guru Dalam Dunia Pendidikan, sebagai pengajar dan juga pendidik tentu semua tidak mudah, namun tuntutan sebagai seorang guru harus banyak banyak belajar agar tercapainya tujuan belajar.

Demikian artikel yang dibuat penulis, semoga bermanfaat dan menambah semangat kita terus belajar dan berkarya.

One Comment

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!