10 Obat Sinusitis di Apotik Tanpa Resep Dokter

Obat sinusitis di apotik yang bisa kamu konsumsi ada banyak yang bisa kamu coba. Dari mulai obat yang berbahan alami hingga obat-obatan medis. Dimana obat ini nanti harapannya bisa mempercepat proses penyembuhan penyakit sinusitis yang kamu alami dan juga mengurangi gejala yang ditimbulkannya.

Gejala sinusitis juga sangat beragam dan yang paling umum adalah kamu mengalami flu atau hidung meler dalam waktu yang lama. Jika kamu sedang mengalaminya maka kamu harus waspada, bisa jadi di dalam hidung kamu ada sinusitis.

Sinusitis merupakan sebuah penyakit yang menyebabkan peradangan dan juga pembengkakan di rongga sinus hidung. Biasanya diakibatkan oleh iritasi, infeksi atau udara yang terlalu kering disekitar kita. Selain hidung meler, biasanya keluhan yang muncul adalah hidung tersumbat, nyeri kepala, nyeri wajah dan lain sebagainya. Nah obat sinusitis di apotik yang bisa kamu beli secara bebas tentu akan sangat kamu butuhkan agar aktivitas sehari-hari tidak terganggu.

Obat Alami Bagi Penderita Sinusitis

Sebelum kita beralih ke obat sinusitis di apotik, pertama kita bahas dulu bahan alami yang bisa kamu temukan di rumah yang berguna mengobati sinusitis dan gejalanya. Berikut ini bahan herbal yang berfungsi mengobati sinusitis :

  • Air Mineral

Air mineral merupakan satu diantara obat sinusitis yang bisa kamu konsumsi di rumah. Dengan minum kamu bisa menghidrasi tubuh dan mengeluarkan kuman yang menyebabkan sinusitis berkembang di sistem pernapasan kalian. Biasanya untuk mempercepat penyembuhan sinusitis kamu harus minum air paling tidak 250 ml setiap 2 jam.

  • Minuman Jahe

Jahe merupakan rempah yang mempunyai sifat antibakteri sehingga bisa kamu gunakan untuk melawan sinusitis. Untuk membuat minuman jahe kamu bisa menambahkan madu asli dan menggunakan air hangat yaa. Minumlah secara rutin agar kondisimu segera membaik dari sinusitis.

  • Onion/Bawang Putih

Pada bawang putih ada kandungan senyawa allicin yang berfungsi sebagai antibakteri. Sehingga bisa membunuh bakteri yang menyebabkan sinusitis. Caranya pun mudah yaa, iris sejumlah bawang putih kemudian rebus dengan secangkir air. Nah kamu perlu mengirup uang yang dikeluarkan dari rebusan bawang putih tersebut.

  • Minyak Eucalyptus

Pada minyak Eucalyptus ada yang namanya kandungan cineole yang mana bisa membuka sinus yang telah tersumbat kemudian menghilangkan lendir yang menumpuk di sinus. Jika sudah kamu gunakan maka kamu akan merasa lega dan bisa lebih cepat sembuh.

Ada baiknya minyak Eucalyptus punya label food grade, cara pakainya kamu cukup menggosokkan 1 tetes eucalyptus atau minyak kayu putih ke langit-langit mulut kemudian minumlah air hangat.

  • Humidifier

Karena salah satu penyebab sinusitis adalah udara sekitar yang terlalu kering maka ada baiknya ruangan rumah atau ruang kantor kamu pasang humidifier. Teteskan beberapa minyak herbal yang bisa melegakan pernapasan ketika menggunakannya.

Jenis-Jenis Obat Sinusitis di Apotik

Kemudian jika sinusitis yang kamu alami belum juga sembuh sebaiknya coba obat medis. Jika tidak sempat ke dokter kamu juga bisa beli obat sinusitis di apotik terdekat. Nah biasanya para apoteker akan memberikan salah satu dari obat berikut ini:

  • Obat yang Menghilangkan Rasa Sakit

Pertama kamu bisa mengkonsumsi obat nyeri karena kita tau penderita sinusitis pasti merasakan nyeri pada area kepala maupun wajah. Nah untuk obat penghilang rasa sakit kamu bisa coba Ibuprofen ataupun paracetamol, namun jangan sampai konsumsi obat ini lebih dari 10 hari berturut-turut yaa karena ada efek sampingnya.

  • Antibiotic

Jika kamu pernah pergi ke dokter dan sudah didiagnosa sinusitis karena infeksi bakteri maka obat medis yang kamu butuhkan adalah antibiotik. Biasanya pada mereka yang mengidap sinusitis akut harus mengkonsumsi antibiotic 10 sampai 14 hari. Dan jika sudah pada tahap kronis maka kamu harus mengkonsumsi obat ini lebih lama lagi.

  • Obat Alergi

Sinusitis karena alergi bisa kamu obati dengan obat alergi diantaranya seperti antihistamin. Atau kalau memang kamu tidak tau apa obat yang bisa kamu konsumsi kamu bisa meminta saran pada apoteker yang ada di apotik.

  • Dekongestan

Dekongestan merupakan obat yang bisa mengurangi pembengkakan pada area sinus. Selain itu obat ini juga bisa melegakan hidung yang tersumbat dan meluruhkan penumpukan lendiri yang ada.

Bentuk dari obat ini ada yang semprot hidung ataupun pil, untuk semprot hidung kamu hanya boleh menggunakannya selama 3 hari saja tidak lebih.

  • Obat kortikosteroid

Steroid hirup juga bisa loh melegakan pembekakan dan juga peradangan yang terjadi di dinding sinus. Selain itu jika kondisimu sudah kronis maka biasanya kamu juga butuh steroid tablet yang bisa kamu peroleh di apotik.

Ingat yaa pada beberapa kondisi konsumsi obat sinusitis di apotik saja tidak cukup, sehingga kamu tetap harus memperhatikan kondisimu. Jika memang sudah kronis ada baiknya memang kamu operasi sesuai dengan saran dari doktermu. Yuk perbaiki pola hidup kita menjadi lebih sehat dan perbanyak minum air mineral untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!